Pages

Ads 468x60px

Thursday, July 14, 2016

Cuap Cuap One Piece 831

SALAM SUPPA NAKAMA SEMUA!

Bisa dikatakan Whole Cake Island arc yang serba tanggung. Kita tahu tujuan utama Luffy kesini bukan untuk mengalahkan musuh utama. Misinya adalah penyusupan untuk mengambil kembali Sanji--yang kita tahu pula tidak berjalan mulus. Kita saksikan pula Oda tidak bersantai dengan Totland. Hanya Pulau Cocoa yang dieksplor itupun dengan waktu yang sangat singkat, 33 pulau menarik lainnya di bypass begitu saja dengan bantuan jalan rahasia Charlotte Pudding yang langsung membawa mereka ke Whole Cake Island. Sayang sekali bukan? Tidak bisa menyaksikan seperti apa rupa Pulau Selai, Keju, Biskuit, Kacang dan Permen yang namanya hanya kita ketahui dari sebuah peta. Barangkali akan ada yang membela dengan mengatakan Oda ingin mempercepat cerita, tapi bagiku urat nadi cerita One Piece adalah petualangan. Tentang romansa ketika mengeksplorasi berbagai keajaiban dan keunikan tempat baru di sebuah negeri antah berantah. Urat nadinya bukan pertempuran ataupun kerumitan cerita. Jadi ketika Oda melewatkan banyak pulau yang berpotensi sangat menakjubkan, aku merasakan perasaan tanggung yang begitu janggal. Tak perlu lah kesemua 34 pulau, cukup beberapa pulau di antaranya saja jika memang mau mempercepat cerita. Tidak juga hanya 1 pulau seperti ini bukan? 33 pulau terlewat!
Totland yang berpotensi penuh keajaiban

Ada lagi fakta bahwa hanya 4 kru Topi Jerami yang melakoni arc ini! Interaksi menarik antar kru yang pembaca biasa nikmati jadi kurang terlihat. Pedro dan Carrot tentu belum bisa sepenuhnya mengganti peran para veteran kru Topi Jerami. Sanji jangan dihitung ya.
Hal tanggung terakhir yang justru paling menonjol di antara semuanya adalah tentang Big Mom. Dia seram. Lalim kadang. Yakin lah Luffy tidak akan ataupun mampu mengalahkan Big Mom dalam waktu dekat. Itu akan mendiskreditkan Big Mom besar-besaran bukan? Ingat. Untuk melawan Kaidou, Luffy memerlukan aliansi Law-Mink-Samurai-Marco. Kita bahkan bisa sepakat 5.600 Strawhat Grand Fleet juga akan ikut serta. Jika Kaidou memerlukan persiapan ribuan pasukan seperti itu untuk menumbangkannya, bukankah tak adil bagi Big Mom yang derajatnya setara untuk kalah hanya dengan anggota yang mampu dihitung jari?
Jadi bagaimanakah konklusi Arc ini? Kita bayangkan Luffy akan tertangkap dengan mudah oleh jebakan simpel (biasa terjadi di awal arc. Ingat dia pernah dikurung Crocodile, diambil bayangan oleh Moria, dimakan Nola di Skypie). Kapten kita adalah orang sembrono yang begitu mudah dijebak musuh. Dan Hutan Penggoda di chapter ini menjadi set yang sempurna untuk itu. Memang masih 2 hari lagi menuju Pesta Teh. Luffy, Carrot, Chopper dan Nami kita anggap akan tertangkap. Brook dan Pedro yang lebih berhati-hati bisa selamat. Mereka pula kunci untuk meloloskan diri.
Kemudian Hari Pesta Teh tiba. Tamu-tamu super berdatangan. Pernikahan Sanji nyaris dilakonkan. Luffy dan mereka yang tertangkap disiapkan menjadi tumbal seremoni. Sanji tidak bisa berbuat apa-apa karena Keluarga Vinsmoke juga ada di sana. Saat situasi seolah tanpa harapan, Tamatebako dari Fishman Island akan dibuka Big Mom. Ledakan besar terjadi. Pesta Teh kacau balau. Brook dan Pedro memanfaatkan momen sesaat itu untuk meloloskan Luffy. Bisa kah mereka meloloskan diri?
Tidak. Mereka akan tertangkap. Tapi sebelum pertempuran, akan ada perundingan. Kita lihat karakter Big Mom. Dia menyukai yang namanya Fair Trade. Perdagangan Setara. Dia cukup bijaksana membiarkan Jinbe menyampaikan pendapat. Sekaligus mengharapkan kerugian yang sama dari Jinbe. Dia kehilangan Jinbe. Jinbe harus kehilangan sesuatu pula.
Apa yang harus dilakukan dengan Fair Trade ini? Luffy akan membawa Sanji. Big Mom jelas rugi besar. Koalisinya dengan Vinsmoke akan berantakan. Fair Trade di poin ini bisa diselesaikan jika anak Vinsmoke yang lain menggantikan Sanji. Seperti Yonji misalnya? Bisa pula diselesaikan dengan sebuah perjanjian pra nikah. Sanji akan tetap bertunangan dengan Pudding. Tapi dia akan menikahinya setelah petualangannya selesai. Big Mom tetap bisa berkoalisi dengan Vinsmoke. Sanji tetap bisa berpetualang. Pudding tetap akan menikahinya. Win Win Solution. Itu beberapa contoh skenario penyelesaian masalah itu.
Kerugian kedua Big Mom tentu adalah sikap dan tindakan Luffy yang begitu menantangnya. Jika dibiarkan seorang Yonkou sepertinya akan kehilangan muka. Bagaimana yang satu ini diatasi? Jinbe atau Sanji bisa bernegosiasi masalah ini. Misal seperti "kami akan mengalahkan Kaidou. Dan kami janjikan Road Poneglyph nya untukmu jika kami dibebaskan". Fair Trade bukan?
Tentu yang akan terjadi tidak persis seperti itu. Bisa pula berbeda sama sekali. Tapi Oda memperlihatkan sikap Big Mom yang bisa dinegosiasi meyakinkanku kalau Arc ini tidak akan diakhiri dengan tumbangnya Big Mom. Melainkan dengan sebuah negosiasi yang cerdas. Nami punya kartu untuk dimainkan karena pernah menyelamatkan Lola bukan?
Pertempuran kecil tentu tak terhindarkan. Tapi bisakah kau membayangkan 8 individu (Luffy, Jinbe, Sanji, Nami, Carrot, Pedro, Brook dan Chopper) melawan ratusan bahkan ribuan pasukan elit Big Mom yang akan menghadiri Pesta Teh? Petinggi-petinggi mereka jelas bukan orang biasa. Bukan seperti keroco yang mudah tumbang karena ledakan Haoh di Fishman Island. Terlalu imbalance. Overpowered. Tak pernah lupa powerhouse Topi Jerami seperti Zoro justru tidak ikut di arc ini.
That's it. Kita akan disajikan arc lain yang tak biasa. Karena Arc Zou kemarin begitu jauh dari pola yang sudah-sudah. Dan arc itu luar biasa bukan? Singkat. Padat. Dan begitu penting pada keseluruhan kisah.
Apakah Big Mom tidak akan pernah dikalahkan? Nanti. Luffy akan mengalahkannya nanti. Dia harus mengalahkan Big Mom untuk mengklaim Fishman Island. Tapi dia perlu pasukan untuk itu. Tidak hanya dengan 8 orang seperti sekarang.
Tapi tentu prediksi ini bisa salah. Bisa saja Oda mencengangkan kita seperti biasa. Bisa saja Straw Hat Grand Fleet datang ke Whole Cake Island atau skenario Suppa Opic lainnya terjadi. Kita belum tahu pula siapa saja yang diundang oleh Big Mom di Pesta Teh. Bisa saja beberapa nama besar di sana justru memihak Luffy. Kita belum tahu. Tapi akan segera tahu.
Luffy's Bizarre Adventure tengah dimulai. Nuansa Alice in Wonderland yang kental begitu terasa. Buaya berbicara yang tidak tertarik dengan daging manusia. Sementara yang muncul di chapter 829 sepertinya Aligator. Ukuran tubuhnya lebih kecil dan moncongnya lebih tajam. Hutan penggoda. Kelinci Putih berpedang yang sebelumnya muncul di chapter 827 menyiapkan buah-buahan. Manusia besar yang terkubur dengan sengaja, meminta jus apel yang mungkin bisa mengecilkan tubuhnya (referensi Alice) Kemampuan aneh macam cermin yang bisa merefleksikan diri seseorang sepenuhnya tapi dengan arah yang selalu berlawanan. Yang menurutku kemampuan berbeda dengan copycat Sanji yang sedang memegang lolipop. Karena alis copy Sanji ini tidak berlawanan. Kejanggalan yang bahkan untuk standar One Piece, ini sangat janggal.

Aligator dan Buaya yang Bisa Berbicara
Kelinci yang sudah muncul sejak chapter 827


Salam Suppa!!

1 comment:

  1. Review nya mantap bung!
    Jd pnsaran gmna akhir dari arc whole cake island ini

    ReplyDelete