Pages

Ads 468x60px

Saturday, February 28, 2015

20th/21st Century Boys : Masterpiece dari Mangaka Veteran, Urasawa Naoki

Status : Tamat
Chapter : 249 (20th Century Boys) dan 16 (21st Century Boys)


Tak salah lagi, 20th Century Boys dan epilognya 21st Century Boys adalah salah satu masterpiece yang terlahir dari tangan mangaka veteran Urasawa Naoki. Mangaka yang puluhan tahun malang melintang di dunia manga dan telah melahirkan beberapa karya fenomenal seperti Pluto (versi modern dari Astro Boy) atau Monster (cerita Thriller, Misteri, Psikologi yang memukau) serta Billy Bat (karya terbarunya yang heboh) datang dengan cerita petualangan sci-fi penuh intrik, ketegangan dan misteri.




Saat kubilang ini sebuah cerita sci-fi jangan bayangkan petualangan luar angkasa seperti Star Trek/Star Wars dan semacamnya. Karena ini sama sekali berbeda. Memang akan ada piring terbang dan robot raksasa, tapi sekali lagi ini bukan science fiction yang seperti itu.

Bingung?
Begini sinopsisnya.

Puluhan tahun silam di sekitaran tahun 1969 Masehi, sekelompok bocah yang diantaranya bernama Kenji, Otcho dan Yoshitsune membentuk sebuah markas rahasia dari rerumputan. Di sana adalah markas mereka. Sebuah tempat bermain. Tempat di mana mereka dengan bebas melakukan apa saja yang mereka suka. Termasuk membayangkan tentang masa depan. Dipimpin Kenji, anak-anak ini iseng membuat sebuah buku ramalan. Yang isinya sangatlah kekanakan. Bisa dikatakan ngaco sekali. Bahwa di masa depan bumi akan menghadapi kondisi krisis, dan merekalah yang akan menyelamatkannya.



Sekitar 30 tahun kemudian di penghujung abad 20, di tahun 1997 Kenji dan teman-teman bermainnya tersebut telah tumbuh dewasa. Menjalani kehidupan masing-masing. Bahkan sebagian telah hilang kontak. Hingga kemudian terjadi rentetan peristiwa besar di berbagai penjuru dunia. Peristiwa yang dulunya secara iseng mereka buat ramalannya di saat kecil. Terjadi persis seperti yang tercatat di buku ramalan usang yang mereka buat! Setelah insiden kecil, Kenji dengan memori tentang masa kecil yang sudah semakin samar akhirnya menyadari ada yang telah menggunakan buku ramalan yang iseng mereka buat di masa silam untuk menghancurkan dunia! Skenario kiamat yang dibuat dari imajinasi sederhana bocah-bocah kecil akhirnya menjadi mimpi buruk nyata yang menimpa bumi! Kelompok misterius dengan nama "Kelompok Sahabat" dan dipimpin pria misterius dengan julukan "sahabat" telah menggunakan simbol kelompok Kenji kecil dan mengancam dunia!



Bagaimana reaksi Kenji? Siapakah sosok "sahabat" yang menggunakan buku ramalan mereka dan melakukan semua penghancuran ini? Apakah salah satu dari teman bermain Kenji? Apakah yang harus mereka lakukan untuk menghentikan skenario kiamat dari sosok miterius tersebut? Teman bermain di masa lampau yang kini telah memiliki kehidupan masing-masing akhirnya berkumpul kembali. Dengan beban dunia di pundak mereka. Orang-orang biasa ini harus menyelamatkan bumi. Karena kelompok sahabat telah menyusup ke semua lembaga, tidak ada lagi yang bisa mereka percaya.



Manga satu ini digarap dengan Narasi Nonlinear. Karena setting waktu yang diberikan meloncat-loncat. Dari tahun 70-an, 90-an hingga 2000an. Jadi di suatu waktu kalian akan melihat kenji di masa kecil, kemudian loncat di masa kini, kemudian loncat lagi ke masa kecil, loncat lagi ke masa remaja dan seterusnya. Tak pernah diam di satu setting waktu dalam waktu yang lama. Dengan jenis narasi seperti ini, Urasawa Naoki sukses menjaga ketegangan dan misteri konstan hingga ratusan chapter. Cerita tak bisa dipahami secara utuh sebelum kisah penutup tiba, karena para tokoh protagonis dibuat sebagaimana adanya. Mereka sudah tidak memiliki ingatan utuh tentang kenangan mereka di masa kecil! Jadi para pembaca akan digiring bersama untuk memecahkan misteri cerita di saat para tokoh protagonis berusaha keras mengingat-ingat kembali apa saja yang telah mereka lakukan di masa kecil. Detail remeh temeh kenangan masa lampau yang ternyata menjadi kunci esensial untuk menyelamatkan dunia.

Seperti halnya Monster, 20th Century Boys sering membuat haru pembaca karena pengilustrasian kisah kemanusiaan yang luar biasa. Bukan sebuah roman picisan, yang diandalkan adalah cerita tentang kehidupan. Cerita sederhana tentang nurani hingga pengorbanan. Yang menyentuh hati dan membuat tangis siapa saja yang membacanya. Bagaimana Kakak Kenji berkorban segalanya demi adiknya tersebut. Dan bagaimana Kenji membuang segalanya dan memilih untuk membesarkan keponakannya. Bagaimana Yoshitsune yang merasa dirinya paling tidak bisa diandalkan akhirnya harus memimpin kelompok pemberontakan sendiri. Bagaimana Otcho melalui kehidupan yang begitu keras. Bagaimana seorang bayi kecil yang sering tertawa di pundak Kenji bernama Kana akhirnya tumbuh menjadi sosok sentral dalam cerita. Bahkan karakter-karakter figuran diberikan backstory yang begitu bagus. Tak ada istilah klise di manga yang satu ini!

Cerita ini beberapa kali menyuguhkan Super Plot Twist yang akan membuat pembaca ternganga. Dan beberapa kali adegan keren muncul tiba-tiba. Ketika pembaca merasa rahasia telah terkuak, akan didapati justru rahasia itu semakin dalam dan dalam. Khas dari Urasawa Naoki. Misteri yang berlapis-lapis.

Bagi pembaca yang mementingkan kisah di atas aksi, manga ini adalah top rekomendasi. Terutama bagi mereka yang suka cerita thriller, misteri dan suspense. Karena ini termasuk cerita yang mengharuskan pembaca berpikir ekstra ketika membacanya.

Overall, ini manga top rekomendasi. 9/10 kukatakan karena masuk 50 besar manga terbaik yang pernah kubaca. Salam Suppa!

14 comments:

  1. Review Onepunch-man plis..

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuk daftar dlu. kbnyakan yg mau di bkin artikel :v

      Klihatannya stlah ini bkin Injustice Gods among Us

      Delete
  2. yg jd Tomodachi setelah Fukube & Sadakiyoshi itu siapa ya bung..?
    fukube mati d kelas..
    sadakiyoshi mati kecelakaan helikopter..
    sorry bgt spoiler...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus baca nih smpai slsai. Ada seorang yg baru ko. Namanya disebut Kenji di akhir2 cerita :D

      Delete
    2. Katsumata bukannya udah mati? Terus yang mati terjatuh bareng fukube itu siapa?

      Delete
    3. Umpan aja itu. xD Coba baca benar2

      Delete
  3. nice review bang.
    20th CB emang epic sih, saya udah baca ini sekitar 5 tahun yang lalu.
    mau baca ulang lagi karena udah mulai lupa sama ceritanya, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mampir bang alisnaik :D
      Sama. Aku juga beberapa tahun silam baca komik ini. Haha. Kemarin nyari scanlationnya untuk dibaca ulang dan dibikin artikel ini

      Delete
    2. link nya dong ka....udah cari2 ga ketemu yg sampai tamat

      Delete
  4. pernah baca di rental surabaya. setelah bailk ke kalimantan, tidak ada manga jenis ini. akhirnya cuma mengikuti 3 movienya saja

    ReplyDelete
  5. waktu masih SD Pemimpinnya itu Otcho, Bung !
    Setelah dewasa baru Kenji yg mengumpulkan mereka kembali :3
    BTW, Aku pernah gk tidur semaleman karena nglembur Manganya sampe tamat :D gk bisa ngantuk deh kalo mbaca 20th Century Boys !!

    ReplyDelete
  6. link nya dong....mau baca sampai tmat,ga ketemu

    ReplyDelete