Pages

Ads 468x60px

Friday, April 3, 2015

Trebol dan Beta Beta no Mi. Buah Iblis Paramecia atau Logia?

Apa-apaan judul artikel ini? Haha. Bukankah sudah jelas di chapter 782 ini kalau Trebol adalah paramecia? Kenapa masih menjadi perdebatan? Apakah memang perlu adanya perdebatan? Padahal kan sudah jelas ternyata tubuh lembek Trebol hanyalah ilusi dari sebuah trik sulap yang sangat terkenal. Zig Zag Girl. Ilusi Volume. Sebuah sulap ketika seorang gadis memasuki kotak yang ukurannya nyaris sama dengan tubuhnya, tapi ternyata kotak itu memiliki ruang berlebih untuk melakukan berbagai pertunjukkan mustahil.



Itulah yang dilakukan Trebol selama ini. Dia menggunakan tubuh kurusnya dan kekuatan paramecia-nya menciptakan cairan lengket untuk mempertunjukkan sebuah trik sulap. Dia memperdaya musuhnya dengan ilusi volume, menyembunyikan tubuh aslinya dari serangan fisik yang membahayakan. Karena musuh mengira target memiliki tubuh lebar, maka mereka justru menyerang ke bagian yang tidak fatal. Dan ketika mereka menemukan kalau tubuh Trebol tak mempan oleh serangan fisik, mereka mengira dia adalah logia. Misdirection. Pengalihan.

Berikut beberapa poin yang menjadi alasan kenapa buah iblis trebol jadi perdebatan.

1. Tubuhnya Terlihat Tidak Solid dan Berubah-Ubah



Sedari awal muncul di chapter 700, Trebol sudah menjadi perdebatan. Ini orang buah iblisnya apa? Paramecia Lendir kah? Zoan siput kah? Atau logia resin/getah kah? Karena terlihat Trebol bentuknya berubah total menjadi tidak solid sejak pertama dia muncul, saat itu orang-orang merasa kalau logia adalah kemungkinan paling masuk akal.

Logia memiliki konsep 'menghasilkan' dan 'menjadi' elemen. Sedangkan paramecia hanyalah salah satu dari kedua konsep itu. Kukasih contoh. Tubuh Akainu bisa menjadi magma. Di lain sisi dia juga bisa menghasilkan magma dalam jumlah besar dan melemparkannya ke angkasa pada jurus Ryusei Kazan (meteor volcano). Tubuh Ace bisa menjadi api. Dia juga bisa menghasilkan api dalam jumlah besar, contohnya jurus Daienkai Entei. Begitu pula logia lainnya.

Kemudian Paramecia hanya salah satu dari itu, tidak pernah keduanya. Magellan bisa menghasilkan racun, tapi tubuhnya tidak jadi racun. Mr 3 bisa menghasilkan lilin tapi tubuhnya tidak menjadi lilin. Sebaliknya Luffy menjadi karet, tapi tidak menghasilkan karet. Tubuh Joz menjadi berlian, tapi dia tidak menghasilkan berlian.

Kukira dengan itu semua perbedaan paramecia elemen dan logia sudah cukup jelas bukan?

Nah. Kemudian kita kembali ke Trebol. Lihat potongan gambar dari chapter 737 di atas. Tubuh Trebol 'TERLIHAT' menjadi elemen. Dan dia 'menghasilkan' elemennya, bagian yang jadi tempat duduk Cavendish. Loh. Dia logia dong kalau begitu?

Eh. Ternyata itu hanya sekedar trik. Yang terlihat tidak solid itu bukan tubuhnya. Sekedar elemen lengket yang dihasilkan buah iblisnya. Tubuh asli Trebol sebenarnya tetap solid di dalam gumpalan lengket tersebut. Karena ternyata dia kurus!


2. Nama Buahnya Beta Beta no Mi. Lengket. Ko biasa logia?

Ya. Tidak semua nama buah iblis logia diambil dari nama elemennya. Kita sering membahas panjang lebar tentang hal ini. Moku (asap), Suna (pasir), Yami (kegelapan), Magu (magma), Numa (Rawa), Gasu (gas) dan Yuki (Salju) memang diambil dari nama elemennya itu sendiri. Tapi ada Mera (Menyala), Goro (Gemuruh), Hie (Dingin) dan Pika (kilauan). 4 buah logia yang dinamakan tidak dari nama elemen mereka, tapi dari efek yang ditimbulkan elemen mereka. Api yang menyala, petir yang bergemuruh, es yang dingin dan cahaya yang menyilaukan.



Karenanya di kala itu Beta Beta no Mi (lengket) masih sangat mungkin adalah logia. Saat itu ada yang berteori kalau unsur alam yang lengket adalah resin/getah pohon. Itu adalah bahan lengket alami langsung dari alam.

Eh ternyata. Oda nge-troll lagi.



3. Trebol terlihat teriris-iris oleh Usopp secara horizontal. Kalau tubuh aslinya sembunyi di dalam, ko bisa selamat?


Di chapter 741 - Usoland Si Pembohong, ada adegan dimana Usopp mengiris-iris tubuh Trebol secara horizontal. Inilah yang kubilang trik cerdas di atas. Coba lihat gambar di bawah. Begitulah kira-kira yang terjadi pada adegan tersebut. (Ini Remake gambar dari APforums)



Benar-benar sebuah trik sulap bukan?  Para kurcaci juga sempat tertipu mentah-mentah trik ini. Mereka bersorak gembira mengira Trebol telah dikalahkan.


4. Untuk apa Law menerapkan Radio Knife kalau Trebol Paramecia biasa?

Yap. Banyak yang berpikir, untuk apa Law menggunakan Radio Knife (Ch 759-Rencana Rahasia) jika Trebol adalah paramecia biasa. Bukankah jika dia bukan logia, Trebol tetap akan kesulitan jika terpotong-potong tubuhnya di dalam Room Ope Ope no Mi Law?



Tidak begitu. Ingat Beta Beta no Mi itu buah yang lengket. Jika Law tidak menggunakan Radio Knife saat itu, Trebol dengan kekuatan elemen lengketnya akan mudah kembali ke tubuh asal. Kelengketan itu bisa membuatnya menyatukan bagian tubuhnya yang terpisah-pisah. Tapi Radio Knife membuat sebuah membran tipis di antara elemen lengket Trebol dan mencegahnya untuk bersatu kembali. Tak peduli dia logia atau bukan, membran tipis itu membuat Trebol perlu waktu untuk kembali seperti semula.



Apalagi di chapter ini, jelas sekali Law tahu rahasia Trebol. Itu tak mengejutkan, karena Law dulunya memang anggota Bajak Laut Donquixote. Tentunya dia tahu trik kamuflase yang dilakukan Trebol ini bukan?


5. Bagaimana sih interaksi antara Busou Shoku Haki versus Logia?

Beberapa pembaca mungkin ada yang bingung dengan dengan ucapan Luffy di chapter 783 ini.

"Apa yang terjadi!? Jika kau pemakan logia, aku harusnya bisa mengenaimu dengan Busoushoku Haki!"



Yap. Memang begitulah adanya. Mungkin gambar sederhana ini bisa menjelaskan hal itu.


Gambar 1. Luffy menyerang Smoker tanpa Haki. Tubuh tak solid Smoker tidak bisa dilukai. Memukul asap tak ada gunanya.

Gambar 2. Luffy menyerang Smoker dengan Busou Shoku Haki. Smoker kesakitan, walaupun bagian tubuh yang diserang adalah bagian tubuh yang masih berbentuk asap. Yap. Busoushoku bisa menangkap substansi tersebut dan melukai pengguna logia.

Vergo sampai berkata seperti ini kepada Smoker di chapter 690 - SAD.

"Jika kamu menjadi asap dan menambah volume tubuhmu, kamu justru akan menjadi target yang lebih luas untuk pengguna HAKI yang LEBIH BAIK sepertiku"

Ada kata 'LEBIH BAIK' dalam kalimat Vergo. Itu menjelaskan kenapa Aokiji tidak apa-apa saat ditusuk Bisento Shirohige di perang Marineford bukan? Karena Haki Shirohige saat itu lebih lemah! Dia dalam kondisi yang jauh dari fit.

Gambar 3. Yami Yami no Mi. Jika saat dikenai oleh Busoushoku di gambar 2 pengguna logia masih dalam wujud elemennya, beda halnya jika tertangkap oleh Yami Yami no Mi Kurohige. Dalam sekejap kemampuan buah iblis seseorang akan hilang, tubuhnya akan menjadi manusia biasa. Tak bisa menjadi elemen ataupun mengeluarkan elemennya.

Aku rasa sampai sini semuanya sudah agak jelas bukan? Trebol positif Paramecia. Dia memang terlihat seperti Logia, tapi ternyata itu tak lebih dari sebuah trik sulap cerdas untuk mengelabui musuhnya.


Kasus perdebatan buah iblis Trebol ini salah satu bukti berkelasnya story telling ala Eiichiro Oda. Tidak seperti Boku Hero no Academia yang setiap karakter berusaha keras menjelaskan situasi yang sedang terjadi (sok cerdas), atau Bleach yang karakternya entah dengan maksud apa selalu menjelaskan cara kerja kekuatannya kepada musuh yang lagi dihadapi (untuk apa memberitahu musuh coba?), One Piece membiarkan pembaca yang berpikir. Karakter One Piece menampilkan. Bukan menjabarkan. Komik itu mengedepankan aspek visual. Kalau panjang lebar menjelaskan ya bikin novel aja sekalian.

Luffy tak pernah sibuk menjelaskan proses kerja buah iblisnya. Doflamingo tak pernah terlihat menjelaskan cara kerja torikage atau marionette. Karenanya banyak ruang tercipta untuk berdiskusi. Karenanya fans sibuk berdebat. Karenanya fans OP semakin lama semakin banyak.


SALAM SUPPA!

94 comments:

  1. ini andai trebol logia, untuk kasus luffy. logia kan bisa mnghasilkan n bisa merubah diri, andai yg diserang sama luffy itu bukan trebol yg merubah dirinya jd "sesuatu" melainkan dia menghasilkan "sesuatu" untuk mngelabuhi musuh bagaimana? sesuatu yg dihasilkan logia apa bisa diserang? paramecia bisa membuat baju zirah untuk melapisi tubuh macam mr.3 tp logia kan jg pasti mlh bisa, apa g ada kmungkinan trebol melakukan itu, jd yg diserang luffy mmng murni bukan tubuh asli ataupun tubuh logia trebol, melainkan sesuatu yg dihasilkan trebol dr kekuatan df nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga. Logia g prnah sprti itu. Maksud menghasilkan dlam bahasa logia adalah dia melepaskan elemen itu dari tubuhnya. Contoh paling mudah ya Akainu dgn Ryusen Kazan yg melempar magma ke angkasa atau Kizaru dgn laser cahayanya.

      Jdi kalau elemen itu ga lepas dri tubuh (dlam hal ini jika trebol logia dia membuat tubuh palsu), elemen itu tetap msih bagian tubuh dan bisa diserang pengguna haki untuk disakiti. Sprti kata Vergo, Justru menambah volume target.

      Delete
    2. udh puas ma jawabannya (Y), cuman itu yg masih ganjal pas udh baca review diatas :v

      Delete
  2. bung Tony,ane mau nanya nih perihal karakteristik dari paramecia,kasusnya baby 5.Kan kata bung Tony paramecia cuma bisa 1 diantara 2 tadi (menghasilkan atau menjadi) nah baby 5 kan bisa menjadi senjata,dan menghasilkan peluru (walaupun dia nggak bisa menghasilkan senjata layaknya logia) gimana tuh bung ? mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luar biasa kepikiran smpe gitu. Hha. Aku mau bilang anggap aja peluru itu bagian dri senjata (sekedar bonus). Ketika Baby 5 jadi senjata, peluru otomatis juga ikutserta.

      Tpi sbnrnya paramecia menghasilkan dan menjadi itu hanya untuk mmbedakannya dgn logia ko. Paramecia g hnya dua itu. Ada yg bisa mengendalikan bumi kaya Pica (dia tidak menghasilkan jg tidak menjadi tanah). Ada yg bisa menjadikan manusia2 jdi boneka (Sugar). Ada pula yg penglihatannya tingkat dewa (viola).

      Delete
    2. Anda sudah menjawabnya sendiri; baby5 tidak bisa menghasilkan senjata. Peluru adalah cara kerja senjata, jadi baik tubuhnya menjadi senjata atau menghasilkan senjata, peluru harus ada kan.

      Delete
    3. oda sendiri bilang gk perlu terlalu realistis, mngkn karena dimana-mana itu kalau ada senjata pasti ada peluru, sama kayak keanehan mr. 3 yang rambutnya akan terbakar kalau mengeluarkan jurus.

      Delete
  3. keren gan, dan dari awal gue suka op jg karena kita dr sebuah manga bny belajar sesuatu, dari op para fans jd bisa belajar analisis hehe

    oya gan pas baca manganya gue sempat yakin trebol logia tp yg masi rancu buatku waktu itu kok haki luffy gk mempan sama trebol dan trnyata mulailah masuk akal kalo trebol memang paramecia bukan logia, makasi gan

    ReplyDelete
  4. Aku suka dgn blog dan tulisanmu, bung..

    ReplyDelete
  5. Aku suka dgn blog dan tulisanmu, bung..

    ReplyDelete
  6. paragraf terakhir memang benar gan.. Di saat manga tentang ninja atau manusia super ngabisin chapter dengan latihan, karakter One Piece yg berlatih selama 2 tahun justru diskip dan lanjut ke arc berikutnya (meski kemudian keluar movie 3D2Y).
    OP paham fans membaca utk menikmati petualangan mereka, bukan melihat mereka latihan haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Bayangin aja betapa rumitnya OP (dan boring) kalau oda jg mutusin mnjelaskan smua hal

      Delete
  7. thanks atas penjelasannya. tapi ada satu momen dimana diamante sibuk menjelaskan kekuatan hira-hira no mi padahal gk ada yg nanya saat itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diamante memang lg pertunjukkan :D kan bnyak penonton di colosseum. Dia mnjelaskan ke penonton dsana.

      Delete
  8. kalimat-kalimat terakhir ane rasa gk perlu dimasukkan, kesannya kyk meremehkan manga lain, setiap manga ada ciri khasnya tersendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan meremehkan. Itu mengkritik :D kalau kritikannya pedas dan fans nya ga terima itu terserah mereka.

      Intinya penjelasan panjang lebar dlam komik shonen kalau caranya tdk tepat jatuhnya justru aneh.

      Delete
    2. Tidak seperti Boku Hero no Academia yang setiap karakter berusaha keras menjelaskan situasi yang sedang terjadi (sok cerdas), atau Bleach yang karakternya entah dengan maksud apa selalu menjelaskan cara kerja kekuatannya kepada musuh yang lagi dihadapi (untuk apa memberitahu musuh coba?)

      menurut saya itu bukan kritik, soalnya disitu hanya ada perendahan karya tapi tak ada masukan didalamnya, bisa dikatakan seperti pembandingan negatif atau keburukan dengan One Piece..
      Penjelasan dalam pembuatan suatu karangan bisa dilakukan dengan narasi, dialog karakter, atau gerak-gerik karakter tergantung dengan porsi suatu perihal yang akan di tampilkan..
      Jadi gak ada larangan mau dilakukan atau tidak..

      Sebaiknya gausah dipakai kalimat seperti itu, namun jika ditujukan dengan alasan mengkritik lebih baik diberikan pula masukan nya..

      Suatu karya yang bertahan lama dan juga sudah populer di kalangan banyak orang sudah pasti memiliki nilai yang bagus, karna tidak mudah untuk seorang seniman untuk mempertahankan popularitas karyanya..

      No Offense : Hanya penikmat komik yang numpang lewat :D

      Delete
    3. Kritik aja gan. Bukan kritik dan saran. Kalau masukan sih sudah masuk ranah saran. Aku bilangnya kritik aja kan?

      Kritik menurut KBBI itu
      "Kecaman atau tanggapan, kadang kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk suatu karya"

      See? Hanya kadang-kadang ditampilkan uraian baik buruk. Kalau aku mengecam suatu manga karena kebanyakan penjelasan, itu sudah masuk kritik. Bukan perendahan.

      Aku ga panjang lebar membahas tentang Boku no Hero dan Bleach karena memang ini bukan artikel tentang mereka. Kalau dicerna dengan baik, sarannya jelas malahan. Boku No Hero Academia jangan terlalu banyak menjelaskan narasi kejadian melalui karakter, bleach juga jangan terlalu sering membuat karakternya menjelaskan kekuatan ke lawan, coba ikutilah gaya One Piece. Karakternya menampilkan bukan menjabarkan.

      Iya sih kalimatnya offensif untuk fans2 dua manga itu. Tapi aku cuman bicara apa adanya :D atau ada yang mau menyanggah kritik pedasku itu?

      Delete
    4. " Kasus perdebatan buah iblis Trebol ini salah satu bukti berkelasnya story telling ala Eiichiro Oda. Tidak seperti Boku Hero no Academia yang setiap karakter berusaha keras menjelaskan situasi yang sedang terjadi (sok cerdas), atau Bleach yang karakternya entah dengan maksud apa selalu menjelaskan cara kerja kekuatannya kepada musuh yang lagi dihadapi (untuk apa memberitahu musuh coba?) "


      Disini kesannya ente menganggap manga lain tidak lebih baik dari one piece dan seperti bilang bahwa mangaka lain itu tidak berkelas kayak odacchi, ok deh memang manga2 di atas memiliki kekurangan seperti yang ente jabarkan tapi bukan berarti one piece tidak memiliki kekurangan juga.

      Kalau mau dibilang kritikan sih ini kritikan yang menjatuhkan manga lain tanpa melihat kekurangan OP juga. Sebaiknya kalau beropini gini saran ane pake kritikan yang membangun maksudnya disertai juga sedikit pujian kalau bisa juga masukkan supaya tidak terjadi perpecahan dan fans manga lain tidak tersinggung :)

      Delete
    5. Jelasin tentang jurus juga gk ada salahnya, daripada salah-salah menerka lebih baik memberi kepastian, soal manga bleach itu emg susah kalau gk dijelasin tentang shikai dan bankainya.

      Delete
    6. Duh Duh :D Bukan kesannya ko. Aku emang menganggap dua manga itu tdk lebih baik dri OP. Dan emang dri story telling mereka berdua tdk berkelas. Boku no Hero Academia bnyak cing cong shngga kurang alami. Tokoh2nya berusaha keras mnjelaskan situasi pada pembaca. Smntara Bleach skli lagi aneh krna seseorang rajin skli mnjelaskan panjang lebar tentang jurusnya JUSTRU kepada lawan yg dihadapi. Untuk apa coba? Namanya bertarung ngapain ngasih tahu kkuatan kita k musuh?

      G ada yg salah dgn penjabaran mendetail. Yang salah adalah cara penyampaiannya. :D

      Skli lgi ini lg mmbahas story telling. Kalau kekurangan OP ada d bagian sringnya mmakai Ticking Clock Scenario atau muka karakter wanita yg kurang variasi. Dan bleach bagus dri visual, krna kelihatan tite kubo itu seorang desain grafis. Klau Boku no Hero Academia aku hrus mnunggu lbh lanjut krna sjauh ini dia msh dbayang2 Law of Ueki.

      Tapi itu smua tak ada hubungannya dgn yang kubahas di atas makanya tak kuikutsertakan.

      Sorry kalau fans bleach sprti anda tersinggung :D

      Delete
    7. ane fans OP dan bleach kok, kalau urusan story telling ane setuju soalnya kubo-sensei (mangaka bleach) juga pernah mengatakan kalau bleach itu lebih mengutamakan ekspresi karakter, jangankan cerita backgroundnya pun kadang-kadang cuma gambar hitam polos doang beda dengan OP yang sngt detil. Tapi ini sudut pandang subyektif ane dan ane saranin aja kalo mengomentari tentang manga lain jangan semuanya ke arah negatif sdngkn manga yang kamu suka diungkapkan semua hal positifnya seakan menjatuhkan manga lain padahal tiap manga punya keunikan tersendiri.

      Kalau kasus bleach yang menjelaskan tentang kekuatannya ane anggap bkn hal yang negatif karena bleach sendiri beda dgn OP, mekanisme jurusnya beda banget bisa dibilang bleach itu hampir mustahil dijabarin kekuatannya hanya dengan berdebat :D

      Delete
    8. saya heran kebiasaan kebanyakan orang indon, sudah jelas dalam konteks ini membahas story telling, tapi masih saja di kembangin ke arah lain. (maaf ini malah jauh di luar konteks karena greget kepaksa di tulis)

      Saya setuju dengan bung Tony tentang story telling one piece. sejujurnya saya pengikut anime-anime, tetapi terkhusus one piece saya hanya ngikuti manga, karena bener tertarik bukan karena visual dll. sepenuhnya karena cerita yang bener jenius.

      Delete
    9. Baru buka blog nya bung tony kali ini dan setuju bgt ama pembahasannya apalagi soal : "Bleach yang karakternya entah dengan maksud apa selalu menjelaskan cara kerja kekuatannya kepada musuh yang lagi dihadapi (untuk apa memberitahu musuh coba?)" hahaha itu juga yg ada di otak saya kalo baca bleach bung. ga masuk akal.

      Untuk yg blum paham saya contohin, saya pesilat saya menguasai bantingan, pukulan kanan yg keras dan tendangan kaki kanan yg keras, tidak dengan kaki kiri dan tangan kanan, pas tanding atau sebelum tanding mana mau saya kasih tau musuh saya kalo saya jarang pake kaki sama tangan kiri, kan bego kalo ngasih tau. sama aja kasih tau musuh celah kelemahan diri kita.

      Delete
    10. emng ga berkelas tu bleach. manga bocah itu ya haha

      Delete
  9. om tonyohoho, itu untuk gambar ilusi volume, si trebol kenapa harus membungkuk hanya dibagian atas, kalopun berdiri utuh normal bisa kan? bukankah bisa dilihat walopun kurus tapi si trebol sangat tinggi dan besar dibandingkan dengan Law yang terbaring dibawahnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu hanya berlaku saat Usopp mengiris2 tubuh trebol bung :D kalau kondisi normal trebol ga perlu begitu

      Delete
    2. Tapi klo sembunyi dibagian atas, tangannya kok masih ditengah bang ?........

      Delete
    3. Tangannya saat itu palsu jg bro. Kamuflase dri elemen yg trebol ciptkan. Ingat elemen trebol itu bisa membuat mantel bermotif bulat2. Mengimitasi tangan sih g sulit.

      lihat jg gambar d ch 737 di atas.tangannya agak aneh kan?

      Delete
  10. Masta Tony, maaf ane mau tanya, kalau si trebol habis dipotong sama si law dengan radio knife, trus pegimana tubuhnya trebol bisa nyambung lagi??
    sorry ane gak teliti bacanye..

    ReplyDelete
  11. aq harap bung tonyohoho slalu ad u/ review disetiap chapter OP ini sampai ahir OP....hahahaahh
    jgn pernah bosan u/ bahas ttg OP
    te2p smangat bung...thx
    salam NAKAMA OP

    GOLD D ROSE,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau setiap minggu kaya dulu g bisa lgi :D kesusahan ngebagi waktu

      Delete
  12. Bang waktu dipotong, klo sembunyi dibagian potongan atas, kok tangannya ditengah ?.............

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tangannya saat itu palsu jg bro. Kamuflase dri elemen yg trebol ciptkan. Ingat elemen trebol itu bisa membuat mantel bermotif bulat2. Mengimitasi tangan sih g sulit.

      lihat jg gambar d ch 737 di atas.tangannya agak aneh kan?

      Delete
    2. tapi bro di chap terbaru kan tangannya asli yang udah keliatan tubuh aslinya tangannya keliatan di tutupi sama tudungnya yang udah robek berarti tangannya bukan buatan doang bro

      Delete
    3. mksudku lihat d chapter 737. saat trebol kepalanya nengok ke atas tangannya agak aneh. Bisa skli saat itu dia mnampilkan tangan palsu. Toh g ada yg bisa mmastikan tangannya slalu asli bukan?

      klau di chapter terbaru ya tangannya asli.

      To be fair, coba lihat panel saat Trebol d serang Usopp. G kliatan ko aslinya tangannya dmana

      Delete
  13. copas gak pake sumber

    ReplyDelete
  14. bro yg shirohige vs aokiji kurang tepat tuh. yg bener emang pak tua ga pake haki(mungkin udah ga bisa malah karena kondisi), bukan lemah hakinya. haki lemah ga pengaruh kalo hanya untuk mukul si logia mah. yg berbeda cuma efect yg dihasilkan parah atau ngga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau haki lemah ga ngaruh knpa Vergo hrus bilang dgn kata2 'Lebih baik'?

      Delete
    2. kata lebih baik disana bukan berarti kuat. tapi ahli alias sudah bisa menggunakan dan mengontrol dengan baik. karena fungsi dasar haki memang untuk menyentuh logia ga masalah dia sudah kuat atau belum, karena ketika dia sudah bisa haki ya dia otomatis bisa menyentuh

      Delete
    3. "You will only be a bigger target to a better haki user like me."

      Bukan ahli atau master. Sekedar BETTER haki user krna kita tahu Smoker jg bisa Haki. Itu kata2 pembanding

      Delete
    4. loh kalo begitu ceritanya presepsi lu. berarti logia yg merupakan pengguna haki yg kuat tidak bisa disentuh oleh yg haki lemah dong. ngawur bangetlah kalo gitu. karena pengguna haki selemah apapun fungsi dasar haki yaitu bisa menyentuh logia! kalo lemah atau kuat itu terjadi pada effect luka yg dihasilkan.

      Delete
    5. Haki CoA ada tingkatannya gan. :D Coba perhatikan skli lgi kata2 vergo d atas. trus ingat pula kata2 Pica dan Zorro di ch 778

      Pica bilang gini
      "tidak mungkin kau bisa menebasku sekarang karena aku dilindungi oleh haki"

      Terus zoro menjawab gini
      "Itu sih.. Hanya jika hakimu lebih kuat dariku"

      Kira2 ngerti kan mksudnya? Klau pengguna logia punya busou shoku. Dan mereka menggunakannya untuk perisai tubuh, hanya haki orang2 yang lebih kuat yg bisa menembus dan melukai mereka. :D

      Aku pake referensi dari komik lo. ga ngawur

      Delete
    6. ya d kasus zoro tingkatan haki diperlihatkan banget. ngerti banget kalo tingkatan haki. nah liat kata" mas bro " hanya haki orang2 yang lebih kuat yg bisa menembus dan melukai mereka. :D" masuk dong dengan penjelasan gue yg sebelumnya kalo shirohige ga pake haki. karena senjata tembus(karena tidak tersentuh logianya) dan tidak melukai logianya. karena sekalipun haki lemas tetap bisa menyentuh logia. tapi luka yg d timbulkan tidak parah seperti juzo nyerang aokiji dan marko nyerang akainu(kalo ga salah). luka yg d hasilkan kecil karena itu haki mereka lemah dari si pemilik logianya

      Delete
  15. mngkin ane wakil dr skian bnyk fans OP yg udah di kasih penjelasan smua ini .. Makasih banyak :D

    ReplyDelete
  16. Mas tyo ane pnya prtanyaan sdikit mnggelitik nih :v. Just 4 fun aja ya.
    Misal shanks blom tau trik si trebol. Kira2 klo duel sapa yang mnang mas. Kasi pnjelasan singkat ya. Hehe xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menang Shanks :D Tinggal tebas aja smuanya

      Delete
    2. Wkkkwkwkwk bner2 singkat pnjelasannya xD mkasih jawabannya mas. Nice article & analisis. Lbih baik nganalisis ini drpd nganalisis anggaran negara :v

      Delete
  17. Sama sekali gak kepikiran kalo trebol itu paramecia sebelum baca chapter kemarin.
    Oda memang master.
    Mulai dari ilmu navigasi, ilmu sejarah, kedokteran, politik, bahkan trik sulap, semua ada di one piece.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentunya perlu riset yang dalam dan pengetahuan yang luas :D

      Delete
  18. Berarti smoker itu paramecia dong, dia ga bisa mnghasilkan asap, cuma bisa berubah jd asap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kasih contoh jurus White Bind di Arabasta :D Saat itu Smoker berubah jdi asap dan mnjerat Luffy. Luffy mncerai beraikan tubuh asap smoker dgn gomu gomu no balon. Asapnya tercerai berai. Kalau suatu elemen terpisah dri tubuh aslinya brrti itu sdh masuk menghasilkan

      Delete
  19. Great article gann...cuma mau share pndapat aja trkait tusukan WB k aokiji..menurut ane itu bukan krna haki wb yg lemah namun trik aokiji dg mnggunakan df nya sehingga aokiji membuat ruang kosong di perutnya dan tusukan wb tdk mengenai tubuh aokiji scr langsung..Sama sprti trik yg dilakukan monet ketika mengindari tebasan tashigi dan caesar yg mengelak dari gomu2 bell nya luffy.. IMO (agak kurang setuju haki wb lemah wlaupun lg sakit XD )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau dianggap sprti itu bisa juga gan :D

      Aku cuman berusaha menyederhanakan penjelasannya

      Delete
  20. Bung tentang benturan sesama pengguna coc itu bagaimana terjadinya, efeknya berbeda tapi yg berbentur kan coa, apa saat itu mereka juga menggnakan coc atau bagaimana bung ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah itu data yg diberikan masih sngat sdikit skali. Tpi benturan CoA sprtinya ada levelnya. Dikonfirmasi sndiri oleh Zoro ketika dia bilang "Itu sih kalau hakimu lebih kuat dari hakiku"

      Juga dri perkataan Vergo ke smoker d atas.

      Nah jka COC disertai dgn COA, mereka mungkin jauh lebih unggul dri COC tanpa COA. Sementara kalau bentrok antar COA+COC (luffy vs chinjao) (Luffy vs doflamingo), yang terjadi akhirnya adalah unggul2an d fisik

      Delete
  21. jadi kalo trebol paramecia knp dia bisa kembali lg scra untuh dan lengkap dgn pakainnya kan udh di iris sam usopp, tapi kalo dibilang paramecia iya juga, bingung aku bung, butuh penjelasan jelas dari oda baru mudah dipahami bung, tapi makasi lang infonyaa (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan dijelasin di atas :D Dia bisa utuh krna tubuh aslinya bersembuyi di bagian atas yg ga kepotong langsung

      Delete
  22. Trik penggemar reviewnya bung tony,,,bikin sepi blognya biar bung tony review lagi,,,xixixixi,,,just kidding,,,aku penggemarnya bung tony bukan sekedar penggemar reviewnya aja,,salam suppa bung tony

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog nya sih sudah lama sepi. Haha. Sebenarnya aku ngeriview Trebol ini krna bnyak skli yg tanya di twitter :D Dan aku g bisa mnjelaskannya dgn kata2 yg singkat

      Delete
  23. gan,ane ddari dulu baca ttg review agan ttg OP memang sangat keren dan masuk akal juga.ane suka sm blog agan
    tetep semangat ngepost ttg OP ya gan

    ReplyDelete
  24. apa pendapat anda tentang episode 675 saat trebol vs usopp? cara dia kebali ke wujud semula sangat aneh dan lebih mirip dengan tipe logia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah nonton pertunjukan seorang wanita yg TINGGI dan KURUS bisa masuk kedalam kotak yg berukuran kecil?
      Bahkan 3 orang sekaligus bisa masuk?
      Kenapa itu bisa terjadi?
      Itulah yg dilakukan trebol saat itu.
      Di dunia nyata saja manusia berkemampuan khusus bisa melakukannya,apa lagi di dalam animasi.

      Delete
    2. lihat cara kembali ke wujud semulanya, lihat lah tangan trebol yang muncul bergelombang seperti lendir lalu memegang tongkatnya kembali ,apakah itu kesalahan pembuat animasi?

      Delete
    3. Yap. Jangan mnjadikan adegan di anime sbgai referensi :D

      Delete
    4. kenapa ga boleh sebagai refrensi ,bukankah anime juga berfungsi untuk memper jelas gambar atau adegan di manga atau komik nya?

      Delete
    5. Ngga. Itu dilakukan untuk ngejar durasi. Ga diskusi sama pengarangnya terlebih dahulu. Jadi itu sdh ada interpentasi dari Animator.

      Delete
  25. klo dari yg gw liat teori trebol paramecia terlalu dipaksakan.. terutama soal ilusi volume, disitu ilustrasi tubuh asli trebol bersembunyi terlalu kecil sedangkan kenyataannya tubuh trebol tuh tinggi bgt jadi gak akan muat klo dia sembunyi di bagian atas (kepala). klo pun dia mau sembunyi kaya di ilustrasi harusnya bagian atas trebol itu gede sedangkan pas dipotong usop n law ukurannya secara proporsional keliatan sama aja dgn tubuh aslinya.

    soal luffy yg gak bisa mukul trebol itu karna yg dipukul luffy cuma cairan yg di "produce". om tonyo bilang kan produce logia itu harus melepaskan elemen dari tubuh aslinya, sedangkan untuk kasus beta2 no mi sifat dasar cairannya itu emang lengket, jadi biarpun elemennya udah dilepas dari tubuh asli tapi klo dipasangkan ke tubuh tetap aja nempel/lengket kan? sama kaya trebol mematikan pergerakan musuh, elemen/cairannya nempel di tubuh orang lain.
    contoh lain kaya pedang cahaya kizaru, udah dilepas dari tubuh asli tapi masih bisa dijadikan senjata (dipegang), bukan gak mungkin kizaru bisa bikin perisai dari cahaya yg bentuknya padat kaya pedangnya buat ngelindungin tubuhnya.
    jadi gw tetap yakin trebol itu logia.. just my opinion

    ReplyDelete
  26. Trebol pengguna Buah Iblis Paramecia atau Logia itu hanya oda sensei yang tau kebenarannya, yah dia nyang buat

    tapi dari imo reviewnya bung tony yah menurut ak sih cukup jelas dan bisa dipercaya kalo terbol itu user paramecia

    ReplyDelete
  27. Bung tony, mau nanya gimana sih interaksi antara kenbou shoku haki dengan pengguna logia?

    ReplyDelete
  28. Mas Tony, saat trebol ditendang luffy, dia terlempar... tapi saat trebol di pukul dengan haki malah tembus badannya...

    ReplyDelete
  29. keren bang, berarti jelas keluarga donquixote semuanya pengguna paramecia, apakah klompok ini sengaja memilih paramecia? mengingat kelemahan logia seperti yang dikatakan vergo.. wah wah wah.. bahkan mereka memiliki pengguna haki yang hebat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ralat gan, Monet juga eksekutifnya doffy, pake logia Salju. Caesar (gas-gas) juga anak buah doffy. jadi gak semua keluarga doffy pake paramecia..

      Delete
    2. ah iya ya, maaf gan lupa soalnya udah 1 tahun jd lupa ada karakter yng namanya monet sama cesar bwahahaa..

      Delete
  30. Bajak Laut Doflamingo kan orangnya rata-rata makan buah setan tipe 'Paramecia'

    ReplyDelete
    Replies
    1. rata2 pengguna logia itu org hebat dan menjadi bos/pemimpin, pengecualian untuk monet

      Delete
  31. review yang bagus gan...tapi ada kekurangan dari teori agan...terlihat pada gambar bahwa tangan trebol terpisah pada saat kena radio knife...dan tidak menutup kemungkinan saat dipotong shuriken usop kondisi tangan trebol sedang memegang tongkat...artinya tangan trebol tetap terpisah...dan untuk teori logia dan paramecia "menghasilkan" dan "menjadi"...menurutku tidak serumit itu...sudah jelas dikatakan bahwa logia tidak dapat tersentuh fisik...
    dan paramecia dapat tersentuh fisik...kecuali untuk elemen hukum alam...
    misal kalo ada karakter baru yang punya kekuatan DF air yang tidak bisa "menghasilkan" air...jadi dia hanya bisa "menjadi" air...ane rasa itu masih disebut logia...begitu pula kebalikannya ketika misalnya luffy bisa "menjadi" karet dan mampu "menghasilkan" karet...ane rasa dia tetap disebut paramecia...tapi teori ini masih juga dipatahkan oleh kekuatan DF kurohige...
    kalo memang dia logia tapi kenapa bisa disentuh secara fisik...akhirnya ada teori kembali bahwa kurohige sebelumnya memang sudah memakan buah setan...

    ReplyDelete
  32. mau nany trebol mati gak yah ._.

    ReplyDelete
  33. bang gimana kalau....cuman kalau........
    Monet itu seperti trebol, awalnya dikira logia tapi ternyata paramecia.

    Monet melengkapi tema Dofla family DF user yg semuanya paramecia
    (cesar gak dihitung karena lebih mirip partner / aliansi)

    Satu-satunya buah yg cocok itu mungkin buah yg bisa meng-imitasi. contoh mengimitasi salju.
    nama buahnya fuku fuku no mi. got it? fu=2 ku=9

    Kalo teori gw memang benar, maka monet 99,99% fix jadi new nakama straw hat pirate

    ReplyDelete
  34. Bener juga nih
    sempet heboh masalah DF nya trebol. saya juga ngira dia logia
    tapi pas di chapter pas dia kalah
    barulah ketahuan dia paramecia

    ReplyDelete
  35. mungkin trebol baju nya yg tipe logia di pasangkan dgn buah iblis benda mati di tambah buah iblis

    ReplyDelete
  36. Maaf sedikit melenceng dari artikel di atas.
    mau nanya gan, apakah nanti Luffy memakan dua DF?
    Yang bisa memakan sekaligus dua df dlm 1 tubuh hanya orang yang memiliki tubuh abnormal, seperti Teach, tapi apakah mungkin Luffy memakan dua df, karna luffy memiliki tubuh abnormal, contoh ketika dia di operasi Law, dia tidak menggunakan obat bius, dan saat melawan musuh nya waktu itu ( lupa lawan siapa ) musuhnya bilang " kau sudah tidak normal ". Satu lagi saat Boa Hanccok menyerang dengan jurus nya yg bisa merubah orang jadi batu, kenapa Luffy tidak jadi batu, itu sebuah contoh kecil bahwa Luffy memiliki tubuh abnormal ( versi saya ).
    Jika benar Luffy memakan dua df, menurut anda mana yang akan di makan, Meta Meta no mi atau Ope Ope no mi, keduanya sangat di butuhkan untuk melawan Teach.
    Tolong pencegahannya.

    ReplyDelete
  37. Aku pecinta semua anime/manga, itu semua bagus kok. Karna setiap pengarang punya konsep yg berbeda

    ReplyDelete