Pages

Ads 468x60px

Wednesday, December 24, 2014

HAIKYU! : Manga Keren Tentang Volleyball

Sport atau olahraga memang selama ini menjadi salah satu tema yang sangat sering diangkat menjadi sebuah manga. Di antara begitu banyak cabang olahraga, ada dua cabang olahraga yang begitu mendominasi hal tersebut. Sepakbola dan Basketball. Kita runut ulang, dari cabang sepakbola ada Shot, Captain Tsubasa, Our Field of Dreams, Fantasista, Whistle dan banyak judul lainnya. Tak kalah dari itu pada cabang basketball ada Slamdunk, Harlem Beat, Dear Boy, Cross Over, Air Jordan, Kuroko no Basket dan masih banyak judul lainnya. Di bawah bayang-bayang dua cabang olahraga itu, beberapa manga diangkat dari cabang olahraga yang kurang populer tapi terbukti tetap mampu bersaing dalam pasar penjualan. Sebut saja Eyeshield 21 (American Football), Hikaru no Go (Igo) atau  Dandoh (Golf). Untuk Haikyu! sendiri datang dari kalangan minoritas tersebut. Yap! Volleyball. Cabang olahraga yang sangat jarang terdengar  diangkat menjadi sebuah manga. Memang sih ada beberapa judul manga Volleyball seperti Libero Revolution, Crimson Hero, Makoto Call hingga Attack on 1, tapi jelas kesemuanya tidak bisa menyaingi kepopuleran manga baru berjudul Haikyu! ini.

Gambar 1. Haikyu! di majalah komik Shonen Jump



Manga karya Haruichi Furudate diterbitkan oleh Shuiesha dalam Weekly Shonen Jump. Majalah yang juga memuat manga-manga populer seperti One Piece, Shokugeki no Soma atau Toriko. Sebagai majalah yang juga pernah sukses mengorbitkan manga bergenre olahraga seperti Slamdunk, Eyeshield 21 hingga Kuroko no Basket, tak salah kalau kita berharap Haikyu! bisa mengikuti jejak sukses para pendahulunya tersebut. Di Jepang sendiri manga Haikyu! mendapat sambutan yang sangat baik. Dan seperti tren yang sudah-sudah, kepopulerannya meroket setelah manga ini diadaptasi menjadi anime. Terakhir penjualan manga ini sukses membawanya ke peringkat ketiga Top Selling Manga 2014 dengan 8,2 juta copy. Di bawah One Piece (11.8 juta) dan Shingeki no Kyojin (11,7 juta). Sayangnya penerbit komik lokal kita, elex media belum merilis komik ini.


SINOPSIS

Manga ini bercerita tentang seorang karakter bernama Hinata Shouyo.  Seorang anak SMP yang begitu terobsesi dengan volleyball setelah menyaksikan sebuah tayangan di televisi. Tayangan tersebut menampilkan sesosok pemain volleyball berbadan kecil yang sedang melakukan spike dahsyat. Small Giant, begitu orang-orang menyebut sosok tersebut. Pemain volleyball bertubuh kecil yang mampu menjadi seorang Ace atau pemain andalan dalam timnya. Di sebuah olahraga yang sebenarnya memerlukan tinggi badan untuk menjadi sosok pemain yang menonjol.

Hinata yang bertubuh kecil menjadikan "small giant" sebagai motivasi sekaligus tujuan dalam bermain volleyball. Pertemuannya dengan seorang setter (posisi dalam volleyball) musuh yang jenius bernama Kageyama Tobio mengubah takdirnya. Hingga kemudian dua orang yang semula rival ini ditakdirkan untuk melanjutkan sekolah di satu SMA yang sama. SMA Kurozano. SMA yang dulu merupakan SMA di mana Small Giant bermain. Bagaimanakah perjuangan Hinata dalam dunia Volleyball? Rintangan macam apa saja yang dia hadapi? Musuh seperti apa saja yang muncul di hadapannya?


REVIEW

Di tengah banyaknya olahraga yang memakai full-imagination, Haikyu! datang dengan kesederhanaan. Tidak flashy seperti Eyeshield 21, Prince of Tennis, Kuroko no Basket atau Captain Tsubasa yang menampilkan keabsurdan kisah dalam wujud jurus-jurus nan lebay yang dimiliki para tokohnya. Haikyu! datang dengan rendah diri. Manga ini berusaha mengeksploitasi secara maksimal tentang hal-hal fundamental dalam olahraga. Teknik, agility, reflek, kecepatan dan power. Atribut dasar yang salah satu atau kesemuanya mutlak diperlukan oleh seorang olahragawan yang baik. Jadi ketika Hinata punya fleksibiltas, reflek dan kecepatan luar biasa, itu masih bisa diterima akal. Atau ketika Kageyama memiliki teknik bermain di atas rata-rata, itu juga tidak bisa dikatakan sesuatu yang lebay. Bahkan ketika combo-play Hinata dan Kageyama disebut sebagai Minus Tempo Quick Strike, itu tidak bisa dikatakan sebagai sebuah jurus-jurusan. Penamaan teknik brilian yang mengandalkan atribut dasar itu justru menjadi semacam sindiran halus untuk manga sport yang suka berlebay-lebay ria dengan jurus-jurus nan absurd.

Gambar 2. Satu-satunya teknik yang diberi nama di Haikyu!

Hal fundamental lain yang juga diangkat adalah tentang semangat juang, team-play hingga leadership. Tapi sepertinya hal ini tidak perlu dibahas panjang lebar, karena nyaris semua manga olahraga mengangkat hal yang sama. Haikyu! pun tak berbeda pula.

Selain pendekatan dari sisi cerita yang sangat baik, kadang mampu memainkan emosi pembaca pula, manga ini juga didukung aspek visual yang memanjakan mata. Permainan angle yang brilian membuat adegan-adegan pamungkas mampu digambarkan dengan baik. Penggunaan tone, garis fokus hingga speed line yang tepat membuat semangat dalam cerita tersampaikan dengan luar biasa. Paras para tokoh juga cukup berkarakter. Mangaka ini punya ciri khas. Jika dia membuat manga lain suatu saat kelak, kalian mampu menyadarinya dengan cepat.

Gambar 3. Teknik arsir dan tone sedemikian rupa membuat gambar ini punya kecepatan

Gambar 4. Ekspresi karakter begitu mewakili perasaan mereka.

Gambar 5. Pengambilan sudut pandang yang tepat membuat adegan ini terlihat wah.

Overall, ini salah satu manga top rekomendasi untuk diikuti. Jika kalian rindu dengan manga tanpa jurus-jurusan seperti Slam Dunk atau Fantasista, manga ini adalah salah satu pengobat rindu. Walaupun mungkin kalian tidak menyukai olahraga Volleyball, manga ini tetap nyaman untuk diikuti karena penyampaian cerita yang lugas.

Salam Suppa!

13 comments:

  1. Jadi Haikyuu ini kaya Slam Dunk ya. Gaada jurus jurusan, hanya memakai kekuatan asli yang kalo terus dipelajari kekuatannya akan berkembang. Dan juga komedinya ga kalah seru dibandingkan dengan Slam Dunk haha....
    Semoga tahun 2015 pihak elex atau m&c nerbitin komik ini....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang ada dalam daftar terbit Elex denger-denger. Cuman belum pasti kapannya. :D

      Delete
    2. sudah di terbitin sama M&C lhoo..satu grup sama Kompas Gramedia sama Elex..

      Delete
  2. saya sudah nonton separuh episode dan gak nemu atau gak tau apa yang spesial dari anime ini.
    mungkin karena sebelumnya saya sudah nonton anime sport legend Hajime no Ippo.
    jadi saya merasa Haikyuu anime biasa yang gak ada apa-apanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang aku bicarakan manga nya sih. Bukan anime krna aku jg ga nonton anime nya :D

      Plus. Gimana mau menilai kalau cuman menonton sekilas

      Delete
    2. kalo nonton setengahnya ya gak dapet lah, orang ini anime mulai berasa serunya pas mulai episode 15 ke atas, gw juga nonton agak bosen pas episode2 awal baik s1 ataupun s2 nya

      Delete
  3. Menurut gw pengarangnya bener2 tahu tentang voli..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentunya bung :D Mangaka Jepang emang tendensi full riset kalau bikin komik. Ga setengah2

      Delete
  4. Ane jga suka haikyuu!.. tp ga pernah baca komiknya.. animenya keren..
    Jdi sedih inget si suga-san harus rela jadi bench warmer setibanya si kageyama.. painfull rasanya..

    ReplyDelete
  5. Ni komik paling banyak kuambil referensi untuk teknik dan taktik bermain voli, soalnya aku juga pemain voli walaupun bukan profesional sih, manga ini mempunyai nilai plus dari segi kualitas gambar dan pengambilan sudut karakter agar pembaca yang walaupun buta tentang voli dapat mengerti apa yang akan si gambarkan oleh pengarang. Good job sam semoga elex membuat volume untuk komik ini biar bisa di koleksi

    ReplyDelete
  6. saya pemain volly min, semenjak nonton & baca Haikyuu jadi ilfeel banget waktu nonton KnB yg penuh dengan fantasi jurus :v
    tapi Haikyuu murni teknik dalam volly, soal penamaan Minus Tempo Quick Strike,itu sebenernya sama kayak serangan quick biasa di volly cuma operan dari kageyama bentuknya serangan bola potong :3

    ReplyDelete
  7. Click Haikyu to read its english translation. You may also visit MangareadersCo for more manga series. Enjoy reading.

    ReplyDelete