Pages

Ads 468x60px

Tuesday, January 5, 2016

Adventure of Nebulandia : Karya Gagal Toei Lainnya

Adventure of Nebulandia adalah salah satu anime TV Spesial One Piece yang digarap Toei Animation. Ini adalah seri pertama yang berjudul "Adventure of", karena akan ada seri-seri lanjutannya dengan judul serupa. Ceritanya orisinil, bukan adaptasi dari manga seperti TV spesial One Piece lainnya yang berjudul "Episode of" seperti Episode of Nami dan Episode of Sabo.





~Sinopsis~
Di Dunia Baru, Kelompok Topi Jerami kembali bertemu dengan musuh lama mereka, Bajak Laut Foxy. Untuk membalas dendam, Davy Back Fight kembali diadakan di sebuah Pulau Jamur. Lomba ala 17-an absurd yang penuh kecurangan. Tapi lomba itu terganggu di pertengahan. Ada anggota marinir yang berskema untuk menjebak Kelompok Topi Jerami. Ujungnya adalah tertangkapnya Sanji dan Zoro oleh marinir. Dan dibawalah mereka ke sebuah pulau khusus anti-buah iblis yang disebut Nebulandia. Panggung khusus yang disediakan musuh untuk menghabisi Luffy si Topi Jerami.


~Review~
One Piece Nebulandia dimulai dengan lemah, diakhiri dengan lemah pula. Beruntung saat pertengahan ceritanya masuk kategori lumayan. Bukan rame atau rame banget. Sekedar lumayan.

Komei adalah seorang Laksamana Madya. Katanya sih ahli strategi. Taktisian. Tapi dia lebih banyak mengandalkan keberuntungan dalam strateginya. Memang berapa persen sih kemungkinan Luffy dan yang lain bertemu kembali dengan Bajak Laut Foxy sehingga dia bela-belain nyusup sebagai anggota mereka? Beruntung sekali. Memang berapa persen kemungkinan peserta pertama Davy Back Fight adalah kombo Luffy dan Sanji? Bertambah kecil pula persennya mengharap Trio Monster menjadi peserta pertama tersebut. Kebetulan. Strategi yang berharap pada kebetulan. Menciptakan karakter Komei berpenampilan seperti Zhuge Liang sama sekali tidak berhasil membuat karakternya mendekati kaliber taktisian termahsyur dalam sejarah tersebut. Gatot.

Syukur sekali konsep pulau Nebulandia itu sendiri cukup menarik untuk menjadi daya tarik. Sehingga setidaknya ada satu poin yang bisa dibahas dalam TV Spesial 'Adventure of' kali ini. Selain itu sih penuh dengan klise-klise yang bikin dahi mengernyit. Luffy yang dikira tewas lah. Chopper dan Brook pura-pura ditangkap lah. Apalah apalah. Belum lagi busou shoku yang di cerita kali ini bisa nambah panjang kipas Komei. Sesuatu sekali. Bahaya ini. Bisa-bisa para penonton membayangkan pedang Zoro bisa memanjang juga gara-gara salah kaprah. Bisa-bisa kemampuan Shikai Ichimaru Gin-nya Bleach yang memanjangkan pedang ditiru oleh Zoro ini. Ada-ada saja.



Memang sih. Aku tak berharap banyak kepada filler One Piece yang digarap oleh Toei Animation. Selain kualitas animasi yang luar biasa kurang bagusnya (bukan jelek), ceritanya juga kualitas KW dibanding orisinilnya Oda. Keterlaluannya ini bahkan bukan grade ori, tapi KW 1, mungkin pula kualitas KW 2. Jauh realitas dari ekspektasi.

Salam Suppa!

8 comments:

  1. brook yang tertangkap itu sudah ada firasat sih. pasti bukan kenyataan. saat fajar, tanaman misterius itu tidak muncul, sepertinya mereka sedang tertidur, atau masih terlelap

    ReplyDelete
  2. Apa bedanya one piece garapan toei ama aslinya bung? Kalo one piece2 movie yg kualitas gambar nya jelek itu ori tidak ya? Sampai sekarang msh belum tau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toei Animation itu studio yg punya lisensi untuk seluruh anime dan movie One Piece. Semua y mereka yg bkin.

      Campur tangan Oda untuk film pling sebatas character design (jarang2). Dan dia mensupervisi bbrpa movie One Piece yg ada embel2 'Film' nya. Yaitu Strong World, Z dan yang terbaru 2016 mendatang yaitu Gold. Sisanya Oda hnya fokus mmbuat manga dan g cmpur tangan urusan anime.

      Cuman pihak anime akan berkonsultasi dgn Oda jika ingin mmunculkan buah iblis baru d anime, nanya apakah oda mau mnggunakan kkuatan buah iblis itu kelak di manga nya apa ngga

      Delete
  3. Apa bedanya one piece garapan toei ama aslinya bung? Kalo one piece2 movie yg kualitas gambar nya jelek itu ori tidak ya? Sampai sekarang msh belum tau.

    ReplyDelete
  4. cuma nonton setengah, abis tu ngantuk, tidur, sampai sekarang blom dilanjutin nontonnya.
    ga ada gregetnya

    ReplyDelete
  5. crew SHP keliatan lemah bgt pas di nebulandia vroh....

    ReplyDelete
  6. di film ini, kru shp, bisa dikalahkan dengan embun air laut,,bagi pengguna buah iblis,

    ReplyDelete
  7. kalo saya jujur aja, TOEI ani sekarang emang jelek kualitas animasinya, bukan out of the date, tapi penurunan kualitas, jamannya air gear padahal masih oke2 aja

    ReplyDelete