Pages

Thursday, August 27, 2015

Mini Review 798-Hati

Salam Suppa!

Sebenarnya judul chapter ini menjadikan kisah Law dan Sengoku sebagai sorotan utama. Tapi rupanya Fujitora terlalu opic untuk diabaikan sehingga mencuri perhatian dengan sempurna. Dengan kekuatan yang memang kita tahu nyata dahsyatnya, dia mengangkat seluruh puing reruntuhan dari negeri Dressrosa. Bersiap menghukum para kriminal menggunakan puing dari langit. What a scene. What a power.

Ini hanya mini review, jadi aku tak perlu menjelaskan panjang lebar tentang keusilan Suku Tontatta yang sukses menyabotase seluruh aktifitas Marinir. Tidak perlu pula menjelaskan panjang lebar tentang percakapan Law dan Sengoku yang meski sudah bisa diprediksi ternyata begitu menyentuh hati. Kita akan fokus kepada beberapa hal menarik saja.


3 Kali. 

Itu jumlah pertemuan Luffy dengan seorang Admiral Marinir 2 tahun silam. Ketiga-tiganya berakhir tidak mengenakkan. Bisa dikatakan tragis malahan.

Admiral Aokiji (Kuzan) [Chapter 321-Man to Man]
Satu lawan satu. Di sini terlihat kedewasaan Luffy di situasi kritis. Ketika itu ada Sanji dan Zoro bersamanya. tapi dengan lantang Luffy menyuruh mereka kembali ke kapal. Jangan ganggu. Ini pertarungan satu lawan satu. Aku akan melawan Aokiji sendiri. Aneh? Memang. Konyol? Tidak. Luffy sadar. Di hadapannya berdiri sosok yang luar biasa kuatnya. Di kala itu, padahal Luffy adalah orang yang pernah menantang seorang Crocodile berkali-kali. Dia juga menantang Logia super bernama Enel di Pulau Langit. Dua orang yang secara kekuatan mungkin berada di atas Luffy di kala itu, tapi tak sedikit pun Luffy gentar menghadapi dua orang itu. Tidak terbesit sedikitpun dalam benaknya untuk mundur dari pertarungan.



Tapi ketika di hadapannya berdiri monster bernama Aokiji? Logikanya jalan. Orang ini tak bisa dikalahkan dengan kekuatannya sekarang. Mengeroyok orang ini juga tak ada gunanya. Zoro dan Sanji, larilah. Aku akan menahan orang ini semampuku. Barangkali inilah pengalaman pertama bagi Luffy menghadapi musuh yang mustahil untuk dikalahkan. Bahkan dengan keberuntungan.

Dengan dalih satu lawan satu, Luffy meminta Zoro dan Sanji tidak mengganggu pertarungannya. Tapi bagiku sendiri terlihat jelas di kala itu, Luffy berusaha menyelamatkan rekannya dengan mengorbankan dirinya sendiri. Usopp sempat membentak Sanji dan Zoro yang meninggalkan kapten mereka seorang diri menghadapi ancaman terbesar yang saat itu mereka temui. Tapi Sanji mengatakan itu perintah kapten. Itu satu lawan satu. Apa kamu tidak mengerti?

Ini adalah pengalaman pahit pertama Luffy menghadapi seorang Admiral Marinir.


Admiral Kizaru (Borsalino)[512-Hilangnya Zoro]
Lagi-lagi pertemuan pertama yang berakhir tragis. Jauh lebih tragis dari yang pertama. Kali ini opsi melarikan diri dipilih karena itu yang dianggap Luffy terbaik. Tapi akhirnya Kuma datang dan menyelamatkan mereka. Dengan cara yang sangat tidak biasa.



Bahkan di kala itu, Luffy dengan tak sungkan mengatakan ketidakmampuannya.

"Semuanya!!! Jangan memikirkan apapun selain melarikan diri. Kita yang sekarang tak mampu mengalahkan mereka!"

Sebuah pengakuan yang sangat pahit. Tapi memang begitulah adanya. Sekali lagi Admiral menjadi dinding kokoh yang tak mampu ditembus kekuatan Luffy di kala itu.

Admiral Akainu (Sakazuki)[573-Zaman ini dikenal sebagai zaman Shirohige]
Lagi-lagi Luffy melarikan diri dari ancaman seorang admiral. Kali ini dia memang tidak bersama nakama-nya dari kelompok topi jerami. tapi dia bersama kakak angkatnya Portgas D Ace. Yang ini tentu semua setuju merupakan yang paling tragis di antara semuanya. Karena pelarian kali ini berakhir dengan tewasnya sosok yang sangat dia sayangi.





3 kali. Tak berdaya di hadapan 3 kekuatan monster yang menghadang. Cukup sudah. Rupanya Luffy sudah cukup muak dengan itu. Pertemuan dan pelarian terhadap seorang admiral tidak pernah berakhir menyenangkan. Selalu meninggalkan kenangan yang menyakitkan. Jadi ketika Luffy memutuskan cukup sudah. Ketika dia memutuskan untuk berhenti berlari. Tapi tinggal untuk melawan. Itu sungguh sangat beralasan. Karena Luffy tidak bisa menjamin kejadian tidak mengenakkan apalagi yang akan dia alami jika dia memutuskan untuk kembali melarikan diri saat ini.

Naif? Barangkali. Tapi bagi Luffy, itu lebih baik daripada melarikan diri. Begitulah Fujitora. Di pertemuan keempat Luffy dengan seorang Admiral, dia memutuskan untuk melawan balik. Sayang sekali.


"Aku tak bisa terus menerus berkata 'kita akan mengalahkan mereka di lain waktu'. Tidak lagi seperti itu. Mengapa kita harus lari hanya karena mereka adalah admiral? Aku memutuskan berhenti berpikir begitu sejak 2 tahun silam. Admiral Marinir, Yonkou, tak peduli siapa! Aku akan mengalahkan mereka semua. Karena jika tidak, aku takkan bisa menjadi Raja Bajak Laut."

Ingat dong konsep Raja Bajak Laut yang pernah Luffy katakan?

"Aku tak ingin menaklukkan apapun. Aku hanya berpikir orang yang paling bebas di samudera ini lah Raja Bajak Laut."

Ya. Jika dia terus menerus berlari. Dia takkan bebas. Kebebasan adalah kemerdekaan, tak ada tekanan, paksaan, ketakutan, sebuah kondisi yang memungkinkan kita untuk menjadi diri sendiri dan membuat pilihan tanpa ada intervensi apapun dari pihak manapun. Jadi ketika Marinir berusaha merenggut kebebasan itu, sudah semestinya Luffy melawan.

Apakah akan ada interupsi lagi?

Mungkin chapter kali ini jawaban bagi Oda kepada para pembaca yang meragukan kemampuan Luffy. Tentu tak asing komentar seperti "Luffy yang sekarang belum mampu menghadapi Admiral atau Yonkou","Mungkin perlu latihan lagi", bla bla bla. Tapi Oda menjawab semua keraguan ini. Luffy siap! Dia mempunyai potensi untuk mengalahkan semua yang menghadang. Mungkin dibantu dengan sedikit keberuntungan. Mungkin dibantu oleh banyak pihak. Tapi dia mampu untuk menang! Itulah yang ingin disampaikan Oda di chapter kali ini.

Tapi tetap saja, sekuat apapun keinginanku melihat pertarungan serius antara Luffy dan Fujitora, tetap saja ada sesuatu yang tidak pas. Alasan dan panggung. Alasan Luffy menghadapi Fujitora tidak sekuat biasanya. Dia memutuskan untuk berhenti berlari. Oke. Tapi selama ini kekuatan tak terbatas Luffy muncul ketika teman-temannya disakiti. Fujitora tidak melakukan hal itu. Belum.

Alasan kedua adalah panggung. Fujitora adalah tokoh besar. Dikalahkan pada epilog Arc seperti ini sangatlah antiklimaks. Saat dimana tensi cerita sudah keburu menurun jauh.

Mungkin memang akan diperlihatkan Luffy dan Fujitora beberapa kali bertukar jurus. Seperti ketika Sabo versus Fujitora. Tapi kejadian besar akan menyusul yang membuat pertarungan mereka diiterupsi. Harus sesuatu yang wah tentunya. Chiper Pol 0 Aegis? Big Mom? Kaido? Sesuatu akan menghentikan pertarungan mereka. Yang jujur saja aku sama sekali tidak bisa menebak apa.

Kalau mau alasan sederhana sih bisa saja. Law melakukan Shamble dan memaksa Luffy ke atas kapal misalnya. Tapi apakah hal sederhana seperti itu yang akan terjadi? Menurutku pribadi sih tidak.

Bonus

Cara Luffy berkembang pesat ada banyak. Dia bisa mengembangkan Gear yang sudah ada. Dia bisa menambah Gear baru. Bisa pula dia membangkitkan Awakening. Karena Doflamingo sudah menyebut kata itu kepada Luffy, sepertinya takkan makan waktu lama bagi Luffy untuk menguasainya.

Ngomong-ngomong tentang Gear. Mungkin kebetulan atau cocoklogi, tapi ada hal menarik tentang Gear yang diasosiasikan dengan elemen.

Gear 2nd dan Api
Bukan rahasia umum.  Karena jurus Gear 2nd yang disebut Gomu Gomu no Redhawk memang bisa mengeluarkan api. Apalagi selama ini Gear 2nd memang berhubungan erat dengan panas tubuh dan uap. Trik teknik ini sendiri kemungkinan besar berhubungan dengan segitiga api. Dimana api bisa muncul ketika ada 3 hal. Panas-Bahan Bakar-Oksigen.



Gear 3rd dan Petir
Setelah muncul sebagai cameo di Movie Strong World. Gomu Gomu no Thor ternyata diaplikasikan juga di manga. Yap. Ketika menghadapi Don Chinjao. Teknik petir pertama Gomu Gomu dikeluarkan. Gomu Gomu no Thor Elephant Gun.


Pernah kujelaskan di review chapter 719 silam tentang mekanisme petir ini. Listrik statis.

Listrik statis terjadi saat dua permukaan mengalami gesekan. Dan setidaknya salah satu dari dua permukaan tersebut memiliki resistansi listrik yang tinggi (dengan kata lain Insulator). Percikan listrik akan terjadi untuk menghilangkan kelebihan muatan saat benda tersebut didekatkan dengan konduktor. Simpel bukan? Karenanya Luffy menggunakan Gomu Gomu Rocket untuk melambung tinggi. Selain menambah kekuatan serang karena gaya gravitasi, dia memerlukan gesekan! Paham? Insulator disini adalah tubuh Luffy sendiri, khususnya tangannya. Benda yang bergesakan dengannya adalah partikel2 di udara! Semakin tinggi Luffy, semakin besar kemungkinan gesekan terjadi. Akhirnya tubuh isolator Luffy kelebihan muatan karena listrik statis. Kenapa terjadi percikan? Karena tubuh Chinjao adalah konduktor alami! Saat tubuh karet Luffy yang mengalami kelebihan muatan karena gesekan dengan partikel di udara, bersentuhan dengan tubuh Chinjao yang merupakan konduktor alami. BAM! Percikan listrik terjadi. Gomu Gomu no Thor terwujud!

Gear 4th dan Udara
Ini juga cukup jelas. Dengan teknik ini Luffy bisa menendang udara. Pencapaian lebih tinggi dia memukul udara untuk menciptakan jurus Gomu Gomu no Culverin.


Apakah Gear selanjutnya akan berhubungan dengan elemen lagi? Sangat mungkin. Bumi? Air? Entah bagaimana Oda mengkreasikannya. Yang jelas Awakening Gomu Gomu akan menjadi sesuatu yang sangat luar biasa.


---

Itu saja untuk chapter kali ini. Memang tidak banyak yang dibahas secara mendetail. Tentu percakapan tentang "Kehendak D" antara Sengoku dan Law sangatlah menarik. Tapi itu sama sekali tidak mencerahkan! Will of Destiny sangatlah mungkin. Kehendak Takdir. Tapi itu teori yang sangat pasaran. Haha.

SALAM SUPPA!

59 comments:

  1. pertamax. meskipun review mini tp tetep super bung.
    bung tony saya mau tanya lagi dong tp out of topic chapter ini. penasaran banget soalnya sama orang yang pake topi jerami di chapter ini http://www.mangamint.com/one-piece-792?page=5 . itu kira kira siapa ya bung? dari penampakannya mirip banget sama shanks.
    thanks bung tony

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba prhatikan aja di halaman brikutnya. Ada ko yg bertopi bundar dan bermantel hitam. Mnurutku itu bkan topi jerami. Skdar topi bundar brwarna putih

      Delete
    2. thanks reply nya bung. saya sudah lihat chapter ini berulang ulang tapi masih ga nemu ciri ciri yg sama kaya begitu bung. mungkin masih kurang teliti saya. haha

      Delete
  2. Suppa Opic review nya, selalu membuat para pembaca lebih mudah mengerti, Thanks banget bung Tony buat penjelasan perkembangan Gear Luffy dalam penggunaan Elemen.
    Jangan bosan review yaa, meski sudah menikah nantinya, tak apa meski itu hanya Mini :D

    ReplyDelete
  3. Mantab sekali reviewnya om Toni, saya selalu menanti review anda..
    ---
    Web 140 M katanya dihack, padahal bandwithnya kecil..

    http://www.hack-area.info/2015/08/website-140-m-ngakunya-di-hack-agar.html

    ReplyDelete
  4. Suppa.
    saya ingin menanyakan tentang Chiper Pol 0 Aegis, wewenangnya dan tentu saja sejauh mana peran mereka berkaitan dengan para bajak laut atau pun yonko..??

    ReplyDelete
  5. Saya rasa zoro yang pantas menghadapi fujitora..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mnurutku pribadi sih ngga. Perkataan Luffy sprti mau mmbuktikan dia bisa mnghadapi seorang admiral. Klau zoro nimbrung kurang pas momennya

      Delete
  6. Hmmm baca manga nya sudah, koleksi smua komik one piece jg sudah ...,tp tetep aja krg sempurna tanpa baca Prediksi Bung Tony ...SUUUUUPPPAAAAAAAA

    ReplyDelete
  7. Suppa.
    mini review di pagi hari.

    ReplyDelete
  8. Suppa.
    mini review di pagi hari.

    ReplyDelete
  9. u are suggoooooiiiiiiii bunnggg . . . .

    ReplyDelete
  10. paling di tunggu nih review nya bung tony..

    ReplyDelete
  11. Review nya keren sekali (y) sugoooiii , tak pernah terfikir kalau gear2 ada unsur api ,gear 3ada listrik,gear4 ada udara -,-

    ReplyDelete
  12. terlalu cepat bilang luffy bisa mengalahkan fujitora skrg cuman gara2 kata2 dia di ahir chapter,kita blom tau chapter berikutny apa yg terjadi. kenyataany sabo aja blom bisa dikatakan seimbang lwn fujitora bagaimana bisa luffy jauh lbih kuat dr sabo? dan utk mengalahkan dofla luffy tag team ama law, D doble tim. saya rasa fujitora kekuatany di atas dofla dan keadaan luffy skrg pun blom pulih.

    ReplyDelete
  13. Bung, gimana pendapatnya soal para iblis penjaga impeldown? apakah mereka sudah awakening?? Di wikia OP dikatakan mereka adalah "zoan yang dibangkitkan". Masih *bingung* mengartikannya.. @AgungF

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mereka awakening. :D Msih misterius sih itu

      Delete
  14. Salam kenal anak Paray City, KalTeng :3

    ReplyDelete
  15. Tentang perkataan Luffy, "Aku tak ingin menaklukkan apapun. Aku hanya berpikir orang yang paling bebas di samudera ini lah Raja Bajak Laut." dan kenyataan nya "Aku tak bisa terus menerus berkata 'kita akan mengalahkan mereka di lain waktu'. Tidak lagi seperti itu. Mengapa kita harus lari hanya karena mereka adalah admiral? Aku memutuskan berhenti berpikir begitu sejak 2 tahun silam. Admiral Marinir, Yonkou, tak peduli siapa! Aku akan mengalahkan mereka semua. Karena jika tidak, aku takkan bisa menjadi Raja Bajak Laut." bikin gw berpikir klo Luffy sangat menyebalkan tapi setelah baca mini review Bung Tony ane jd faham skrg. Suppa banget ente Bung,,,, ane izin share ya,,,

    ReplyDelete
  16. Mantap Sekali Brother Tony, Speechless

    ReplyDelete
  17. harat pian mang ae..

    ReplyDelete
  18. Setelah skip chapter kmarin akhirnye bsa baca lagi reviewnye bung tony .
    #Supeeeeer bubg tony ;)
    *frankyMode*

    ReplyDelete
  19. Setelah skip chapter kmarin akhirnye bsa baca lagi reviewnye bung tony .
    #Supeeeeer bubg tony ;)
    *frankyMode*

    ReplyDelete
  20. Ini neh..mantap analisi nya..suppa :)

    ReplyDelete
  21. wow!!! karena ini review mini, aku pikir bakal biasa aja, gak semenarik review "panjang" lainnya. apalagi waktu membahas tentang pertemuan Luffy dengan 3 admiral, aku cuma mikir: ya, ini mah cuma ceitain ulang secara singat".
    tapi, begitu masuk di Fujitora sampai ke elemen2 dari setiap gear, aku langsung bilang: "Gila! Kok bisa kepikiran sampe ke situ? hebat banget!"

    ReplyDelete
  22. Bung ton, saya mau membahas tentang DF zoan yg belakangan ini menunjukan kebisaan lainnya, seperti memanggil ataupun berkerja sama dengan spesies yg sama dari pengguna DFnya layaknya manusia ikan yg bisa berkomunikasi dan berkerjasama dengan spesies yg sama, contohnya jinbie yg memanggil hiu paus untuk datang ke impeldown. Belakangan kita lihat 2 pasukan tontanta dan satu pasukan revolusi juga melakukan sesuatu yg serupa,Di SHP ada choper pengguna df zoan tipe manusia, berarti dia mempunyai kumungkinan untuk bisa melakukal hal yang serupa tetapi kepada manusia, mungkin cara kerjanya seperti telepati atau apalah, dan jika memang benar maka kekuatan chopper mirip dengan karakter di anime naruto, yamanaka Ino (maaflah kalau saya samain ) karena kekuatan mereka (penguna df zoan)seperti membagi pemikiran yg sama kepada orang yang ada disekitarnya jika memang benar cara kerja df zoan seperti itu, maka akan sangat berguna buat chopper dan kru luffy, itu hanya pemikiran saya maaf kalau berbeda pendapat atau tidak paham , tapi kalau menurut bung tony gimana?

    ReplyDelete
  23. As SUPAAAAAA as always bung tony

    ReplyDelete
  24. mungkin kyros yg akan memginterupsi pertarungan mereka dgn dalih mengganggu ketenangan dressrossa :p

    ReplyDelete
  25. anjriiiiiiiittttttt,gw lebih iri sama otak ente bung daripada otaknya einstein, buat ane ente setara ama idola ane Umar al-faruq dan si "o draconian devil". Salut selalu sama bung tony. Gw lebih rela kehilangan kemampuan dalam merangkai logika pemrograman buat punya kemampuan mahamin one piece kaya bung tony

    ReplyDelete
  26. Review chapter 799 bung tony

    ReplyDelete
  27. Replies
    1. sudah ada di.... https://www.facebook.com/tonyohohoblog/posts/1032478150143464

      Delete
  28. Kalo saya boleh menghayal.. kekuatan CP 0 itu kayanya sebanding dah sama admiral , alasannya adalah karena Chiper Pol bawahan langsung WG kan . Dan kekuatan CP 0 juga pernah terbukti saat dia menusuk dan langsung melumpuhkan manusia yang katanya dengan kekuatan buah setannya bisa menghancurkan markas besar Angkatan laut sama apa saya lupa dengan sekali tembakan ada di Special Episode 3D2Y . Maaf ini cuma hayalan semata mohon di maafkan . Thank's review di atas #Suppa

    ReplyDelete
  29. Maaf ralat udah ngantuk si.. * Buah Iblis *

    ReplyDelete
  30. bang, bahas lagi soal will of D dan kaitannya dengan shio deh.. soalnya ada nambah dengan "harimau" law

    ReplyDelete
  31. gk ada review di blog lagi gan? kurang greget kalo cuma FB, gk ada gambar XD

    ReplyDelete