Pages

Ads 468x60px

Monday, September 29, 2014

Marvel Now : Titik untuk Memulai

Sering kali ditanya teman baik di facebook maupun twitter, tentang darimana sebaiknya memulai komik Marvel. Artikel ini akan membahas hal itu dari pandangan seorang awam karena aku sendiri baru setahun belakangan mengikuti komik-komik terbitan Amerika ini. Perlu diingat untuk komik Marvel sekarang ini tidak diterbitkan secara resmi di Indonesia. Kalau mau membeli secara resmi bisa langsung beli digital di situs resminya (sekitar 4 dollar per issue). Kalau mau mendapatkannya secara gratis kalian mesti belajar menggunakan torrent, yang sebenarnya sangat mudah penggunaannya (sudah kujelaskan panjang lebar di artikel ini). Tidak ada situs baca Online seperti manga, juga tidak ada versi bahasa indonesia karena belum ada yang bersedia menerjemahkan. Persiapkan kamus bahasa inggris bagi pembaca yang english-nya kurang lancar. Penerbit Amerika pengawasannya sangat ketat untuk masalah pembajakan Online, jadi jangan heran untuk mendapatkannya sangat susah. Beberapa situs forum seperti Indowebster mungkin menyediakannya, silahkan cari jika tidak mau mengunduh via torrent.




Dengan segala kesulitan untuk memperolehnya, Marvel akan kukatakan memang sangat pantas untuk diikuti. Ceritanya begitu kaya dan luar biasa. Kalian yang mulai mengenal Marvel mungkin dari film-filmnya baik dari Marvel Studio semisal Avengers atau dari studio lain seperti Spider Man (Sony Pictures) dan X Men (Fox) tak akan menyesal mengikuti komik-komik ini. Tak perlu panjang lebar, langsung saja kita bahas dimana baiknya untuk memulai.


MARVEL NOW

Menyaksikan penerbit saingannya, DC Comics me-reset kisah dalam komik mereka dengan embel-embel NEW 52 yang ternyata sukses menarik banyak pembaca baru, Marvel kemudian juga berusaha membuat terobosan baru. Di tahun 2012 silam tepatnya di bulan oktober, proyek MARVEL NOW dimulai. Tapi berbeda dengan DC New 52 yang menulis ulang seluruh kisah karakter mereka, Marvel Now hanya mengembalikan nomor penerbitan menjadi satu. Yang semula sudah mencapai ratusan issue seperti Fantastic Four dan Amazing Spider Man dikembalikan ke nomor 1. Kostum para karakter didesain ulang agar tampak lebih modern. Ceritanya digarap dengan masalah yang jauh lebih segar. Di setiap issue disisipkan sinopsis yang menceritakan masa lalu para karakter komik agar pembaca bisa tahu apa yang terjadi jauh sebelumnya. Intinya Marvel Now bertujuan untuk memudahkan para pembaca baru (seperti aku dan kalian) untuk mengikuti cerita-cerita komik marvel yang sudah berjalan 75 tahun. Yang secara logika tentu nyaris mustahil untuk diikuti semuanya dari awal. Jadi MARVEL NOW adalah tempat yang tepat untuk memulai.



Tentu, saat pertama kali membaca, kalian akan mendapati diri kalian dalam kebingungan. Akan ada banyak sekali karakter tak familiar yang belum muncul di filmnya. Aku merasakan hal yang sama saat pertama kali membaca Avengers. Masih harus buka-buka wikipedia sekedar untuk mengetahui siapa saja yang barusan muncul. Tapi setelah membaca banyak judul komik marvel hingga sekarang, aku sudah jarang melakukannya. Mungkin itu tanda aku sudah cukup 'sukses' mengikuti dunia marvel.

Berikut daftar judul komik untuk memulai.


AVENGERS (Jonathan Hickman)



Untuk sementara menjadi judul favoritku di Marvel Now. Penulisnya adalah Jonathan Hickman. Digarap untuk memudahkan pembaca yang hanya mengikuti filmnya agar langsung bisa mengikuti. Terlihat di Issue (chapter) 1, ketika anggota inti Avengers disamakan seperti di film. Captain America, Iron Man, Thor, Black Widow, Hulk dan Hawkeye.

Di sinilah semua bermula. Bagaimana Hickman menekankan berkali-kali kalimat percakapan dua anggota inti Avengers yaitu Tony Stark dan Steve Rogers. Ketika dunia semakin berbahaya. Ketika ancaman semakin sering muncul. Ketika musuh seperti tak ada habisnya. Masalah kompleks. Tapi Captain America punya jawaban yang sederhana. "We have to get bigger". "Kita harus menjadi lebih besar". Kata-kata itulah yang menjadi awal banyaknya anggota Avengers baru di kemudian hari.

"It started with two men. It started with an idea"
"Dimulai dari dua lelaki. Dimulai dari sebuah ide"

SPOILER

Ex Nihilo, Abyss dan Aleph adalah 3 alien kuno. Mereka mendarat di Planet Mars dan dalam sekejap menghijaukan sebagian wilayah Mars. Tanpa peringatan, dari Mars Ex Nihilo menembakkan dua misil hidup ke bumi. Menanggapi serangan itu 6 anggota awal Avengers menuju Mars. Hanya untuk mendapati diri mereka dikalahkan oleh 3 Alien kuno ini. 5 ditangkap. Sedangkan 1 dikembalikan ke bumi. Captain America diluncurkan sekedar bentuk 'peringatan' kalau musuh kali ini bukan tandingan mereka semua.

Rupanya tindakan itu sebuah blunder. Captain America yang terbangun di bumi akhirnya mengaktifkan sinyal darurat. Memanggil seluruh Hero yang sebelumnya telah bersedia menjadi anggota baru Avengers.

"Itu sebuah panggilan. Dia adalah yang pertama. Yang terbaik diantara kami semua. Jadi, saat dia memanggil, Hero mana yang mampu menolak? Semua bermula dari sebuah ide. Percik yang memulai api. Ekspansi. Kapten kami telah berbicara, sebuah ide menjadi nyata. Dia berkata-kata, dan menjadikan kata-kata itu kenyataan. Berkumpulah di saat fajar, ucapnya. Mustahil kan kami tidak berkumpul? Karena kami Avengers."

Kalian akan mendapati hero-hero baru yang menghiasi komik ini. Bahkan karena penulisnya adalah sekaliber Jonathan Hickman, disarankan membaca ulang komik ini. Detail kecil percakapan sering sekali terlewat jika dibaca hanya sekali.

Torrent untuk komik ini dari issue 1-24. Masih lanjut sampai sekarang.
LINK



NEW AVENGERS (Jonathan Hickman)



Masih dengan Jonathan Hickman. Satu paket dengan Avengers. Jadi kalian juga harus mengikuti yang satu ini kalau mau ceritanya nyambung. Lebih baik lagi bacanya selang seling antara Avengers dan New Avengers.

Walaupun judulnya adalah New Avengers, tapi sebenarnya komik ini menceritakan tentang sebuah kelompok bernama Illuminati. Yap. Kumpulan orang-orang paling berpengaruh di muka bumi yang merasa perlu membentuk perkumpulan rahasia untuk saling berbagi informasi dalam tujuan bersama menyelamatkan bumi. Iron Man (Ahli Mesin Nomor 1), Mr Fantastic (Futurist Nomor 1), Black Panther (Raja kematian), Dr Stranger (Penyihir Nomor satu), Black Bolt (Raja Inhuman), Namor (Raja Atlantis), Captain America (Legenda Hero) dan Xavier (Pendiri Sekolah Mutan).

Masalah yang mereka hadapi di Marvel Now sangat segar. Ada yang namanya Inkursi. Tubrukan antar dimensi. Ketika dua dimensi bertabrakan, dua dimensi itu akan lenyap tak bersisa. Masalah menjadi pelik karena titik tubrukan adalah planet bumi. Planet kecil di antara luasnya alam semesta. Satu-satunya menyelamatkan planet kita beserta alam semestanya adalah dengan memusnahkan planet bumi dimensi lain sebelum bertubrukan. Tentu saja itu tak ada bedanya dengan pembunuhan massal. Apa yang harus dilakukan Illuminati untuk menanggulangi masalah yang satu ini?

Masalah ini akan membawa mereka ke even yang sangat luar biasa berjudul INFINITY. Tapi itu kisah untuk artikel di lain kesempatan. :D

Torrent untuk komik ini dari issue 1-20. Masih lanjut sampai sekarang.
LINK


SUPERIOR SPIDER MAN (Dan Slott)



Awal Marvel Now juga pertanda berakhirnya hegemoni Amazing Spider Man (Walau tahun 2014 ini muncul lagi). Yap. Pada even "DYING WISH" Dr Octopus sekarat. Di akhir hayatnya dia berhasil melakukan hal yang tak terduga. Dia bertukar tubuh dengan Peter Parker! Tapi rupanya tak hanya jasad saja yang tertukar, Dr Octopus juga menerima seluruh ingatan Peter Parker, derita yang telah dia alami hingga kata-kata luar biasa dari Paman Ben. "With great power, come great responsibility"-"dari kekuatan yang besar, datang tanggung jawab yang besar". Octo memustuskan berhenti menjadi Super Villain. Dia memutuskan menjadi Super Hero! Dia ingin membuktikan kalau dia tidak sekedar Amazing Spiderman. Dia lebih hebat dari Peter Parker. Lebih Superior. Yap. Superior Spider Man.

Superior Spider Man mengisahkan tentang sosok Octo dalam tubuh Peter. Bagaimana akhirnya dia berhasil mendapatkan gelar Doctor. Berpacaran dengan gadis bernama Anna Maria. Dan terus berusaha mengatasi masalah di Kota New York. Bedanya adalah caranya jauh lebih brutal. Dia tak sungkan menghajar habis-habisan musuh-musuhnya bahkan hingga membunuhnya. Perbedaan yang begitu jelas sehingga beberapa orang mulai curiga akan identitas aslinya

Sebenarnya kalau ingin memulai Spider Man sangat bagus untuk memulainya dari Issue 546 - Brand New Day. Issue itu rilis setelah even EPIC "One More Day". Dimana sejarah Spider Man ditata ulang. Setelah perang sipil antar super hero, bibi May tertembak peluru asasin musuh. Peter Parker begitu merasa bersalah karena sebenarnya dia lah sasaran peluru tersebut. Setelah nyaris putus asa, akhirnya dia mengadakan perjanjian dengan Mephisto. Mephisto bisa menghidupkan kembali Bibi May dengan satu syarat yang sangat berat, Peter Parker dan Mary Jane tak akan pernah bersatu dalam pernikahan. Sejarah cinta mereka akan ditulis ulang.

Kalau kalian memang mau mengikuti dari Brand New Day justru akan lebih bagus. Tapi kalau tidak mau repot, langsung loncat ke Superior juga direkomendasikan.

Torrent untuk komik ini lengkap dari issue 1-33. Tamat di issue 33, dilanjutkan ke Amazing Spider Man 001 (2014)
LINK



THOR : God of Thunder (Jason Aaron)



Ini juga salah satu cerita yang kalian bisa langsung baca tanpa perlu sibuk mengikuti cerita-cerita sebelumnya. Cerita yang berdiri sendiri. Intinya Thor sedang memburu seorang pembantai "dewa" bernama GORR. Perlu 3 Thor sekaligus untuk mengalahkannya yaitu Thor dari masa depan, masa kini dan masa lalu. Untuk kalian yang begitu suka kisah dengan sentuhan mitologi, ini judul yang sangat direkomendasikan. Tulisan yang begitu epic, salah satu judul favoritku di Marvel Now.

Torrent komik ini dari issue 1-25. Tamat.  Lanjut ke Thor 001 (2014) di mana Thor digantikan sesosok wanita misterius.
LINK


FANTASTIC FOUR dan FF (Jonathan Hickman)



Kalian akan kebingungan kalau mengikuti judul yang satu ini langsung dari Marvel Now. Pertama karena mengikuti Fantastic Four berarti juga harus mengikuti FF (Future Foundation). Ceritanya terlalu berkaitan satu sama lain. Terlalu banyak poin yang hilang kalau kalian hanya mengikuti filmnya saja. Kusarankan mengikuti Fantastic Four dari Issue 570 tulisan Jonathan Hickman. Cerita tepat sebelum Marvel Now dimulai. Pada cerita inilah akhirnya Reed Richards (Mr Fantastic) mendirikan Future Foundation. Dari situ pula banyak kejadian epic di sepanjang petualangan Fantastic Four dan kawan-kawan. Hingga pada suatu ketika Spiderman menjadi anggota FF! Ini salah satu cerita Marvel paling luar biasa yang pernah kubaca.

Torrent untuk komik dari issue 570-611. Lanjut ke Fantastic Four Marvel Now.
LINK


X MEN (Brian Michael Bendis)




Terlalu banyak judulnya. Ceritanya juga terus berkelanjutan. Tapi untuk awal kalian bisa langsung ke Marvel Now. Ada dua judul X Men yang kurekomendasikan yaitu All New X Men dan Uncanny X Men. Dimana All New X Men fokus kepada Institusi Xavier yang sekarang dipegang Storm dan Wolverine, sementara Uncanny X Men fokus kepada Pasukan Revolusi Mutan yang didirikan Cyclops.

Cerita ini dimulai pasca House of M dan Avengers vs X Men, dimana Profesor X tewas ditangan Scott Summer (Cyclops) secara tak sengaja. Cyclops akhirnya memutuskan berpisah dengan mereka dari sekolah X Men dan mendirikan sendiri kelompok mutannya. Magneto yang setengah kekuatannya telah hilang ikut bergabung! Sementara Logan dan Storm mengurus Sekolah X Men peninggalan Charles. Menurut pendapatku pribadi, X Men di Marvel Now tidak begitu seru ceritanya. Sejauh ini belum ada sesuatu yang WAH yang terjadi.

Torrent Uncanny X Men. Masih lanjut hingga sekarang.
LINK

Torrent All New X Men. Masih lanjut hingga sekarang.
LINK


GUARDIANS OF GALAXY (Brian Michael Bendis)




Yap. Tentu kalau sudah menonton filmnya akan tertarik pula mengikuti komiknya. Petualangan Star-Lord, Rocket Raccoon, Groot, Gamora dan Drax bisa diikuti di sini! Guardians of Galaxy untuk komiknya memang tidak bisa dikatakan komik yang luar biasa, ceritanya seolah tak terarah tapi tetap menyenangkan untuk dibaca. Rocket dan Quill masih sering melawak. Bahkan di komik ini langsung dibeberkan misteri yang menggantung di filmnya, tentang identitas ayah Peter Quill-StarLord.

Bisa langsung dibaca dari Marvel Now. Walaupun jujur saja aku pribadi akan menyarankan kalian membaca lebih dahulu Cosmic War dimulai dari Annihilation. Perang epic kosmos yang kubahas panjang lebar di SINI. Karena dari even itulah Marvel seolah-olah benar-benar membangun kembali reputasi Star Lord dan Nova. Membangun kembali semesta Marvel yang kalah pamor oleh Avengers, X Men atau Spider Man.

Torrent untuk Guardians of Galaxy. Masih lanjut hingga sekarang.
LINK


IRON MAN (Kieron Gillen)




Tak bisa dikatakan cerita yang luar biasa. Tapi perkembangan karakter Tony Stark di MARVEL NOW ini luar biasa. Begitu banyak kisah yang akan mengejutkan para fansnya. Apalagi sekarang Marvel berencana mendesain ulang Iron Man menjadi Superior Iron Man. Akan kalian dapati dua musuh yang familiar di film Iron Man 3. Extremis dan Mandarin. Di cerita ini dikisahkan pula bagaimana Iron Man memutuskan untuk menjelajah luar angkasa.

Iron Man Marvel Now tamat di issue 28. Lanjut ke Superior Iron Man 001
LINK


CAPTAIN AMERICA (Rick Remender)




Sama seperti Iron Man, bukan kisah yang luar biasa. Tapi kisah masa lalu Captain America disini benar-benar bisa membuat air mata mengalir. Beberapa tambahan karakter juga semakin menambah kesolidan judul yang satu ini. Misalnya Ian Roger, 'anak' Captain America. Tambahan, Steve Roger akan kehilangan super-soldier serum dan peran Captain America akan digantikan oleh Sam Wilson (The Falcon). Kalau sudah nonton film Captain America : Winter Soldier pasti tahu :D


Selain diikuti per judul seperti itu, Marvel juga bisa diikuti per-even. Sebuah kisah yang menghubungkan banyak judul sekaligus. Kejadian yang berdampak pada seluruh karakter di Marvel. Marvel Civil War, House of M, Avengers vs X Men, Age of Ultron, Infinity hingga yang terbaru adalah Original Sin. Even-even ini bisa diikuti langsung tanpa perlu mengikuti per judul (walaupun gregetnya akan kurang).

Karena Marvel Civil War dan Avengers vs X Men banyak sekali issue-nya, mungkin lebih baik mengikuti Age of Ultron yang sedikit. Apalagi even yang satu itu  akan menjadi judul untuk film Avengers kedua tahun 2015 mendatang.

Selain judul-judul di atas banyak juga judul yang sangat menarik seperti Black Widow, Inhuman, Nova, Miss Marvel (heroine muslim pertama) dan Hawkeye. Tapi sepertinya judul ini bisa dikesampingkan terlebih dulu. Avengers dan New Avengers tetap menjadi rekomendasi pertamaku untuk memulai. Belum semua judul sempat kubaca. Jika nanti ada judul yang begitu menarik untuk dilewatkan, aku akan memberitau. :D

Untuk DC Comics, akan kita bahas di lain kesempatan tentang NEW 52.

SALAM SUPPA~




47 comments:

  1. saya lihat judul comik marvel "Miles Morales-The Ultimate Spider-Man. (2014)" nah bagaimana yang ini bung,,??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu ultimate universe. Bukan universe 616 dunia spider man yg kmu kenal. Miles Morales itu karakter berkulit hitam yg menggantikan Peter Parker sbg Spider Man. Jlas tak berhubungn dgn cerita Spider Man utama

      Delete
  2. Bung agak OOT,tapi ane mau nanya ttg ending credits thor the dark world.Itu kenapa Loki masih idup padahal udah ketusuk dan apa maksud si kolektor itu pas di kasih aether ''dapat 1,sisa 5 batu lagi''.Terlalu membingungkan.
    Dari semua ending di credits di film Marvel dari Iron Man 1.The dark world ini yg paling bikin bingung XD.Minta Penjelasannya dikit ya bung....soalnya ane cuma nonton movienya gak baca manganya XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aether salah satu dari 6 Infinity Gems. :D Dua yg sudah muncul itu Tesserax (Avengers) dan The Orbs (Guardians of Galaxy).

      Kmungkinan Sculptur CHitauri yang digunakan Loki juga salah satu Infinity Gems. Sisa 2 lagi yg kemungkinan muncul di movie Avengers : Age of Ultron dan Guardians of Galaxy 2.

      Intinya ketika 6 Infinity Gems bersatu, Infinity Gauntlet muncul. Sebuah sarung tangan super hebat yg bisa membuat pemakainya seperti Tuhan. Infinity Gauntlet akan mnjadi masalah utama di Movie Avengers 3. Yang memakainya hampir pasti adalah Thanos (udh muncul di GoTG dan ending credit Avengers 1)

      Delete
    2. Mantapp.. Avengers Infinity War..

      Delete
  3. bung kalo ultimate x men 2011 sebelum marvel now yah?
    udh baca ceritanya? setingannya kapan itu bung? makasih

    ReplyDelete
  4. Sblum. Ultimate Universe udh tamat pasca Even Age of Ultron. Ultimate Universe itu dimensi yg berbeda dgn dimensi yg utama

    ReplyDelete
  5. Tanya bung, soal TOAA. Di komik Spiderman mana ya, waktu Peter ngobrol sama The-One-Above-All yang nyamar jadi tunawisma?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sensational Spider Man issue 40. Tepat sblum One More Day yg sdkit kubahas di artikel ini :D

      Delete
    2. Terima kasih bung atas infonya,

      Delete
  6. gan, FF itu udah sgtuan doang ? ampe 611 ae ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah 611 fantastic four nomornya dikembalikan ke nomor 1 Marvel Now. Lanjut trus ko. Kamu udh baca smpe 611?

      Delete
  7. udah abis...
    link ?

    ReplyDelete
  8. gan, baca Iron man yang pas biar penjelasannya ke cover semua dari mana enaknya y ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung dari Marvel Now di atas aja. :D Itu masa transisi

      Delete
  9. Gan event INFINITY yg diatas itu yg baru 6 issue bukan? bingung pas search d torrent nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap cuman 6 issue. Tpi crossover dgn New Avengers dan Avengers. Makanya disarankan baca komik itu dulu sbelm baca Infinity

      Delete
  10. Gan, Marvel NOW! itu bukan cuma yng diatas aja ya? Ane bingung, kok di wikipedia bnyak sekale,,, :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang ga cuman yang di atas aja. Yang kusebutin di atas yang paling rame dan paling penting ceritanya aja :D

      Delete
  11. wow...
    blognya lengkap banget seputar marvel & superhero lainnya :)
    terima kasih mas referensinya
    jadi, saya tahu kalo mau mulai komik marvel ini dari marvel now.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap. Dari Marvel Now cara termudah ngikutinnya. Aku jg mmulai dri sini :D Bru pas ada wktu baca2 event2 yg lama

      Delete
  12. saya udah download dr kickass, komikny itu ekstensinya .cbr di buka pake aplikasi ap ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk android bisa memakai perfect viewer. Untuk PC/Laptop bisa menggunakan CDisplay

      :D

      Delete
  13. maaf kalo malah ngulang pertanyaan bung... kalo age ultron yang sampe 10 itu, setelah atau sebelum dari avangers dan new avanger nya marvel now...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum.. Dan lagi Age of Ultron itu dianggap sebagai alternate Future. Kenyataan yang tak pernah terjadi karena Wolverine main-main dengan mesin waktu.

      Delete
  14. pas banget nih buat yang baru mulai baca marvel.
    gan kalo avengers yg jonathan hickman dimulai dari marvel now week brp ya?
    soalnya ane nyari gak ketemu gan. makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Week pertama. Avengers emang gelombang pertama. Langsung download dari link yang kukasih aja :D

      Delete
  15. perbedaan ultimate universe dengan 616 universe apa ya bung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ultimate (1660) itu versi lain bumi. Misal disana Spidermannya kulit hitam namanya Miles Morales. Nick Fury dsana jga kulit hitam.

      Klau 616 itu Main Earth. Bumi utama dunia Marvel.

      Marvel Cinematic Universe yaitu bumi marvel di film juga beda lagi. Itu Bumi 199999

      Delete
    2. jd kalo judul avengers/new avengers karya jonathan hickman itu termasuk universe mana bung?

      Delete
  16. mantap bang artikelnya. dunia marvel emang gede kalo mau di explore satu satu.
    kalo mo donlot komik marvel bahasa indo bisa kunjungi blog saya, masih terus update. salam marvel gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bagus tuh blog nya untuk pengunjung blog yang ga mau ribet norrent :D

      Delete
    2. hehehe... iya bang tony, udah versi b.indonesia pula

      Delete
  17. Bang lnk torrent ironman captain america ama thor diperbaiki dong plisss

    ReplyDelete
  18. gak link nya di klin muncul pesan error 404 not found, itu gimana?

    ReplyDelete
  19. gak link nya di klin muncul pesan error 404 not found, itu gimana?

    ReplyDelete
  20. Bang itu komiknya bahasa Inggris atau udh diterjemahin ke bhs Indonesia?
    Soalnya saya gak mau download klo bukan bahasa Indonesia
    Makasih atas review nya

    ReplyDelete
  21. Wah baru saya dapat ni penjelasan singkat dan jelas cerita marvel, tpi LINK nya ko error ya gan, mohon info dan pencerahan nya gan, semoga agan sehat dan panjang umur, tks

    ReplyDelete
  22. Selain itu apalagi komik Avengers yg ada di marvel now?

    ReplyDelete
  23. Bang kalau komik oldman hawkeye itu marvel now juga ya?

    ReplyDelete
  24. Mau dapat website judi online terpercaya dengan modal yang murah?? Gampang, gabung aja disitus judi online rekomendasi kami. Dijamin pasti menang dan bisa dapatkan bonus menarik lagi..
    Daftarkan sekarang juga disini klik dibawah ini :

    Situs JurusQiu
    Situs JurusQQ
    Situs MdominoQQ
    Situs AhliQQ

    Jadilah pemain yang smart saat memilih website judi online,dan dapatkan hasil nya hanya di website judi online pilihan kami :)

    ReplyDelete