Pages

Ads 468x60px

Sunday, August 9, 2015

Mini Review 796 : Keputusan Tuan Prajurit

SALAM SUPPA NAKAMA SEMUA!

Secara jujur aku akan katakan chapter 796-Keputusan Tuan Prajurit tidak se-Opic chapter sebelumnya. Yah mau gimana lagi. Chapter sebelumnya heboh karena kemunculan Yonkou sih. Makhluk terkuat di dunia katanya. Walaupun mungkin review kali ini kontennya agak minim makanya dilabeli 'mini review', setidaknya masih ada beberapa poin yang menarik untuk dibahas. Cekidot.


Sampul Weekly Shonen Jump (WSJ) dan One Piece yang Selalu Terdepan.


Klik Gambar untuk Perbesar

Di suatu waktu majalah mingguan Jump yang merupakan majalah manga terbitnya One Piece akan mempunyai sampul yang menampilkan seluruh karakter manga yang terbit di majalah tersebut. Nah di nomor terbitan 37-38 kali inipun demikian. Yang menarik untuk dibahas adalah posisi tampil tokoh-tokoh tersebut. Bukan rahasia umum, posisi tokoh manga mewakili kepopuleran manga itu sebagai majalah Shonen Jump. Lihat urutan Luffy di sampul kali ini? Terdepan. Sebelum-sebelumnya? Juga terdepan. Dari sampul WSJ yang kutemukan sejak 2001 silam, One Piece selalu menjadi andalan. Lihat sampul-sampul dari tahun ke tahun. Untuk sampul penuh karakter tahun 2000 ke bawah aku tidak nemu.

Tahun 2001
One Piece sudah menunjukkan taringnya. Kepopuleran One Piece mulai meroket. Arc yang sedang dilakoni tahun ini adalah arc Suppa-Opic Kerajaan Padang Pasir Arabasta. Arc yang membawa One Piece ke tingkat yang lebih tinggi.

Terlihat di sampul posisi Luffy (One Piece) berada di tengah-tengah. Di pojok bawah ada Bobobo-Bo Bo-Bobo (mewakili manga dengan nama yang sama) dan Seikimitsu Takeshi (Seikimatsu Leader den Takeshi!). Sementara Naruto (Naruto), Yugi Mutou (Yu-Gi-Oh!) dan Gon (Hunter X Hunter) ada di posisi sedikit lebih belakang. Menandakan manga-manga ini siap menjadi penantang sang raja.

Tahun 2002
One Piece masih di depan. Menemaninya adalah Kochikame dan Seikimatsu Leader den Takeshi! Walau sebenarnya di tahun ini Yu-Gi-Oh!, Hikaru no Go dan Prince of Tennis sudah mulai menunjukkan kepopulerannya.

Tahun 2003
Tahun ini Naruto merebut kepopuleran One Piece. Memang One Piece masih posisi depan tapi terlihat Naruto lebih di depan. Juga didampingi Bobobo-Bo Bo-Bobo.

Tahun 2004
Kurosaki Ichigo (Bleach) muncul. Sepertinya manga Bleach menjadi yang paling populer tahun ini. Bersama One Piece, Prince of Tennis dan Naruto tentu saja.

Tahun 2005
Well. One Piece kembali terdepan. Sementara Bleach dan Naruto menunjukkan usaha keras untuk menyaingi manga ini. Pendatang baru Kobayakawa Sena (Eyeshield 21) juga meroket di tahun yang sama.

Tahun 2006
Eyeshield 21 resmi menyaingi One Piece di tahun ini. Meninggalkan Bleach dan Naruto di belakang.

Tahun 2007
Cenderung stagnan. One Piece, Eyeshield 21, Naruto dan Bleach masih paling populer dengan urutan yang tak berubah dari tahun sebelumnya.

Tahun 2008
Tentu One Piece masih di depan. 4 besar notabane tak banyak berubah. Ngomong-ngomong cover yang kucontohkan ini adalah karakter Jump klasik. Dimana Death Note, Bobobo-Bo Bo-Bobo, Shaman king, Prince of Tennis hingga Hikaru no Go ikut serta. Padahal manga-manga tersebut di tahun ini sudah tamat.

Tahun 2009
One Piece dan Naruto menjadi dwi tunggal. Bleach dan Eyeshield 21 mulai merosot kepopulerannya di tahun ini.

Tahun 2010
One Piece menjadi yang terdepan. Naruto berusaha menguntit. Sementara Mashiro Moritaka (Bakuman) meroket di tahun ini. Mendepak Bleach dari 3 besar.

Tahun 2011
One Piece dan Naruto menjadi anggota tetap 3 besar. Sementara Bakuman terdepak hegemoni Toriko. Yang melejit jadi 3 besar Jump.

Tahun 2012
3 Besar Shonen Jump baru masih bertahan. One Piece-Naruto-Toriko

Tahun 2013
Bahkan di tahun inipun Trio Jump ini masih bertahan.

Tahun 2014
One Piece. Masih dan selalu terdepan kali ini didampingi Koro-Sensei (Assassination Classroom). Bersama Naruto berada di 3 besar. Ya. Toriko bernasib sama dengan Bleach dan Eyeshield 21. Akhirnya harus merosot tajam setelah sempat mendampingi One Piece dan Naruto.

Tahun 2015
Ini cover terbaru yang terbit beberapa hari silam. Dengan tamatnya komik Naruto, One Piece melanggeng sendiri di depan. Walaupun Koro-Sensei (Assassination Classroom) meroket menjadi nomor 2. Toriko dan Bleach yang pernah merasakan singgasana 3 besar WSJ harus jatuh jauh ke belakang. Yang mengintai kursi singgasana sang raja sepertinya adalah Boku no Hero Academia.

Apapun. Manga datang dan pergi. Dari jaman Bobobo-Bo Bo-Bobo hingga Assassination Classroom, hanya sang raja One Piece yang terus bertahan. Tak kunjung surut kepopulerannya. Tak lekang oleh waktu.


Kebohongan Usopp



Dari sampul majalah, kita beralih ke sampul chapter. Sorotan menarik dari sampul colorspread terbaru kali ini (selain *maaf* pantat Nami) adalah pesan singkat di celana Usopp yang bertuliskan "Lie Turns into Reality". Kebohongan menjadi Kenyataan. Pesan penuh makna. Tentu nakama sekalian sudah banyak yang tahu kalau kebohongan yang pernah terucap oleh Usopp entah bagaimana caranya kemudian menjadi kenyataan. Walaupun tidak secara keseluruhan. Seolah-olah dia tidak berkata kebohongan! Tapi ramalan akan masa depan. Coba kita ingat kembali berbagai macam kebohongan Usopp di masa lalu. [Sebagian gambar kuambil dari forum oro jackson]

1. "Kita dalam bahaya. Bajak Laut menyerang!" Chapter 23-Usopp Muncul.


 Ya di chapter ini dia mengatakan kalau bajak laut menyerang Desa Syrup. Tapi itu tak lebih senda gurau biasa untuk meramaikan Desa yang terlalu sunyi.

Tapi rupanya kelakar itu menjadi kenyataan beberapa saat kemudian. Bajak Laut Klahadore "Kapten Kuro" dari kelompok Bajak Laut Kucing Hitam benar-benar menyerang Desa Syrup. [Ch.28-Bulan Sabit]

2. "Ketika aku berumur 5 tahun aku bertarung dengan Ikan Mas Raksasa dari Selatan. Yang luar biasa adalah kotoran ikan tersebut. Sangat besar. Aku kira itu sebuah pulau dan aku berlabuh di sana" Chapter 24-Hal yang tidak bisa didustakan.



Kemudian? Khayalan itu menjadi kenyataan. Ikan Mas Raksasa dengan kotoran sebesar pulau ternyata ada! Di dekat Little Garden! [Ch.129-Terus Maju]

3. "Kupotong kecil-kecil daging ikan masa raksasa itu. Kuantar ke negeri kurcaci. Daging itu sampai sekarang masih tidak habis mereka makan..." Chapter 24-Hal yang tidak bisa didustakan.


Yes. Negeri kurcaci kemudian muncul di hadapannya. Tepat di Arc ini. Suku Tontatta!

4. "Aku dengar ada seekor tikus mondok besar di dalam rumah ini. Aku ingin melihatnya" Chapter 24-Hal yang tidak bisa didustakan.


Kemudian? Dia bertemu dengan Miss Merry Christmast di Arabasta. Pemakan buah iblis tikus mondok!

5. Usopp pernah bercanda menyebut seekor anjing sebagai Cerberus, seekor kadal sebagai ular dan seorang pemilik toko sebagai alien. Chapter 40-Bajak Laut Usopp




Lucunya? Cerberus ditemuinya di Thriller Bark. Naga ditemuinya di Punk Hazard. Alien? Kita nantikan untuk yang satu ini.


6."Kamu bisa mengandalkanku. Seluruh dunia bertanya-tanya kenapa harga buronan 30 Juta Berry ini tidak disematkan untukku" Chapter 114-Rute



Dengan santai Usopp mengatakan kepada Vivi kalau harga buronan 30 juta berry sebenarnya lebih pantas diberikan kepadanya. Dan ternyata? Soge King benar-benar dihargai 30 juta berry!

7. "Pendekar pedang Wanita cantik membawa daging" Chapter 458-Jangan Afro!


Kala itu Luffy, Zoro dan Sanji terlelap karena bayangan mereka diambil oleh Gecko Moriah. Apapun yang mereka lakukan tidak bisa membangunkan Trio Monster ini. Kecuali Usopp datang dengan kebohongannya. Tebak? Kemudian datang pendekar pedang wanita cantik yang membawa daging. Rebecca. Walaupun yang dibawa Rebecca tidak murni daging sih. Melainkan berupa Bento untuk Luffy.

8. 8000 Pengikut!
Kebohongan yang paling sering Usopp ucapkan. Bahkan sejak pertama kali dia bertemu dengan Luffy. Apakah kebohongan yang satu ini akan menjadi kenyataan?

Apakah Suku Tontatta dan para mantan mainan di Dressrosa sudah mencapai angka 8000? Siapa tahu!



9. "Pernahkah ibu mendengar tentang sebuah obat ajaib? Obat ini bisa menyembuhkan penyakit apa saja. Obat ini ada di sisi lain samudera."



Mungkin kebohongan paling murni yang pernah Usopp ucapkan. Kebohongan sambil berlinang air mata ketika menghadapi ibunya yang tengah sekarat. Ini belum menjadi kenyataan. Tapi kelihatannya suatu saat Chopper akan menemukannya. Obat ajaib ini.

Begitulah. Dan ini kebohongannya terbaru yang juga berpotensi menjadi kenyataan. Dan kalau itu terjadi, akan sangat luar biasa. Ingat dong dia berkata Hakinya bisa menggetarkan tanah? Dia juga berkata keturunan Monblanc Norland. Jangan-jangan nanti Usopp benar-benar akan membangkitkan haki raja yang bisa menggetarkan tanah. Dan bisa saja dari silsilah ternyata dia keturunan dari Monblanc Norland.


Tentang Pesta Teh

Kapan sih waktunya? Kita ingat lagi. Big Mam mengatakan 4 hari dari sekarang [Ch.651-Suara dari Dunia Baru]. Sudah berapa lama berlalu sejak itu?


Ketika Big Mam menyebut kata 4 hari dari sekarang, kita simpulkan hari itu sebagai hari 0.

Hari 0
Luffy dan kawan-kawan bertemu Baron Tamago dan Pekoms di Pulau Manusia Ikan. Mereka baru saja menggagalkan kudeta Hodi Jones. Di saat inilah Big Mam mengatakan kalau Pesta Teh akan dimulai 4 hari lagi


Hari 1 Pagi
Walaupun tidak pernah diperlihatkan malam harinya. Tapi anggap saja mereka beristirahat setelah habis pesta. Dan tepat di pagi harinya mengucapkan perpisahan kepada Shirahoshi dan yang lain.



Hari 1 Siang hingga Sore
Mereka tiba di Dunia Baru, Kemudian berlabuh di Punk Hazard. Bertemu Law. Menghancurkan SAD. Dan sisanya kalian tahu sendiri.


Hari 1 Malam
Perjalanan ke Dressrosa dimulai. Malam hari diperlihatkan.



Hari 2 Pagi
Koran pagi mengejutkan tentang mundurnya Doflamingo. Dan terbentuknya Aliansi Straw-Heart.

Hari 2 Siang
Luffy dan kawan-kawan tiba di Dressrosa. Jam 3 siang di hari yang sama Law bertemu Doflamingo dan Fujitora di Green Bit.

Hari 2 Siang-Sore
Pertempuran Dressrosa

Di hari yang sama setelah kekalahan Doflamingo dan bersujudnya Fujitora, breaking news menyebar cepat ke seluruh dunia. Menarik bukan? Sejak Battle of Green Bit hingga tumbangnya Doflamingo, tidak sampai 4 jam waktu yang dihabiskan. 4 jam yang meruntuhkan hegemoni Doflamingo yang dibangun bertahun-tahun.


Hari 2 Malam
Luffy dan yang lain beristiharat di rumah Kyros. Sabo pamit. Fujitora menggulirkan dadu pertamanya. Satu. Luffy aman dari kejaran Fujitora.

Hari 3.
Bajak Laut Jerami Keriting dipimpin Sanji tiba di sebuah pulau aneh dengan erupsi air. Setelah di hari sebelumnya mati-matian bertahan dari gempuran armada Big Mam.

Hari ini. Fujitora menggulirkan dadu kedua. Lagi-lagi hasilnya satu.

Hari 4.
Atau hari ketiga setelah pertempuran Dressrosa. Sengoku dan Tsuru tiba di sini. Kali ini lemparan dadu ketiga dari Tsuru memunculkan angka 6. Ya. Artinya Fujitora bergerak untuk menangkap Luffy dan kawan-kawan.



Ingat dong apa lagi hari ke 4 ini? Pesta Teh Big Mam! :D Akan segera berlangsung. Dan saat itu pula kotak Tamatebako akan meledak ketika dibuka. Kotak yang dibawa Baron Tamago dan Pekoms ke hadapan Big Mam sebagai tanda 'damai'dari bajak laut Topi Jerami. BAM. Akan meledak ketika dibuka. Saat itulah Big Mam menyatakan perang kepada Topi Jerami. Dengan begitu pula, dua Yonkou semakin mantap menantang Monkey D Luffy.

Tingkah Unik Sengoku

Dengan gaya santai Sengoku seolah menanggalkan wibawa yang dia tampilkan ketika masih menjabat sebagai Fleet Admiral Marinir. Menjabat sebagai inspektur atau pengawas Markas Besar Marinir, dia sepertinya tidak menahan diri lagi. Jabatan yang disebut Tsuru tidak punya hal untuk dikerjakan. Barangkali beginilah sejatinya diri Sengoku. Dia bertindak penuh wibawa hanya karena jabatannya di kala itu. Ketika jabatan tersebut ditanggalkan, dia kembali bebas berekspresi.

Bahkan ada kelakar kocak tentang hal ini. Haha.


Tsuru dan Anggota

Menarik melihat anggota yang bersama Tsuru 13 tahun silam ketika dia ditugaskan di North Blue masih setia bersamanya. Sepertinya beberapa petinggi Marinir mempunyai anggota tetap. Layaknya sekelompok bajak laut saja.


Dedengkot Marinir ini (bersama Sengoku) ternyata tugasnya memang jelas. Mereka menjadi konvoi untuk mengawal tahanan sekaliber Doflamingo. Entah langsung dibawa ke Impel Down atau tidak. Kita akan tahu nanti. Dengan orang-orang sekaliber ini, perlu serangan mendadak seorang Yonkou jika mau menyerang konvoi untuk menyelematkan Doflamingo. Yang kurasa tak akan dilakukan baik oleh Kaidou maupun Big Mam (yang tak berkepentingan).

Kita tahu pula di chapter ini kalau Dressrosa masih wilayah hukum atau yurisdiksi Admiral Fujitora. Dan dia berharap dua veteran ini menghargai keputusannya untuk memutuskan nasib Aliansi Straw Heart dari lemparan dadu. Yah walaupun veteran, Tsuru sebenarnya dari segi jabatan masih di bawah Fujitora. Entah lah untuk jabatan inspektur yang dipakai Sengoku sekarang. Sepertinya juga tidak setinggi itu.

Ada pula Putri Manshelly yang datang lagi dengan kemampuan ajaib chiyu chiyu no mi. Kenpopo atau Dandehealions. Bentuknya mirip tumbuhan dandelion, cara kerjanya mengambil darah pendonor untuk menjadikan obat ajaib yang bisa menyembuhkan cidera dengan cepat. Obat hebat. Apakah kenpopo itu obat yang disebut Usopp sebagai obat yang bisa menyembuhkan penyakit apa saja? Kita tak tahu. Sepertinya kenpopo masih efektif untuk cidera, tapi kalau penyakit dalam belum terbukti.


Lucu. Di Lain Sisi sangatlah Tragis.
Itulah gambaran Raja Elizabello II dari Kerajaan Prodence menggambarkan kondisi rakyat Dressrosa sekarang.

"Negeri yang sungguh bersemangat. Dikelabui oleh seorang bajak laut, mereka membenci raja mereka sendiri. Ketika itu bahkan mereka hanya memperdulikan kekayaan dan kekuatan. Tapi ketika akhirnya mereka berhadapan langsung dengan teror kematian, mereka sekarang berharap sepenuh hati akan kedamaian"

Yang dijawab Riku dengan perkataan bijak lainnya. Dia akan berusaha melakukan yang terbaik, hingga tiba saatnya dia menyerahkan singgasana kepada Rebecca kelak.

Benar. Tentang pewaris tahta. Sebagai anak kedua, Putri Viola tidak berhak menerimanya selama keturunan dari anak pertama masih terus berlanjut. Dalam hal ini, anak Scarlet lah yang akan menduduki tahta. Yaitu Rebecca. Itu dengan catatan dia terlihat tanpa status kontroversial. Yang di chapter ini diceritakan Rebecca terlahir dari seorang pangeran dari negeri jauh. Laksana dongeng. Jika diketahui Rebecca terlahir dari seorang rakyat jelata dan pernah punya catatan kriminal seperti Kyros, statusnya akan ternoda sebagai pewaris tahta. Itulah yang dilakukan oleh Kyros dan Riku di chapter ini. Menyembunyikan kenyataan dan menyebarkan kebohongan. Ide yang ditentang sepenuhnya oleh Luffy di chapter ini. Haha.

Oh ya. Dengan gaun yang serupa dengan ibunya. Rebecca bagaikan pinang dibelah dua.


Klasik Pengejaran Marinir di Akhir Arc

Ya. Dimulai dari pengejeran Smoker di Loguetown, beberapa kali sebuah arc diakhiri dengan kondisi intens dimana Marinir mengejar Luffy dan kawan-kawan. Di Arabasta mereka dikejar oleh armada Kapten Hina. Di akhir Enies Loby mereka diincar lemparan meriam Laksama Madya Garp. Jadi ketika Fujitora pada akhirnya bergerak setelah dadu memunculkan angka 6, aku sama sekali tidak kaget. Memang berapa kali digunakan pola yang satu ini.

Tapi apakah akan ada pertempuran Opic? Aku sangsi akan hal itu. Kalaupun ada bagiku kemungkinannya kecil sekali. Kita sudah berapa di Post-Arc. Akhir sebuah kisah dimana segala situasi mulai mendingin. Mengharapan pertarungan frontal antara Luffy atau Zoro melawan Fujitora tentu sangatlah aneh. Barangkali memang akan ada pertikaian kecil, tapi Luffy akan fokus kepada apapun itu urusan yang katanya ingin dia selesaikan. Sementara yang lain akan berusaha melawan sembari melarikan diri sekuat tenaga. Mereka tidak mempunyai alasan untuk bertarung selain karena mempertahankan diri. Jadi tidak akan ada pertempuran super ngotot, jika itu yang ingin kalian lihat.


Urusan yang Belum Selesai.

Bagiku, urusan yang dimaksud Luffy ini petunjuknya sangat jelas di chapter ini. Sederhana saja. Dia tidak peduli dengan segala alasan "demi kebahagiaan Rebecca" yang dikatakan Kyros. Kapten kita ini tidak suka berpikir yang berat-berat. Bagi dia, kebahagiaan Rebecca untuk sekarang ini adalah hidup bersama dan diakui sebagai anak Kyros. Luffy menyaksikan sendiri bagaimana Soldier-San berjuang mati-matian sendirian menghadapi hegemoni Doflamingo selama 10 tahun. Dia juga menyaksikan seorang gadis kecil yang berjuang keras di tengah hujatan penonton sebagai keturunan "raja gila" sendirian, padahal gadis kecil tersebut tidak suka bertarung.

Nah. Ketika dia sudah menganggap seseorang sebagai teman (apalagi Rebecca memberinya bento), Luffy akan melakukan apapun demi temannya tersebut. Kadang tindakannya sangat ekstrim.

Kita lihat lagi di chapter ini ada Gatz sedang berbicara di khalayak ramai dengan ekstrim. Menurutku cukup jelas. Luffy akan mengambil mc dari Gatz. Dan berbicara lantang ke khalayak kalau ayah Rebecca bukan pangeran dari negeri antah berantah, melainkan seseorang bernama Soldier-San.

YA! Sekali lagi Luffy tidak pernah menyebut nama Kyros. Dia selalu menyebut nama Soldier-San. Barangkali setelah Luffy memberitahukan kepada khalayak kalau ayah Rebecca adalah Soldier-San, banyak yang akan kebingungan. Siapa sebenarnya yang dimaksud oleh Luffy ini. Aksi Luffy akan terhalang ketika Marinir mengepungnya sehingga dia harus kabur secepatnya.

Ya. Luffy memang jadi pemicu. Tapi harus Rebecca sendiri yang mengumumkan kepada khalayak tentang kenyataan yang sesungguhnya. Ingat ketika Elizabelo menyebut Rebecca sekeras kepala Scarlet? Ini seperti mengindikasikan kalau gadis ini juga akan melakukan tindakan ekstrim. Ingat dong ketika Scarlet pura-pura meninggal hanya demi hidup bersama Kyros? Rebecca menurutku juga akan demikian. Dia akan menanggalkan statusnya sebagai Putri Kerajaan. Memilih tinggal bersama ayahnya. Yang selama sepuluh tahun sudah merasakan pahitnya sebuah tragedi.

Putri Viola otomatis akan menjadi pewaris tahta. Tapi sebenarnya akan lebih baik kalau penduduk Dressrosa memaklumi kondiri Rebecca dan Kyros dan tetap menerimanya sebagai pewaris tahta.


Siapa Kru Selanjutnya?

Ini selalu menjadi pertanyaan favorit. Ketika pertama kali Rebecca muncul, aku langsung menjadikannya favorit. Karena ketika itu dia mengincar Mera Mera no Mi. Bagiku seorang gadis dengan buah iblis api adalah kandidat terkuat untuk menjadi nakama baru.

Tapi kemudian muncullah Sabo dengan Opic-nya. Kandidat itu sirna seketika. Tidak ada lagi menurutku yang pantas menjadi kandidat nakama baru di Arc ini.

Barto dan Cavendish akan menjadi aliansi. Bellamy memiliki interaksi menarik bersama Law. Seolah-olah dia berhutang nyawa kepada Law yang menyelamatkannya atas permintaan Luffy. Seperti Robin yang diselamatkan Luffy, Bellamy menurutku akan mengikuti Law untuk sementara waktu. Dia lebih cocok sebagai Bajak Laut Hari daripada Kelompok Topi Jerami.

Viola? Berpotensi mewarisi tahta jika prediksi nasib Rebecca sesuai dengan di atas. Rebecca dan Kyros? Tentu akan hidup bahagia bersama.

Ingat. Tidak sembarang orang bisa menjadi anggota Kelompok Topi Jerami.


Serba Serbi

~Patung Kyros~
Apakah Luffy akan mengambil patung Kyros? Dengan runtuhnya Corrida Colloseum, keberadaannya tidak diketahui. Tapi mungkin masih bisa ditemukan. Ingat dong Luffy sangat suka patung? Ya. Ketika mereka menemukan banyak harta di Upper Yard, Luffy ngotot ingin membeli sebuah patung. [Ch.302-303] Sayangnya tidak kesampaian karena uangnya digunakan untuk memperbaiki Merry (menggantinya).

Ketika melihat patung Kyros pun, Luffy berkali-kali berkata dia ingin patung itu. Dia menyukainya


Bisa dijadikan kenang-kenangan. Dan bisa pula memenuhi hasrat Luffy yang ingin memiliki patung di kapal sejak lama. Haha

~Kaki Kyros~
Kyros beberapa kali muncul di chapter ini. Dan kesemuanya tubuh bagian bawahnya tidak pernah diperlihatkan. Apakah kakinya masih tidak ada? Ataukan Law sudah menggantinya dengan sesuatu? Kita akan segera tahu.

~Karung Burgess~
Tentu ingat tentang karung bermotif buah iblis yang dipakai Jesus Burgess beberapa saat silam. Ketika itu jadi perdebatan apa sebenarnya isinya. Yang ketika itu kubilang isinya adalah buah-buahan yang telah disuntik cairan khusus untuk menangkap buah iblis.

Kali ini, karung serupa dibawa oleh Kinemon! Apakah karung ini benar-benar esensial? Ataukah cuma karung biasa yang banyak dijual di Dressrosa?


Jika kita berpikir secara sederhana, lebih masuk akal jika Kinemon dan Kanjuro baru saja berbelanja makanan. Toh setelah mereka tiba, seluruh kru di rumah Kyros sedang makan siang.

~Law dan Sengoku~
Di chapter ini, Law menunjukkan ketertarikan khusus ketika nama Sengoku disebut. Ya. Tentu ingat, kalau petinggi Marinir yang meminta Rosinante untuk menyusup ke bajak laut Doflamingo adalah orang ini. Dalam suatu komunikasi, Rosinante/Corazon menyebut nama Sengoku secara nyaring. Law mendengarnya. [Ch.765-Pulau Takdir Minion]

Barangkali di Dressrosa ini, akan ada adegan dimana Sengoku dan Law bertatap muka. Di mana Law akan membicarakan tentang Corazon, dan Sengoku meminta maaf karena telah membuat salah satu anak buahnya tewas dalam bertugas.

~Zoro Tersesat Lagi~
Er.. kemungkinan ini sangat tinggi. Apalagi ketika Bartolomeo berteriak lantang agar tidak terpisah. Lagipula Zoro tidak terlihat ada di rombongan yang mengikuti Bartolomeo. Walaupun Nico Robin juga terlihat. Mereka berdua sedang ngapain ya kira-kira? :p

~Bonus~
Dalam dunia ilustrasi khususnya masalah komposisi, ada yang disebut dengan Golden Ratio, Fibonnaci Spiral. Komposisi alami yang sering kita dapati di alam. Katanya komposisi ini dipakai baik di bidang seni hingga arsitektur sejak jaman dulu kala (Pyramid, Parthenon dan lainnya).

Intinya jika menggunakan komposisi ini, karya yang dibuat akan terkesan sangat alami. Pas dipandang mata. Tata letaknya akan nyaman untuk dilihat.

Dan setelah kuperiksa beberapa ilustrasi terbarunya, ternyata Eiichiro Oda menggunakan teknik komposisi Golden Ratio ini nyaris di seluruh ilustrasinya. Gambarnya sering terlihat acak, terlihat penuh, tapi dia selalu menggunakan Fibonacci Spiral sebagai landasan dasar tata letak ilustrasinya. Di mana seluruh bagian penting ilustrasi (dalam hal ini kru Bajak Laut Topi Jerami) selalu berada di dalam spiral. Dan garis spiral menjadi batas antara bagian penting dan bagian tak penting dalam ilustrasi.




Itu saja cuap-cuap singkat untuk chapter kali ini. Minggu depan tidak hanya One Piece, tapi seluruh manga yang terbit di WSJ akan libur pula karena adanya Festival Obon.

Salam Suppa!

101 comments:

  1. pendekar pedang wanita membawa makanan.
    kirain cuma sebatas lelucon doang XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. membawa daging sebenarnya. xD Sebenarnya Rebecca tidak begitu memenuhi kriteria.

      Seandainya ada samurai wanita di Wano kelak. Dia brpotensi mmbwa daging :v

      Delete
  2. thx bung sugoiiii.....

    eh bung, klo Caesar Clown jd next kru, gmn mnrt bung tony?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan lgi chapter 691. Disitu Usopp scra gamblang mngatakan "Caesar adalah tipe orang yg paling dibenci Luffy". "Luffy tidak akan pernah memaafkan Caesar".

      Knpa? Krna Caesar telah mngkhianati kepercayaan anak2 buahnya (termasuk brownbeard).
      Caesar jg tlah melakukan prcobaan kpda anak kecil.

      klian bsa mnyebut nama Nico Robin yg berlagak jahat di awal2 muncul. Tpi dri lubuk hati yg pling dalam kta tau Robin itu orang baik. Dan Luffy bsa merasakan hal itu.

      Untuk caesar? No. Beyond redemption.

      Delete
    2. yah itu kan dulu bung, kita kan tau didunia ini jga banyak org yg dulu berhati jahat berubah jdi mulia, apa kita gk bisa maafin org2 sperti itu? bgitu jga dgn crocodile, bukan gk mungkin kan Caesar jga bisa berubah nnti seiring perjlnannya dgn SHP! soalnya dia sperti kru SHP yg lain, jga punya cita2 menjdi ilmuan nomer 1 didunia, walau selama ini dgn cara yg salah!

      ilmuan, logia... itu yg belum ada di kru SHP!

      eh iya, dia jga kocak, sangat menyenangkan menyaksikan obrolannya dgn kru SHP yg lain... :D

      Delete
    3. iya gan, saya juga sepakat CAESAR biasanya kru SHP itu masin2 punya 1 tujuan besar dan punya style sendiri, caesar memenuhi kriteria itu semua dan dia orangnya asik banget kayaknya, kalau jinbe orangnya gak asik, bartolomeo dan cavendish asik tp dah punya kru, siapa lagi kayaknya gak ada yg seasyik CAESAR ?

      Delete
    4. dari pertama kluar CC, Barto, dan Belamy.. saya gk yakin dari salah satu mereka ada yang join SHP.. orang yang selalu membantu dari arc marienford sampai Fishman island.. JINBEI.. luffy jg sudah mengajaknya jadi kru.. dan smua anggota yang lain setuju.. hanya masalah menunggu bergabung menurut saya.. perjalanan Shin Sekai ini masih awal mula.. saya rasa gk mungkin smua tempat kru diisi hanya di dressroba.. kemungkinan menurut saya adalah kru baru akan bergabung di pertengahan perjalanan menjadi Raja Bajak Laut..

      Delete
  3. bung tony,,,,, kenapa gak ada pesta di akhir arc ini? seakan2 ini arc drum kingdom....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga hrus slalu ada kan? :D Arc Sabaody? Amazon Lily? Impel Down? Marineford? tergantung sicon jga

      Delete
    2. Soalnya hampir seluruh kota hancur oleh birdcage nya Doflamingo, mungkin makanan & minuman ga cukup buat diadakannya pesta

      Delete
  4. Great Review ini mah, bukan Mini Review lagi Agan Tonyohoho
    Kalau dipikir2 pembahasannya masuk diakal, tetapi kita tau bahwa terkadang pemikiran si empunya one piece ini sukar ditebak haha :v

    Lanjut terus gan review ciamiknya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klau ssuai tebakan One Piece justru g akan rame xD

      Delete
  5. teknik menggambar ilustrasi mengingatkanku pada alis keriting sanji :v

    ReplyDelete
  6. itu si kinemon sama kanjuro bereaksi saat dengar pangeran dari negeri yang sedang berperang dan mempunyai danau yang indah. sepertinya prediksi bung tony benar . ini seperti kisah jepang asli yang di angkat ke film samurai x(kenshin)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh maksudnya? kurang nangkep aku?

      Delete
    2. baca lagi bung, waktu orang" ngegosipin ayah rebecca dari negeri antah brantah yang sedang berperang dan memiliki danau yang indah. muka kinemon ama kanjuro seperti ada yang disembunyikan . kayak ... gitu kalo di komik. trus pertarungan memperebutkan kekuasaan itu emang legenda jepang . nonton aja reunion kenshin.

      Delete
    3. Cba baca versi mangastream. Muka Kin dan Kan skdar bingung aja dgn rumor aneh yg beredar. G ada tanda2 ketertarikan khusus. Wjar ajalah mereka bingung soalnya mereka tntu tahu jg siapa ayah rebecca/

      Chu Chu itu suara burung bkinan Kan.

      Delete
  7. Supaaaaa.. Nunggu banget review bung tony

    ReplyDelete
  8. 1. Burgess sebenarnya K.O. atau gimana ya? :( Berharap reaksi yang OPIC dari Kurohige seteah bertemu lagi dengan Burgess. :)

    2. Menurut bung Tony, apa perpisahan Luffy dan Sabo OPIC? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum baca manganya sih. :)

      Delete
    2. Burgess paling jg kabur. :D G trtangkap sprtinya.

      Perpisahan Luffy Sabo biasa aja. hha

      Delete
    3. Kayak perpisahan awal ace dan luffy. Saat di arabasta

      Delete
    4. Bgian vivre card dan dia mminta Zoro dan yg lain mnjaga Luffy. Sisanya g mirip kn :D

      Delete
  9. Bung tony, itu saat ada yg bilang sebuah negeri indah yg terdapat banyak danau tapi dalam kondisi perang si kinemon n kanjurou kek ke gap gitu apa kira2 ntar wano kyk gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cba baca versi mangastream. Muka Kin dan Kan skdar bingung aja dgn rumor aneh yg beredar. G ada tanda2 ketertarikan khusus. Wjar ajalah mereka bingung soalnya mereka tntu tahu jg siapa ayah rebecca/

      Chu Chu itu suara burung bkinan Kan.

      Delete
  10. bung tony, menurut bung tony kemana si burgess ya? apa dibawa pasukan revolusi? barang kali mau diintrogasi wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mnurutku sih dia sdh kabur. :D Klau Pasukan Revolusi sprtinya g trlalu berurusan dgn anggota Yonkou.

      Delete
  11. Setuju banget sama bung Tony di bagian kandidat terkuat adalah seorang gadis yang (hampir) memiliki kekuatan Mera Mera. Sayang banget ya Sabo muncul di saat yang tidak tepat. Menurut bung Tony, apakah Bonney akan segera masuk ke dalam permainan lalu ntar bisa gabung sama Luffy sebagai anggota? Apakah hal seperti itu akan semacam merendahkan harga diri Bonney, sebagai seorang supernova yang dulunya kapten malah menjadi bawahan supernova lainnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukannya zoro & killer jga mendptkan julukan supernova karna bounty yg melebihi angka 100 ya... ??

      Delete
    2. Ngga jg sih. :D Jinbe kan jga mau gabung. Dia jg kapten bajak laut lo. Dan lebih ekstrim lagi mantan Shichibukai. Tdk skedar supernova

      Delete
    3. pencerahan yang luar biasa bung. Logikanya masuk banget, Jinbei yg shichibukai aja mau join timnya Luffy apalagi Bonney yg supernova. Marilah kita berdoa #BonneyForNextNakama *doa beneran*

      Delete
  12. Tapi bagaimana dengan jimbei bg??.. apakah dia yang akan jadi anggota mugiwara atau bartolome.. yg mana ya kira2... :D bagus sih dua2nyaa... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo Jimbei udah 100% kali, cuma dia mau menyelesaikan masalah pemutusan aliansinya dulu dgn Big Mom, baru gabung jadi anggota mugiwara!

      Delete
    2. Jinbe setju. Barto g ush lah :D

      Delete
    3. yup... ho'ooh jimbe dah pasti 100%! barto g ush lah :D mending jadi aliansi garis keras! Caesar calon nakama terakhir yg berpeluang paling besar setelah Jimbe resmi gabung!

      Delete
    4. Barto cukup jadi aliansi aja . dan di arc ini kayanya gk akan ada newnakama .
      Kalo emg ada mungkin itu jimbe yang datang setelah pesta teh di tempat bigmoms terjadi :D

      Delete
  13. About me nya kok ganti bung?udah ngga pegawai BUMN lagi tulisannya..wkwkkw

    ReplyDelete
  14. setuju kalau barto menjadi aliansi, bukan anggota. soalnya hubungan mereka (terutama dari sisi barto) lebih ke fans dengan idola.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok bnyak banget yg ingin barto jadi next nakama ya ?? jdi gk habis pikir, karna kalo sampe kejadian barto bukan seperti kru SHP lg, tpi "seperti budak kru SHP"
      hmmm.... jdi gk asik n aneh liatnya kan ?? lbh asik kalo dia ttp jadi fans/aliansinya SHP :D

      Delete
  15. baca one piece terus ngobrolin bareng temen tuh serasa makan terus minum air putih, komplit. tapi kalo baca one piece terus liat review bung tony dah serasa makan dan minumnya teh guan yin, sempurna.

    ReplyDelete
  16. bung tony mungkin kekuatan tuan putri mansherly yg bisa nyembuhin penyakit dalam kebohongan ussop, tapi mungkin ada yg lebih hebat sperti obat dari Chopper..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Ada kubahas di atas tentang Kenpopo ini :))

      Delete
  17. Suppaaaa sekali... Review Bung Tony memang sangat dalam, ilmiah, dan mampu mengangkat kembali cerita2 lama yg dikaitkan dg cerita terkini. Hal ini menunjukkan betapa jeniusnya Sensei Oda merancang cerita sebegitu detail. Klo dipikir memang tdk terpikirkan ttg bagaimana secara tdk lgsg setiap kebohongan Ussop menjadi kenyataan. :D

    ReplyDelete
  18. Lain kali, penggunaan kata Gugur dalam bertugas lebih baik & santun dari pada tewas dalam bertugas.

    ReplyDelete
  19. Arrhhgggg....coba gue punya temen sesama OPloverz kayak bung Tony ,,pasti masa masa SMA gue bahagia banget,,ngobrolin tentang OP,,diskusi,,Arrgghhhh sayangnya gue gak punya temen OPloverz di SMA :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku cuman punya satu teman dekat yg sma2 fans OP saat sma :D hha

      Delete
  20. like this... supppaaa...

    ReplyDelete
  21. Sugoi Tony-senpai. Sya penggemar baru Anda, baru mantau blog Anda, diksinya bagus banget. Cuma agak aneh dengan pemlihan kata "Opic", setau sya itu "Epic". Ga mungkin typo kan? atau ad arti? sya cari di google arti Opic ad bau2 pirate nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hha. Opic itu epic-nya one piece. Kata baru yg kugunakan slain Suppa. Gabungan dari OP+Epic.

      Delete
  22. sugoiiii........................,
    saya mohon kapten mau menerima saya menjadi kru bajak laut di kapal kapten Tony.
    kemampuan dasar saya " Medis ", bukan pemakan buah setan, bukan tipe petarung.

    ReplyDelete
  23. Mantep sekali bung, mini reviewnya pake spesial jadi kebanyakan kalo untuk embel" mini haha
    Kalo soal kru, dari awal tetep vote buat Monet bung!! xD

    ReplyDelete
  24. Anilisis yang super duper mantap, tajam seperti biasanya, saya kagum sama km mz, kalau boleh tau mz tony bisa Bahasa Indonesianya tinggi banget, rahasianya apa sih? mau tau plsss hahaha xD apa pengaruh baca novel? atau memang ambil jurusan sastra? aku mulai pintar ngerangkai katakata bahasa indo yg asing di dengar orang, sejak baca reviewmu mz, bahasa saya jadi tinggi, dan gara gara itu reputasi saya di sekolah bisa kembali putih lagi, garagara saya sering baca reviewmu mz tony, hehehe. Tentu makasih saja tidak cukup untuk menambal semua ilmu yg mz kasih ke saya(secara tdk langsung) hehe, yang lebih buat saya terkesan sama mz tony ini, masih sempat aja luangin waktu buat nulis panjang lebar kyk gini di sela sela kesibukan, boleh bagi tips buat ngolah waktu? xD jujur "Manage Waktu" itu udh jadi musuh besar buat saya, tolong jawab semua pertanyaanku, ditunggu mz.
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bnyak baca xD Itu sih yg utama. Terutama novel (bnyak novel fantasi yg sdh kubaca).

      Klau time management aku sndiri masih ngerasa kurang skli. Sbnrnya bisa jauh lbih efektif dri ini. Kdang msih sring teralihkan perhatian,

      Delete
  25. analisisnya sakti banget. bisa sampe yg detail detai; sekalian.
    bung saya mau tanya diluar chapter ini. terkait kuma saat jaga kapal SHP saat 2 years timeskip itu. kira" apa yg terjadi ya dengan si kuma? kok dia sampe rusak, ada panah, dan lain sebagainya. apa dia bener bener ga move on selama 2 tahun padahal kan ada duval juga yg jagain kapal. penasaran banget bung sama bagian itu.
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ane juga masih penasaran nih bung soal Kuma, doi kan skrg udah full android bikinan Vegapunk dan juga Kuma itu dulu temennya Dragon, kalo misalnya doi ngelindungin Sunny Go karena Luffy tuh anaknya Dragon, secara kan doi udah full android, nah pasti doi tuh diperintah sama seseorang, kalo diperintah sama Dragon rasa2nya aneh, yg paling mungkin sih diperintah Vegapunk.

      Kalo soal Kuma sampe babak belur ngejagain Sunny Go ya pastilah, soalnya nama SHP lg panas2nya waktu itu karena insiden Marineford, pasti banyak yg ngincer.

      #IMHO #CMIIW :D

      Delete
    2. Ini emg murni permintaan kuma sebelum di jadiin full pacifista brooh .. die mnta di programin misi ma vegapunk buat ngejagain sunny ..

      Delete
    3. Luar biasa ini kuma yah, jadi tersentuh ane nih hiks kenapa dia malah mau jadi pacifista hikssss

      Delete
    4. Kalo kuma jagain itu karena emang permintaan kuma ke bega punk nah yg bikin penasaran ane sih siapa yg bikin si kuma sampe babak belur begitu . Tunggu tanggepan bung tony ga muncul juga.

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
    6. Iyap. Sbgai pemintaan terakhir sblum diubah spenuhnya jadi PX 0, Kuma minta diprogram kepada Vegapunk untuk melindungi kapal Sunny hingga salah satu anggota strawhats kembali. Yang mengindikasikan Vegapunk ini orang yg baik hati.

      Klau knpa dia hancur. Tentu krna bnyaknya orang yg mngincar kapal sunny. 2 tahun itu tdk sbntar. Sabaody itu pulaunya pndatang baru. Bnyak bajak laut cukup hebat yg berdatangan stiap tahunnya (bartolomeo, Caribou etc). Nah, justru tidak wajar jka bajak laut sprti mereka sma skli tdk bisa menggores Kuma.

      Wlaupun cyborg, jika bertarung trus menerus 2 tahun, ya jd rongsokan juga. Tpi tdk tergoresnya Sunny mmbuktikan lawan2 Kuma slama 2 tahun itu tdk cukup kuat untuk mnumbangkannya. Skedar cukup kuat untuk mmbuatnya mnjdi rongsokan sja

      Delete
    7. Nah loh detail banget ulasannya bung tony ;)
      Mantep bung (y) ..

      Delete
  26. buset baru nyadar gw arc dressrosa bertahun tahun ternyata cuma 3 hari 3 malam doang, mantap bung super sekali cara anda me review detil dan kena di hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. mksih. Bnyak arc besar yg brlangsung hnya satu malam lo xD

      Delete
  27. Eh soal Burgess kirain ane doi tuh mati bung diancurin kepalanya sama Sabo. Kalo mati malah lebih menarik nih, kalo ga mati itu udah lagu lama, karakter2 di one piece pada susah matinya, contohnya yg paling aneh menurut ane itu Pell yg petinggi di Arabasta, ternyata kan doi masih hidup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah Oda di one piece. beliau jarang membunuh sebuah karakter dsn. tp skali membunuh, seantero jagad dibuat gempar (contoh kematian Ace).

      Delete
    2. menurutku sih gk terlalu aneh... Pell kan Zoan, tipe DF yg memiliki ketahanan fisik serta penyembuhan luar biasa bagi sipengguna! itulah kelebihan Zoan dr tipe lainnya!

      Delete
    3. Wah baru tau ane gan, kirain ane tipe zoan itu yg paling cupu, cuma berubah jadi binatang trus nambahin doang kekuatannya, wah trivia bagus nih thanks gan :D

      Delete
    4. Cuman bgituan g akan mmbunuh karakter di OP lo :D Perlu pukulan magma mnembus jantung atau ratusan peluru untuk mlakukannya

      Delete
  28. sangat mantap revewnya
    makasih buat om tony
    masih penasaran dengan kata kata zoro di arr dressrosa. masih banyak yang belum di buktikan.. apa karna ane salah baca yah transelet dari web sebelah
    mohon penjelasanya bung tony

    ReplyDelete
  29. Selalu menarik full review bung tony .. (y)
    Smoga sehat selalu dan tak pernah bosan menjabarkan review di setiap chapter berikunya bung !!
    #SalamSuppa

    ReplyDelete
  30. Selalu menarik full review bung tony .. (y)
    Smoga sehat selalu dan tak pernah bosan menjabarkan review di setiap chapter berikunya bung !!
    #SalamSuppa

    ReplyDelete
  31. menurut ane...barto adalah kandidat utama saat ini next kru shp...karna kru2 yg lain butuh proses saat join shp, sedang barto sudah melalui nya tanpa join shp..

    ReplyDelete
  32. Keren reviewny bungg, jadi makin ngefans nihh ama review bung tony sejak review tentang aokiji sama sikap dari fujitora yg saat itu gw bilang anehh banget kenapa doflamingo nggk langsung di habisin, tapi abis gw baca review bung tony gw jadi ngerti alasan si fujitora
    abis nihh baca review gw baru nyadar kalo semua kebohongan usopp jadi kenyataan. Wkwk gw pikir cuman yg ikan mas raksasa itu doangg yg jadi nyata
    sama gw juga baru nyadar kalo arc dressrossa tuhh cuma sekitar 5 jam wkwkw berarti karma tuhh di dofla karna udah ngerebut kerjaan dressrossa dalam waktu satu malam doang
    semoga selalu sehatt bungg sama makin rajin ngereviewny :D

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. mantap sekali bung tony
    kalo boleh tau,tanggapan bung tony tentang aliansi KAH vs akagami gimana bung?

    ReplyDelete
  35. Ulun dukung barto haja nah jadi crew hanyar SHP..ahaha

    ReplyDelete
  36. bung tony saya mau tanya lagi dong. penasaran banget soalnya sama orang yang pake topi jerami di chapter ini http://www.mangamint.com/one-piece-792?page=5 . itu kira kira siapa ya bung? dari penampakannya mirip banget sama shanks.
    thanks bung tony

    ReplyDelete
  37. Keren.mantap deh..

    Salam suppa.. :D

    ReplyDelete
  38. Prediksinya 90% terjadi di chapter 797, dr urusan rebecca, luffy n kyros, n kemungkinan law nyamperin sengoku, supppppaaa opic bung... terima kasih, semoga sehat selalu..

    ReplyDelete
  39. Prediksi luffy melawan fujitora sudah terjadi di chapter 798..

    ReplyDelete
  40. Baru paham yg jadi sampul wsj itu menurut peeingkatnya-,- . One piece emang terdepan tak lekang oleh jaman xD

    ReplyDelete
  41. Min mau nanya itu yg digambar, keluarganya surume berarti, apa nggak

    ReplyDelete
  42. Min mau nanya itu yg digambar, keluarganya surume berarti, apa nggak

    ReplyDelete