Pages

Ads 468x60px

Friday, July 15, 2016

Cuap Cuap One Piece 832

SALAM SUPPA NAKAMA SEMUA!

Hal utama yang paling membuatku wah tentang One Piece itu adalah World Building-nya. Kemampuan Oda menciptakan dan membangun dunia fantasinya itu second to no one. Tidak ada duanya. Dunia fantasi tempat manga seperti Rave, Fairy Tail, Toriko, Magi The Labyrinth of Magic, Naruto bisa dibilang sederhana jika dibandingkan kemegahan dan kekomplekan dunia One Piece. Akui saja. Bahkan novel fantasi legendaris semacam Narnia dan Lord of The Rings sendiri pun world building-nya tidak seunik One Piece. Yang kerumitannya mungkin hanya bisa diimbangi oleh Benua Essos dan Westeros-nya Game of Thrones dengan ribuan tahun sejarah dunia yang tersusun rapi. (Makanya itu sekarang Game of Thrones melejit sekali kepopulerannya).

Ketika pondasi dunia dibangun dengan begitu kokoh, cerita lebih mudah mengalir. Ide-ide kreatif dengan inspirasi sana sini bermunculan. Whole Cake Island dan Totland yang terinspirasi dari dongeng lama (seperti Alice in Wonderland) digarap menjadi ala One Piece yang begitu segar dan terlihat orisinil. Pun ketika kerajaan Germa dimunculkan sebagai kerajaan mengapung di atas kumpulan kapal kecil yang tersusun seperti puzzle. Apik! Opic! Benar-benar imajinasi yang luar biasa itu.

Kerajaan Germa yang begitu unik dan kreatif

Bagian pertama cerita masih kita saksikan petualangan ganjil di Hutan Penggoda. Setidaknya ada dua fakta menarik yang terkuak di chapter ini. Pertama adalah Randolph yang diyakini oleh Carrot bukan dari bangsa Mink. Dengan begitu Randolph menambah daftar panjang hewan berbicara lainnya di Whole Cake Island setelah sebelumnya ada buaya dan aligator yang juga ganjil keberadaannya. Ada teori kalau mereka adalah hasil dari kekuatan buah iblis Mama Besar. Di chapter 829, Big Mom mengambil "Masa Hidup" atau lifespan anak laki-laki ke 16 nya Muscat. Apakah 'masa hidup' itu bisa ditransfer ke benda mati ataupun makhluk hidup lain dan menjadikan mereka memiliki kepribadian? Ini akan menjelaskan fenomena ganjil di seluruh Totland di mana benda-benda kuasa berbicara. Memang, kekuatan seperti ini terlalu mirip dengan kekuatan Moria. Apakah penjelasan ini bisa diterima? Kita lihat di chapter ini burung bangau yang ditunggangi Randolph ternyata bisa berbicara "bangaau" seperti benda-benda berbicara lainnya di Whole Cake Island.

Randolph, Buaya dan Aligator ini memiliki kesamaan bisa bicara

Kalau Randolph dan pohon pohon yang berbicara memang diakibatkan oleh kekuatan yang sama, berarti dia (kelinci) diberikan "masa hidup" dari orang yang sejatinya memang hebat bukan? Seperti ketika Oars diserahi bayangan Luffy dulu, atau mayat Ryuuma diserahi bayangan Brook. Randolph, si buaya dan aligator mungkin disemayami 'masa hidup' orang-orang kuat sehingga mereka memiliki posisi di bajak laut Big Mom. Tidak jadi figuran seperti benda-benda berbicara lainnya.

Jika memang kekuatan Big Mom seculas itu, kita bisa berteori tentang arti simbol Roulette yang disuguhkannya kepada Jinbe. Kehilangan tangan, kepala, kaki atau 'masa hidup'. Bayangkan Jinbe kehilangan 'masa hidup' nya dan masa hidup itu dialihkan ke seekor hewan pula? Walaupun teori ini terlihat masuk akal dan mudah diterima, aku berharap kekuatan Big Mom yang kuasa mengambil masa hidup bukanlah kekuatan yang menyebabkan banyak benda bisa berbicara. Aku merasa itu dua kekuatan yang berbeda. Bahkan mungkin Pudding lah yang memiliki kekuatan itu. Sementara Big Mom simpel kekuatannya hanya berhubungan dengan pengambilan umur. Cukup mencurigakan karena sejauh ini hanya Pudding dan si mata tiga yang ditempeli slime yang hidup. Sementara anak-anak Big Mom yang lain tidak didampingi slime seperti itu. Tidak terlihat slime mendampingi Praline, Muscat, Mont D'or atau Brulee. Aku bilang begini dengan asumsi Pudding dan si mata tiga orang yang berbeda lo ya. Haha. Kemungkinan mereka ya satu orang. Mereka terlihat berbeda hanya di gaya rambut dan ukuran dada. lol


Kenapa dia didampingi benda yang bisa hidup? Apakah ini menghidupkan benda mati justru kekuatannya?


Begitu pula dengan reverse Luffy di chapter ini. Kini kita ketahui kalau reverse Luffy adalah pantulan cermin dari Luffy asli. Dan itu ternyata kekuatan buah iblis dari Charlotte Bruulee! Kaga Kaga no Mi kah? (Kagami:cermin)  Kekuatan buah iblis ini adalah membuat penggunanya bisa menjadi serupa seperti target, tapi sebagai pantulan cermin darinya. Makanya luka di bawah mata kiri Luffy menjadi di bawah mata kanan. Kekuatan cermin ini menyebabkan target dan refleksinya selalu memiliki gerakan dan tindakan yang berlawanan. Jika Luffy berlari ke arah kiri, refleksinya beralih ke arah kanan. Dan hebatnya adalah Brulee bisa mempengaruhi tindakan tubuh yang asli! Karena Brulee berlari mengikuti Nami dan yang lain, Luffy yang asli justru berlari menjauhi mereka. Ketika Luffy yang asli di kejauhan berusaha memperingatkan mereka kalau yang di samping mereka itu adalah Brulee, Luffy palsu itu justru menutup tangannya. Membungkam mereka berdua. Ini tinggal kuat-kuatan tekad. Saling berusaha mengendalikan. Yang sepertinya bisa Luffy lampaui jika dia menggunakan Haki yang kuat. Tapi dia belum sadar akan hal itu.

Lagi, kekuatan cermin Brulee ini bukan kekuatan yang menimbulkan ilusi lolipop Sanji di chapter kemarin. Kita perhatikan baik-baik lolipop Sanji alisnya sama seperti Sanji asli, bukan refleksi seperti Luffy sekarang. Lagi-lagi ada kekuatan berbeda yang terlibat. Entah apa itu. Sementara itu, desain Brulee sangat mengintimidasi dan terkesan seram. Bahkan menurutku lebih seram dari Big Mom yang justru terkesan komikal dan kurang mengintimadasi.

Kita dialihkan ke adegan Sanji dan Reiju (yang semakin seksi). Yang kemudian disusul dengan kemunculan Jajji (Judge) . Jujur saja, desain karakter ini begitu standar dan tidak memiliki elemen kejut yang mengesankan pembaca ketika pertama kali melihatnya. Tapi dari segi keseriusan, wibawanya terasa. Di manga yang penuh dengan karakter-karakter konyol di sana sini, karakter berwibawa pastilah kuatnya bukan main. Contoh Dragon, Rayleigh, Sengoku, Mihawk, Shirohige atau Akainu. Karakter-karakter superpower yang wibawanya begitu terlihat. Dan mereka memang kuatnya bukan main. Haha. Ga usah nyebut Aokiji, Kizaru, Shanks dan yang lain karena mereka memperlihatkan kekonyolan mereka saat mereka muncul pertama kali.

Dengan tubuh tinggi besar seperti itu pula, jelas tersimpan kekuatan yang luar biasa. Jajji (Judge) tak salah lagi akan masuk jejeran list powerfulmen di One Piece. Aura yang dia tampilkan mirip legenda perang China bernama Zhang Fei. Kumis, tubuh bongsor dengan tombak.

Ketika dia mengucapkan "Laki-laki berbicara dengan tinjunya", itu bisa berarti secara kiasan ataupun harfiah. Secara kiasan itu berarti lelaki harus bertarung untuk menyelesaikan perselisihan dan perdebatan, bukan adu bacot. Secara harfiah, bisa jadi itu adalah tradisi pasukan Germa, dimana mereka harus saling bertukar tinju ketika mereka berselisih satu sama lain. Yang akan membuat Jajji terkejut, ketika mengetahui Sanji tidak pernah menggunakan tinjunya. Haha.

Apakah Sanji sudah terlampau kuat sehingga dia bisa dengan mudah mengalahkan Yonji? (adegan yang terlewatkan oleh pembaca). Bukan berarti meremahkan Sanji, tapi kakak-kakaknya yaitu Ichiji dan Niji sepertinya berpotensi kuat setidaknya setara dengannya. Cukup wajar jika si adik bisa dikalahkan. Tapi dua kakaknya seperti cukup kuat untuk mengimbangi Sanji. Apalagi sang ayah.

Teori tentang Germa 66 dan Keluarga Vinsmoke.

Kita analisa seperti ini. Brook tahu sejarah mereka. Jadi kita bisa sepakat kejayaan mereka terjadinya di masa lalu. Setidaknya 50 tahun yang lalu (kematian Brook) atau lebih. So, di masa lalu, lebih dari 50 tahun yang lalu, Keluarga Vinsmoke dan Pasukan Germa 66 berjaya. Mereka menguasai seluruh North Blue! Kekejaman dan kesadisan mereka tersohor di seantero dunia. Mereka memerintah North Blue dengan tangan besi. Tak bisa membiarkan hal itu terjadi, Pemerintahan Dunia turun tangan. Terjadilah pertempuran antara Marinir dan Pasukan Germa. Cerita yang kemudian dijadikan legenda. Diolah sedemikian rupa menjadi propaganda. Dalam komik strip pendek di majalah WE Times. Pasukan Germa penjahat, pasukan Marinir pahlawan. Sang hero bernama Sora. Yang kemungkinan adalah nama Laksamana Marinir yang bisa mengalahkan Germa 66 di masa lalu. 

Begitulah, interupsi Pemerintah Dunia dan Marinir mengalahkan Pasukan Germa. Vinsmoke dan Germa 66 dihukum dunia. Mereka tidak boleh lagi memiliki lahan. Menyebabkan mereka mencari akal lain, membangun kerajaan terapung di atas kapal. Kompensasinya adalah mereka tetap dianggap bangsawan. Yang berlangsung hingga sekarang. Cerita masa lalu ini kemudian menjadi legenda. Banyak yang mengira hanya dongeng belaka. Vinsmoke dan Germa 66 berusaha tinggal dalam bayang-bayang. Germa 66 menjadi pasukan penjahat yang keberadaannya tak banyak diketahui orang.

Tapi beberapa tahun belakangan mereka mulai aktif kembali. Dibawah kekuasaan Vinsmoke Jajji, ambisi menguasai North Blue kembali muncul ke permukaan. Baru-baru ini terjadi yang namanya Yongokugiri. Penyerangan 4 Negara. Vinsmoke Jajji mulai menginvansi North Blue lagi. Mungkin skalanya masih kecil sehingga Marinir masih bisa menutup mata. Langkah selanjutnya dalam daftar ambisi Jajji adalah berkoalisi dengan Big Mom untuk memperkokoh Germa 66. Yap, pernikahan Sanji tidak lain adalah demi ambisi itu pula. Kembali menguasai North Blue.

Kita tahu pula, kalau keluarga Vinsmoke masih punya Hak untuk menghadiri Reverie. Reiju mengatakan hal itu di chapter 826.



Reverie sudah dekat. Beberapa negara sudah mulai berangkat, beberapa Raja bahkan sudah tiba di Mariejoa. Apakah normal jika Jajji justru mempersiapkan pernikahan anaknya di Whole Cake Island? Ataukah ada orang lain yang mewakili Vinsmoke di Reverie nanti? Ada teori yang menyatakan kalau si kumis jam yang muncul di chapter 823 juga Vinsmoke. Kemungkinan adalah ayah Jajji. Kakeknya Sanji. Dia lah yang ikut Reverie sebagai perwakilan Vinsmoke. Berdiplomasi dengan Pemerintahan Dunia. Sementara Jajji memperkuat koalisi dengan Yonkou. Jika ada kakek dan ayah yang masih berkuasa, mengingatkan kita pada keluarga Zoldyck di Hunter X Hunter, keluarga pembunuh yang masih punya Zeno (Kakek) dan Silva (Ayah) dari Kilua.



Si Jenggot Jam yang diteorikan sebagai kakek Sanji.

Akhir-akhir ini fanservice Nami semakin menjadi-jadi. Bukan berarti aku mengeluh. Haha.

SALAM SUPPA!

15 comments:

  1. hooo, suppa sekali bung... memang kangen sih denang postingan di blog ini, biar ramai aja dan gak mati suri. hehe. pertaama bayangin kalau kerajaan terapung ( tanpa tanah ) hanyalah sebuah de jure saja, bener2 epik saat tau kerajaan mereka bener2 masih ada dan tanpa wilayah daratan. haha. ( sanji kayanya bisa nahan godaan 10 pelayannya, patut kita acungi jempol ).

    ReplyDelete
  2. Menjadi jadi gmana bung? Nami semakin tertutup menurutku :(

    ReplyDelete
  3. Apa cuman ane ya bung ton, yg baru ngeh alasan kenapa sanji gak mau pake tangannya buat tarung. Gak lain karena garis keturunannya yg terkenal dengan 'tinju'nya sebagai alat untuk perang.. Hehehe..
    Salam suppaaa... :D

    ReplyDelete
  4. Apa cuman ane ya bung ton, yg baru ngeh alasan kenapa sanji gak mau pake tangannya buat tarung. Gak lain karena garis keturunannya yg terkenal dengan 'tinju'nya sebagai alat untuk perang.. Hehehe..
    Salam suppaaa... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alasannya brtarung mnggunakan kaki krn dia mnjaga tangannya sbg seorang koki sbnrnya sudah bagus bnget ko.
      Tpi klo mmang ada alasan yg lbh dalam, bsa dterima jga.

      Delete
  5. salam suppa kapten, saya masih bingung tentang cerita dikomik strip WE Times,kalau tidak salah baru-baru ada sedikit ralat tentang duo germa yang jadi lawan sora, disitu dijelaskan penomoran menjadi 1 dan 2. apakah benar itu saudara sanji ataukah itu keturunan keluarga sanji yang naik tahta karenakejadiannya saat north blue dikuasai. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa sih. Kmungkinan penomoran 1,2 dan sterusnya sdh berlaku sjak jaman dlu.

      Delete
  6. 833 udah keluar bung tony, btw yonji koq bisa penyok ya? keluarga sanji sejenis robot apa cm haki ya? haki vs haki kyk chinjou yg kpalanya bengkok... ditunggu cuap cuapnya

    ReplyDelete
  7. Sora si pahlawan di komik strip WE times jangan jangan adalah garp, garp kan dijuluki pahlawan

    ReplyDelete
  8. jarang update lagi bang???
    padahal menarik tulisannya bang, ayooo update lagi bang

    ReplyDelete
  9. Good bung lepas memori km review

    ReplyDelete