Pages

Ads 468x60px

Friday, February 26, 2016

Cuap Cuap 817 - Cerita Tentang Bulan

Barangkali ini adalah sedikit dari chapter One Piece di tahun ini yang bisa membuat pembaca terpingkal-pingkal. Apalagi dengan nuansa suram yang menyelimuti kisah Sanji dan pasukan penjahat Germa 66, hingga awal Arc Zou yang penuh kemalangan karena malapetaka yang dijatuhkan Jack si Kemarau. Raizou [yang bahkan oleh Luffy sendiri] dikatakan penampilannya begitu mengecewakan untuk ninja yang begitu dinanti, sukses mengembalikan tone keceriaan yang ada di manga ini. Terutama dari tingkah 3 idiot Luffy-Usopp-Chopper aku tertawa. Bahkan terpingkal-pingkal. Agak tertahan karena di sebelah istri tengah tertidur saat aku membacanya xD



Jack is Back. Kalimat berima ini menandakan kembalinya Vilain utama arc kali ini (menurutku). Yah, tak sulit ditebak kepala berharga 1 milar berry bisa bertahan dari monster-monster konvoi marinir, sebut saja si buta yang bisa memanggil meteor sambil menyantap ramen, patung budha yang sudah pensiun hingga nenek-nenek pencuci yang berbahaya. Memang 2 kapal marinir karam dalam prosesnya. Konsekuensinya terlihat kapal utama Jack compang camping karenanya. Jack sendiri terluka cukup parah. Kita dihadapkan pada seorang Zoan purba tipe mamoth yang dikatakan Rob Lucci punya kemampuan regenerasi sangat cepat. Jadi, jika seminggu setelah kejadian Jack masih terlihat penuh perban, berarti lukanya cukup parah bukan?? Fujitora emang gitu orangnya...

Tepat seminggu silam di perairan dekat Dressrosa hanya terlihat satu kapal utama Jack yang berniat menyerang konvoi marinir. Tidak terlihat armada yang lain di kala itu. Apakah itu benar-benar 1 versus 4? Karena di saat itu anak buah Jack sempat berpikir untuk mundur ketika melihat ada 4 kapal perang yang membawa Doflamingo, lebih masuk akal jika Jack menyerang konvoi marinir memang hanya dengan satu kapal saja. Kapal-kapal lainnya (di chapter ini terlihat setidaknya ada 4 kapal) bergabung dengan Jack setelah kejadian. Apalagi kapal-kapal itu tidak serusak kapal utama. Mungkin armada kapal inilah yang mengangkut Mr Sheepshead dan Ginrummy yang kala itu sempat tinggal di Zou.

Kemana Jack setelah ini? Katakanlah Jack gagal merebut kembali Doflamingo. Bersamaan dengan itu pula Kaidou tentu sudah tahu siapa dalang di balik tumbangnya Joker. Nah. Perintah berupa ultimatum dari Kaidou kepada anak buahnya sepertinya jelas bukan? Buru aliansi Straw Heart. Lucunya lagi, Ginrummy dan Sheepshead bertemu Sanji, Nami, Chopper dan Brook di Zou. Dua anak buah Jack itu jelas akan melaporkan ke Jack tentang fakta itu bukan? Kemungkinan Jack kembali lagi ke Zou sangat besar. Semoga kala itu, dia sudah sembuh total. Agar siapapun yang menghadapinya pada saat itu, mampu bertarung adil dengan kekuatan penuh. Sudah siapkah fans Zoro melihat Zoro berdarah-darah?

Poneglyph Merah Marun menjadi misteri tersendiri. Berbeda tentu saja karena kita tahu Poneglyph yang lain biru malam warnanya. Kontras yang sangat jelas mengingat biru dan merah adalah dua warna yang sangat berseberangan. Satu melambangkan panas, amarah, bahaya dan lain sebagainya, sementara satunya melambangkan dingin, ketenangan hingga rasa damai. Jadi ketika tiba-tiba ada merah marun di antara biru malam, muncul tanda tanya yang jelas. Apa sebenarnya itu? Apakah ini simbol bahaya?

光月 Klan Kouzuki (sebelumnya Kougetsu, dengan kanji yang sama yang berarti Bulan Bercahaya, tapi cara bacanya berubah) adalah klan kuno. Simbol mereka terlukis selama ratusan tahun di atas Poneglyph merah marun. Simbol itu sangat mungkin adalah Bangau Mahkota-Merah. Red-Crowned Crane. Yang dalam kebudayaan Jepang melambangkan keabadian, dipercaya burung ini bisa hidup hingga 1000 tahun lamanya. Seperti Zunisha gitu. Oden Kouzuki adalah Dai-Daimyou. Tuan tanah besar daerah Kuri. Pada Jepang di masa edo, Daimyou adalah keluarga kasta atas. Mereka hanya setingkat di bawah Shogun, yang secara de facto memerintah negeri atas nama Kaisar. Shogun sendiri berasal dari Daimyou yang paling berkuasa. Jadi ketika Oden Kouzuki dikatakan sebagai Tuan Tanah Besar, kita bisa menganalisa sedang terjadi perebutan posisi Shogun di Negeri Wano. Ada Dai Daimyou lain selain Kouzuki yang menginginkan posisi shogun dengan bantuan luar, yang tak sukar diterka bantuan itu datangnya dari Bajak Laut Kaidou. Oden Kouzuki kemudian memerintahkan Kinemon dan kompatriotnya mengamankan Momonosuke ke Zou, sekalian meminta bantuan pada bangsa Mink. Itulah yang menurutku sedang terjadi. Ini teori bahkan sudah ada sejak Dressrosa arc baru dimulai, dan tetap bertahan hingga kini.

Ini Logo Japan Airlines yang mengambil konsep dari Bangau Mahkota-Merah. Mirip simbol Klan Kouzuki bukan?

~Bulan, Bulan dan Bulan~

Maket Planet One Piece di Pohon Pengetahuan, Ohara

Ngomong-ngomong tentang bulan, kita tahu dari planetarium yang ada di Ohara, dunia One Piece punya setidaknya 7 satelit (bulan) [Ch.392]. Bisa lebih karena kita hanya melihat maket bumi itu dari satu sisi. Jika di anime, terlihat salah satu bulan tersebut berwarna merah marun. Bulan merah yang lucunya juga memiliki bulan. Bulan yang memiliki bulan. Kita tahu pula, Suku Birkan, Shandian dan Skypiean yang memiliki ciri khas bersayap berasal dari bulan. Tepatnya dari Kota Birka yang berada di Fairy Vearth. Salah satu dari 7 bulan dunia One Piece. Dikatakan dalam prasasti bersejarah di reruntuhan kota bulan tersebut, ketiga suku yang memiliki bentuk sayap berbeda itu kehabisan sumber daya alam di bulan dan memutuskan untuk turun ke bumi. Mereka kemudian lupa akan asal usul mereka dan Fairy Vearth (bulan mereka berasal) menjadi legenda.


Fairy Vearth yang dituju Enel

Dengan nama klan Kouzuki, dan poneglyph merah marun yang kurasa akan menjabarkan tentang asal muasal mereka, mungkinkah misteri bulan berikutnya akan terkuak? Shining Moon. Asal keluarga Kouzuki. Asal muasal logam khusus untuk poneglyph merah marun. Kouzuki adalah bulan kedua, bulan unik berwarna merah marun, setelah bulan pertama bernama Fairy Vearth. Momonosuke dan Oden adalah keturunan keluarga Kouzuki yang juga imigran dari bulan seperti Birkan, Shandian dan Skypiean. Tapi bulan mereka berbeda. Bulan mereka adalah yang berwarna merah marun. Sama seperti tiga suku bersayap, keluarga Kouzuki juga bermigrasi ke bumi mungkin karena kehabisan sumber daya alam. Poneglyph yang satu ini berbeda karena memang bukan Klan D (Joy Boy) yang membuatnya, melainkan keluarga Kouzuki sendiri. Makanya ada simbol mereka terpampang jelas di atasnya.



Jika kemudian Oden dan Momonosuke bisa mendengar 'suara' poneglyph merah marun karena mereka memiliki asal muasal yang sama, itu jadi masuk akal. Kenbun mereka begitu peka terhadap poneglyph tersebut. Menurutku lagi, kemampuan Momonosuke itu bukanlah kemampuan mendengar segala hal yang dimiliki Roger, yang disebut Rayleigh sebagai "Voices of All Things". Itu adalah kenbun tingkat tertinggi, yang bisa mendengar segala hal, apapun, yang sedikit demi sedikit mulai dikuasai Luffy ketika dia mampu mendengar suara para Sea Kings. Kesimpulannya, Oden dan Momo mampu mendengar suara berisik karena mereka keturunan keluarga Kouzuki, sementara Roger juga mampu mendengarnya bukan karena dia keturunan keluarga Kouzuki, melainkan karena kenbun tertinggi yang dikuasainya. Ingat, Inu dan Neko mengatakan di chapter ini ada orang lain yang mampu mendengarkan suara nyaring ketika mendekati Poneglyph. Yang menurutku tak sukar ditebak dia adalah Gol D Roger sendiri. Apalagi Inuarashi berkata dia pernah bertemu Shanks, yang masih mengenakan topi jerami.

Apakah Voices All Things kemampuan khusus untuk keluarga D? Karena menariknya, ada dua D sekarang yang bersama Momonosuke. Trafalgar D Waterlaw dan Monkey D Luffy. Jika Luffy terlalu disibukkan dengan ninja dan segala imajinasi di kepalanya, Law terlihat memikirkan sesuatu ketika Momo mengatakan dia mendengar suara nyaring. Jangan-jangan Law juga mendengarkan suara yang sama seperti Momo? Tapi tidak mengatakannya. Kita akan sampai kepada teori bangsa D juga berasal dari bulan. Seperti Kouzuki, Shandia, Skypiea dan Bilka.

"Kami hanyalah segerombolan bajak laut.. Tak mungkin menyamai kejeniusan Clover, ataupun para sarjana Ohara. Roger memiliki kekuatan.. untuk mendengar 'suara' segala hal. Itu saja"

Karena Suku Minks berhubungan erat dengan Klan Kouzuki, tidak salah mengatakan mungkin sebagian dari mereka juga berasal dari bulan. Ini akan menjelaskan ketika Wanda mengkhawatirkan bulan purnama [Ch.811]. Ketika itu dia merasa beruntung karena bulan purnama tertutup kabut. Jangan-jangan alih-alih menjadi buas karena cahaya bulan seperti kebanyakan teori, Suku minks akan meratapi bulan purnama ketika melihatnya. Mereka akan tersedu mengingat kampung halaman mereka. Haha.

Raizou Si Kabut melengkapi Kanjurou si Hujan Malam dan Kinemon si Rubah Api. Trio yang memiliki elemen dalam namanya. Teknik kabut Kanjurou sendiri menurutku bukan buah iblis, melainkan jurus ninja betulan yang memanfaatkan kabut untuk menciptakan fatamorgana (ala Nami). Mungkin dia memiliki buah iblis yang lain. Yang belum ditunjukkannya. Codet berbentuk bulan sabit di kening Raizou semakin menegaskan tema bulan tokoh-tokoh ini bukan?

Ketakutan terbesar dari teori bulan ini adalah pergeseran nuansa bajak laut fantasi menjadi Sains Fiksi dalam manga ini. Tapi karena itu adalah sekedar asal muasal, bukan tujuan mereka (semoga Raftel masih di bumi), aku tak masalah dengan teori ini. Apalagi fakta sudah membuktikan 3 suku di One Piece memang berasal dari bulan. Bahkan sekarang ini di atas sana ada Bajak Laut Luar Angkasa yang sempat dihadapi Enel. Tidak pernah tertutup kemungkinan beberapa bulan masih memiliki peradaban. Tidak pernah pula tertutup kemungkinan ada suku lain native dari sana.

TRIVIA : Ada sebuah rumor yang beredar di Jepang. Rumor yang katanya disebarkan salah satu mantan asisten Oda sensei. Dikatakannya Oda berencana menjadikan anggota ke 10 topi jerami seorang Kunoichi (ninja wanita) yang memakan buah iblis tsuku tsuku no mi. Yang artinya 'pasang'. Buah iblis paramecia yang bisa memasang berbagai macam benda di tubuhnya. Tsu(2) Ku (9). Sementara kita tahu Gomu (5-6), Hana (8-7), Yomi (4-3) dan Hito (1-10). Lengkap sudah pengguna buah iblis di kelompok Topi Jerami dari angka 1-10. Apalagi Raizou mengkonfirmasi di chapter kali ini benar-benar ada Kunoichi di Negeri Wano. Setelah Jinbe (orang kesembilan) bergabung, benarkah akan ada kru terakhir dari negeri Wano? Kru wanita yang dinanti-nanti. Haha.

Bonus : Raisa

18 comments:

  1. Pertamax... akhirnya :v teori ttg bulan muncul juga

    ReplyDelete
  2. Ane punya opini nih bung, lama2 op memang ke sains kayaknya :v coba liat itu lingkar orbit yang mengelilingi bumi berbeda2, ada 2 lingkar orbit dimana posisi bumi ini tidak pas berada ditengah2 kedua lingkar orbit tersebut, Lingkar yang pertama ada 2 bulan, lingkar yang satunya ada Kouzuki(kalo kata bung tony) dengan satelitnya. Bagian lingkar orbit yang sangat dekat dengan bumi ini, menurutku jika bulan2 tersebut berada di bagian itu, atau melintasi bagian itu, maka itulah jarak terdekat untuk dapat berpergian antara bumi dan bulan2 di lingkar orbitnya masing2. Tapi juga perlu perhitungan, mulai dari Rotasi bumi itu sendiri, hingga lamanya jarak tempuh masing2 bulan untuk sampai di lingkar orbit tedekatnya dengan bumi. Rotasi bumi untuk mengetahui, dimana waktu atau tempat yang tepat/strategis yang dapat berjejeran saat bulan2 melintas di orbit tedekat tsb. Itulah yang perlu di perhitungkan atau menyenggol sains, mau ga mau ya berpatokan dengan ilmu antariksa dunia nyata soal rotasi dan orbit planet, misal kota mana yang dapat melihat dengan jelas gerhana matahari total. Tapi kasarnya begini, di op tidak pernah ada penyebutan "kalendar" untuk suatu kejadian alam, Purnama yang dimaksud suku mink ini kemungkinan Kouzuki sedang melintasi lingkar orbit terdekatnya, tapi di bumi, zou tentu saja bukanlah tempat yang strategis untuk berpergian, tempat strategis ini berada dijaga/dirahasiakan WG. Aku punya opini, bahwa Raftel yang berada di ujung grandline itu adalah nama tempat strategis untuk dapat berpergian ke luar bumi ke tempat dimana "One Piece" yang di maksud roger sebenarnya, Raftel bukanlah nama pulau, melainkan nama sebuah fasilitas tersembunyi untuk berpergian ke luar bumi dengan 1 tujuan, yaitu "One Piece". Sayangnya roger blum sempat mengetahui "One Piece" secara keseluruhan, dia hanya mengetahui sedikit rahasia tsb di Raftel, "Bisa jadi apa yg kami temukan memiliki pandangan/kesimpulan berbeda" -rayleigh.

    Kembali ke orbit, sama halnya dengan Enel, tapi enel blm pernah turun ke blue sea, maka dengan pengetahuan yang ia miliki, enel sudah memperkirakan dan membuat fasilitas dan tempat strategisnya sendiri, skypiea dengan fasilitas bahtera buatannya, disaat fairy vearth cukup terlihat jelas dengan kata lain berada di tempat terdekatnya dengan bumi, Enel pun siap berangkat. Kalo di anime Fairy Vearth warna hijau, kalo digital colored by shueisha, warnanya coklat, chapter 428. Kemungkinan berpergian antar bulan-bulan pun juga bisa dilakukan, dengan cara yg sama, saat masing2 bulan berada di lingkar orbit terdekat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jd mksd lo one piece ntr gnti genre jd sci-fi gitu? Gk mungkin lah cerita fantasy bajak laut yg dibangun puluhan tahun langsung diubah jd sci-fi. Itu mah plothole terburuk yg prnh ada

      Delete
    2. Bukan diubah tapi hanya sekedar "bumbu" sama halnya seperti battle franky atau pacifista itu juga bumbu sci-fi lho. Tenang aja, tema "membajak" tetap ada, makhluk yang dihajar enel di bulan aja masih disebut pirate kok, lebih tepatnya space pirate.

      Delete
  3. mantap bung, baca OP banyak banget nambah wawasan haha

    ReplyDelete
  4. ane belum ngeh untuk teori bulan bung tony, soalnya ane gagal paham kalau beneran OP arahnya ke sci-fi gini

    ReplyDelete
  5. Entah kenapa saya tetap memprediksikan carrot adalah kandidat calon anggota topi jerami berikutnya.

    Pesan yg muncul pada chapter 815 'Bawa aku bersamamu' adalah luffy yang ingin ikut dengan pekoms untuk bertemu sanji. Sampul chapter yang menunjukkan wajah sendu Vivi yg seolah2 ingin ikut dengan kru migiwara.

    Namun menurut sy yg lebih terselubung lagi adalah ekspresi carrot yg sangat berbunga2 ketika ia berkata 'Wah, kedengarannya menyenangkan'- atau bisa diartikan -Luffy bolehkah aku ikut bersamamu-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi apa yah kehebatan unik dari Carrot

      Delete
    2. yah kita lihat nanti setidaknya kemunculan di awal dengan menahan imbang serangan zoro sedikit membuka peluang untuk carrot. Ini IMO liar saya lho, mungkin luffy ingin mengajak Carrot pergi menyusup ke kapal Big Mom.

      Delete
  6. Lanjutkan bung!! Keren

    ReplyDelete
  7. Salam supah bung tony.. Lanjutkan.,,, thx

    ReplyDelete
  8. Bicara soal kru ke 10, selain jinbe ane juga ada imo cesar bakal ganung deh sebagai ilmuan d kapal mugiwara, coz luffy membutuhkan ilmuan untuk senjata merangkai senjata kuno deh.

    ReplyDelete
  9. Bagus bang bagus
    Bang kan ada yg mrediksi buahnya kinemon fuku, yg berarti pakaian dan nomernya juga 2-9,kan bisa juga bang l, tapi entahlah, prediksinya bang tony juga bisa masuk, malah bagus kalo ada cewek satu lagi

    ReplyDelete
  10. itu maksudnya apa sih ada nomor-nomor di buah setannya. gak ngerti...

    ReplyDelete
  11. Prediksi pengguna buah setan di topi jerami diambil dari angka 1-10. Nama DF berdasarkan angka jepang go=5 mu=6, jadi gomu= 5 dan 6 dan sisanya hana, yomi, hito. Nah angka yang kosong 2 dan 9, rumor diatas mengatakan orang baru nanti pengguna tsuku2 no mi, tsu=2 ku=9 jadi lengkap urutan 1-10

    ReplyDelete
  12. Ahhh men, aku pinginya monet jadi kru shp

    ReplyDelete
  13. Ahhh men, aku pinginya monet jadi kru shp

    ReplyDelete