Pages

Ads 468x60px

Wednesday, September 24, 2014

Annihilation : Awal Mula Rentetan Perang Kosmos Marvel

-The Prologue-

Sudah pada nonton Guardians of Galaxy? Film terbaik 2014 versiku ini sangat menarik, kocak dan seru untuk dinikmati. Walau Thanos sudah dimunculkan dalam post-credit scene di Film Avengers, walaupun bangsa alien seperti Chitauri juga telah dimunculkan di sana, tapi di film yang satu inilah Marvel serius mengeksplorasi galaksi milik mereka. Kekayaan galaksi yang luar biasa dengan memunculkan begitu banyak ras-ras alien yang akan berperan besar dalam cerita ke depannya kelak. Ada Nova sebagai polisi galaksi. Ada Ronan dari ras Kree. Ada Yondu dari ras Centaurian. Dan banyak lagi lainnya.

Tapi kita di sini tidak membahas tentang film itu. Kita akan membahas tentang cerita dalam sebuah komik luar biasa di semesta Marvel. Di tahun 2005 silam, Marvel mulai serius menggarap wilayah kosmos mereka. Even-even besar pun dicanangkan untuk mendongkrak popularitasnya. Karena selama ini bagian kosmos itu jauh kalah pamor oleh hero dari bumi seperti Avengers, Spider Man, Fantastic Four hingga X Men. Di sinilah triknya. Dalam even kosmos ini, Marvel sama sekali tidak mengikutsertakan nama-nama terkenal tersebut! Mereka disisihkan. Tak dilibatkan sedikitpun. Marvel sepertinya mau memberikan bukti kalau tanpa mereka pun, cerita yang menarik masih bisa dibuat. Dan mereka membuktikan hal itu! Kebetulan sekali di tahun yang sama, hero-hero di bumi ini lagi sibuk dengan urusannya sendiri dalam Marvel Civil War (Kita bahas di lain kesempatan).




Cover Annihilation : Prologue (dari atas : Thanos, Ronan, SuperSkrull, Silver Surfer, Drax dan Nova)

Yap. Tak ada Avengers, Fantastic Four ataupun X Men. Dua tokoh yang menjadi pemeran utama dalam even-even kosmos ini adalah Richard Rider (Nova) dan Peter Quill (Star-Lord). Keduanya memang kebetulan berasal dari bumi, tapi mereka bukan termasuk nama-nama populer seperti disebutkan sebelumnya. Kenal Star-Lord dong? Tokoh konyol pemimpin Guardians of Galaxy! Dari tahun 2005 inilah reputasinya mulai dibangun. Sedikit demi sedikit dari karakter minor menjadi karakter mayor seperti sekarang. Hingga terus meroket setelah filmnya turut digarap dan menjadi top movie Box Office. Selain dua orang itu akan kalian temukan nama-nama yang cukup asing. Ada Quasar, Phyla-Vell (Captain Marvel), SuperSkrull, Ronan (muncul juga di film Guardians of Galaxy), Drax (Anggota Guardians of Galaxy) hingga Silver Surfer (bentara Galactus yang muncul dalam film Fantastic Four : Rise of Silver Surfer). Mereka semua bukanlah sosok pahlawan. Mereka bersatu padu karena menghadapi ancaman yang sama di alam semesta. Melawan atau dimusnahkan.

-The Contents-

ANNIHILATION (2006)

Dari depan : Annihilus, Nova, Ronan, Silver Surfer, Moondragon, Drax, Galactus

Tersebutlah Zona Positif dan Zona Negatif. Zona Positif adalah alam semesta tempat kita tinggal sekarang. Sementara Zona negatif adalah zona bertentangan dengan zona positif. Sesuai dengan teori penciptaan alam semesta, sejak Big Bang (Ledakan besar) terjadi, alam semesta terus menerus berkembang. Luasnya terus menerus bertambah. Hingga suatu saat akan berhenti dan prosesnya akan mengalami kemunduran (kiamat). Menariknya, karena alam semesta (zona positif) ini terus menerus berkembang, zona negatif semakin mengecil. Annihilus yang merupakan penguasa zona negatif murka karena hal itu. Dia membangun pasukan. Bersiap menginvasi zona positif dengan kekuatan pemusnah (Annihilation) yang tak terbayangkan.

Di hari penuh takdir itu, semuanya bermulai. Dari Zona negatif, gelombang pemusnah merangsek masuk Zona Positif. Sasaran pertama adalah The Crunch. Pusat alam semesta. Di tempat ini ada penjara galaksi terbesar bernama KYLN. Annihilus dan pasukan pemusnahnya meluluhlantakkan KYLN, membebaskan begitu banyak makhluk-makhluk abstrak kosmos yang sangat berbahaya.

Gelombang pemusnah ini bergerak dengan penuh presisi. Setelah KYLN, sasaran selanjutnya adalah planet Xandar, markas polisi galaksi bernama Pasukan Nova. Tak tanggung-tanggung. Planet Xandar luluhlantak. Seluruh polisi galaksi terbunuh. Hanya tersisa satu orang yang selamat. Namanya Richard Rider, Nova yang berasal dari bumi.

Rupanya niat Annihilus meluluh-lantakkan Zona Positif memang tak tanggung-tanggung. Dia berkoalisi dengan Thanos. Si Titan gila yang sudah tak asing dengan yang namanya pembantaian massal. Gelombang pemusnah ini terus bergerak. Dari Galaksi Andromeda dimana Kerajaan Galaksi Skrull berada, terus menyerbu ke Galaksi Magellan Besar dimana ada Kerajaan Galaksi Kree. Jika tak segera diatasi, serangan yang sepertinya tak terhentikan ini akan merambah Galaksi Shi'Ar dan bahkan Galaksi Bima Sakti, galaksi dimana bumi berada!

Menghadapi musuh yang sama, nama-nama yang sebelumnya saling berselisih memutuskan untuk bersatu padu. SuperKrull dari Kerajaan Galaksi Skrull, Ronan perwakilan kerajaan Kree, Nova (Richard Rider) yang sekarang menjadi Nova Prime sebagai satu-satunya polisi galaksi yang tersisa, Silver Surfer sebagai bentara Galactus hingga Peter Quill (Star-Lord), si manusia petualang galaksi. Walaupun dalam prosesnya begitu banyak planet yang hancur. Begitu banyak partner mereka yang harus tewas. Aliansi galaksi ini akhirnya bisa mengakhiri gelombang pemusnah. Dimana Nova berhasil melancarkan pukulan telak terakhir kepada Annihilus.


-The Epilogue-

Annihilation adalah cerita yang luar biasa. Cerita yang digarap oleh Keith Giffen ini begitu imajinatif dengan konsep yang begitu matang. Plot yang disajikan juga sangat menarik. Penjabaran tentang alam semesta Marvel disini sangat kentara. Bagi pembaca yang tidak familiar dengan galaksi-galaksi Marvel, disini akan diperjelas tentang semuanya. Kree, Skrull, Badoon, Shi'Ar dan yang lainnya. Bumi tak lebih dari sebuah planet kecil yang begitu terbelakang teknologinya. Mereka tidak apa-apanya di hadapan Galactic Council. Walaupun dalam beberapa kesempatan di masa depan kelak, bumi sedikit demi sedikit menunjukkan tajinya.

Dan yang pasti ceritanya NgePOP sekali. Bagi yang suka cerita perang-perangan dengan skala kehancuran yang begitu besar, buku ini sangat direkomendasikan. Terlepas dari skala kehancuran yang besar, tak ada kesan berlebihan yang muncul. Karena kemampuan orang-orang yang terlibat dalam perang ini memang sangat luar biasa. Sebut saja salah satunya Galactus, si pelahap planet.

Annihilation juga menjadi seri pembuka dari rentetan perang antar galaksi yang akan muncul setelahnya. Ada Annihilation : Conquest, Wars of King dan ditutup oleh Thanos Imperative. 

Salam suppa. Jumpa lagi di artikel selanjutnya. Annihilation : Conquest.

Untuk mendapatkan file komik ini bisa diunduh via torrent.
Cara unduh via torrent kujelaskan di sini

4 comments:

  1. Link Torrent nya mana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://kickass.so/marvel-6-cosmic-events-annihilation-thru-annihilators-2004-20-t5868637.html

      Lengkap smpe Thanos Imperative.

      Delete
  2. Oke, Thanks gan.
    D tunggu postingan selanjutnya.

    ReplyDelete
  3. baca komik ini atau house of M dimana sih gan?

    ReplyDelete