Pages

Ads 468x60px

Sunday, July 17, 2016

Perkembangan sebagai Digital Artist

Berkarya ga perlu menunggu jago, apalagi sempurna. Kekurangan selalu terlihat jika kita menilik dari kacamata waktu. Sebagai penggambar, karya yang dulu selalu terlihat kurang di mata kita sekarang. Bukan berarti karya yang sekarang sudah baik banget atau sempurna, tapi perkembangannya terlihat ketika karya lama disandingkan dengan karya baru. Itu pasti. Dengan catatan tidak pernah berhenti belajar di antara kedua karya.
Masih banyak ruang untuk berkembang. Kini aku tertawa melihat karyaku di masa lalu, tapi mungkin di masa depan aku juga akan tertawa melihat karyaku di masa kini. Itu dia tadi. Kacamata waktu.
5 tahun bukan waktu yang sebentar. Jika saja aku fokus belajar digital painting sejak saat itu, perkembangannya pasti lebih cepat. Karena sejatinya fokus adalah senjata ampuh untuk sukses dalam segala hal. Dalam hal ini sukses belajar digital painting.
Latihan selalu terbayar. Kuncinya adalah bersabar.

Karya April 2011 adalah digital painting pertamaku. Setahun sebelumnya yaitu tahun 2010 aku membeli Pen Tablet Wacoom Bamboo harga 1jutaan, dan itu tidak membuatku auto-master digital painter. Bahkan di tahun pertama itu alat kebanyakan dinganggurin karena susah sekali membiasakannya, mengingat kita terbiasa dengan kertas dan pena.

Pen Tablet Wacoom Bamboo jadul setia menemani hingga sekarang

Percobaan tahun 2011 itu dilakukan tanpa mengerti apa-apa. Hanya modal tekad dan coba-coba. Juli 2016 dengan ilmu otodidak yang sudah lebih baik. Pemahaman tentang komposisi, gesture, ligthing, teori warna dan lain-lain yang didapat dari tutorial gratisan dari google, deviantart ataupun youtube. Sebagai orang yang punya dasar teknik listrik dan kini tengah belajar manajemen, di bidang gambar menggambar ini dilakukan sepenuhnya secara otodidak. Ga pernah kursus, apalagi kuliah masalah itu. Belajar mengamati, belajar mencari tahu sendiri. 
Tak jarang berpotensi mengalami demotivasi ketika melihat artist yang usianya jauh lebih muda dariku tapi gambarnya jauh lebih bagus, fans-nya lebih banyak, tapi itu tidak menghalangi untuk terus belajar dan berkarya. Karena kita yakin, dengan mental juara, seseorang bisa menjadi juara. Dengan mental spesial, kita bisa menjadi spesial. 

Kuncinya adalah Never stop learning! 

Follow me on Instagram @tonyohoho
Deviantart : tonyohoho.deviantart.com

SALAM SUPPA

2 comments:

  1. Segera bergabung di HASHTAG OPTION, Platform Trading FOREX berbasis di Indonesia.
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT


    Jika anda bingung mencari broker yang aman dan tercepat, anda bisa bergabung bersama kami.
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    ReplyDelete