Pages

Ads 468x60px

Saturday, May 10, 2014

Torrent : Cara Alternatif Memperoleh File yang Diinginkan

Torrent? Apa itu? Sering sekali aku ditanya pertanyaan seperti itu ketika aku nge-share tentang komik-komik amerika di beranda facebook. Baik itu Batman, Superman, Avengers dan lainnya. Begitu mereka bertanya dimana aku bisa mendapatkan komik-komik tersebut, aku selalu menjawab "torrent".

Kita tak perlu membahas tentang pengertiannya secara teknis karena sejatinya aku memang bukan anak informatika yang paham betul apa artinya. Jadi kalau kalian mau mengetahui mendalam tentang apa itu torrent serta istilah-istilah ribet yang menyertainya, kalian bisa mencari situs lain untuk itu. Haha.

Intinya adalah anggap torrent sebagai cara alternatif lain untuk mendapatkan file yang kalian inginkan. Jalan lain selain jalan konvensional untuk mendapatkannya dari web-hosting macam mediafire, indowebster, fileupload atau yang lain. Torrent (aslinya .torrent. Ada titik di depannya) tidak akan menyulitkan seperti itu. Langsung saja berikut tentang tutorial mengunduh via torrent ini.

1. Pertama adalah kalian perlu aplikasi untuk mengunduh file-nya. Anggaplah fungsinya sama seperti IDM (Internet Download Manager). Aplikasi untuk mengunduh file .torrent yang paling bagus adalah Utorrent dan TTorrent. Utorrent (u-nya dibaca Upsilon) adalah aplikasi yang kupakai. Jadi aplikasi inilah yang akan kujadikan contoh.

Download UTorrent


Kalian bisa mengunduh aplikasi tersebut dari link di atas. Kunjungi link tersebut dan klik kata-kata "Download Latest Version" di pojok kanan atas.

2. Ketika kalian sudah mempunyai aplikasi Utorrent ter-install di PC/Laptop kalian. Langkah selanjutnya sederhana. Kalian hanya perlu mengunjungi situs-situs penyedia torrent. Banyak sekali. Pilih yang paling populer seperti kickass.to
Ini screenshot halaman tersebut.



Kalian bisa masuk kolom "search' jika ingin mencari suatu file. Ketika file itu kalian temukan. Tinggal klik akan muncul tampilan seperti ini. (Di sini kucontohkan file Komik Superman Unchained vol 01)


Selanjutnya sederhana sekali. Kalian hanya perlu klik tombol magnet yang kukotaki merah di atas.

Ketika kalian klik tanda magnet tersebut. Otomatis aplikasi Utorrent kalian akan muncul di jendela baru seperti ini.



Ta--Daaa! Proses pengunduhan file yang kalian inginkan dimulai.



Mudah kan? Kalau kalian mau mengunduh via Android caranya sama saja. Download dulu aplikasi Utorrent yang tersedia di Playstore. Kemudian buka situs kickass.to dari browser biasa atau modzilla, terserah yang mana. Klik lambang magnet, otomatis Utorrent akan muncul untuk mengunduhnya.



Beberapa pertanyaan berikut sering muncul ketika kalian mengunduh via torrent. Tak perlu dibaca bagi yang tidak ingin pusing. Karena bagian di atas sudah cukup kalau kalian hanya sekedar ingin mengunduh saja.

1. Apakah kecepatan download-nya bagus?
Tergantung. Pertama jelas kecepatan koneksi kalian mempengaruhi. Yang kedua, dalam torrent ada istilah SEED dan LEECH. Seed adalah jumlah orang yang sedang mengunggah file tersebut. LEECH adalah jumlah orang yang sedang mengunduh file tersebut. Semakin banyak SEED, semakin cepat kecepatan download kalian (tetap tergantung koneksi juga sih).

2. Setelah selesai apakah akan SEED otomatis?
Betul sekali. Prinsip torrent adalah saling berbagi. Ketika file kalian selesai didownload, Utorrent akan otomatis nge-seed--membagi file tersebut ke orang lain yang juga menginginkan. Tentu kalian bisa nge-Pause atau Remove file dari aplikasi tersebut, file asli yang disimpan takkan hilang tenang saja.

3. Apa saja yang ada disana?
Nyaris semua hal ada di torrent. Dari film, TV series, komik, game, lagu dan lainnya. Tapi jarang sekali karya negeri ada di sana. Misal film Indonesia tak ada di torrent karena tidak ada yang membagi file-nya di sana. Dan catatan tambahan, untuk file yang sudah lama sekali mungkin kalian akan kesulitan menemukannya. Seperti film tahun 1990-an misalnya. Tapi kalau file yang baru, kalian akan dengan mudah menemukannya disana.


Oke. Kurasa penjelasan itu sudah cukup. Kuharap bisa menjawab pertanyaan kalian selama ini tentang cara mengunduh via torrent. Kalau ada pertanyaan tentu sangat dipersilahkan.

Salam Suppa!

18 comments:

  1. Gak terlalu berguna.
    Gw juga tau keles, dasar repost

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... bener2 songong nih orang...
      hahahaha......

      Delete
  2. wah artikel yg sangat berguna bung..makasih bgt ya :)

    ReplyDelete
  3. Thanks bung

    ReplyDelete
  4. belajar ah .... thank bung

    ReplyDelete
  5. Ukuran file komik marvel emg gede2 tah bang ??

    ReplyDelete
  6. wah berguna banget..
    thanks bung :)

    ReplyDelete
  7. kok download movie .mkv

    ReplyDelete
    Replies
    1. Knpa dengan mkv gan? :D kan tetap bisa ditonton

      Delete
  8. maun nanya, semisal kita mau donload komik 50 issue, tapi k ita mau download 10 issue, itu bisa atau nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. :D Saat loading pertama dia akan memperlihatkan smua file. Di situ bisa di check yg mana sja yg mau diunduh

      Delete
  9. ada seedrs nya gan?? biar download apapun jd kenceng ?

    ReplyDelete
  10. kok gak mau gan, dia balik ke halaman awal sebelum mau download --"

    ReplyDelete
  11. setelah ane dunlot u-torrent di notebook.. pas coba maen ke kickass.to kok kenapa kena internet sehat yah...

    gimana cara ngatasin nya suhu tony.. ato ada link lain yang bisa ku dunlot buat komik2 superhero amrik biar newbie kaya ane ga mati penasaran nih...

    ReplyDelete