Pages

Ads 468x60px

Monday, November 3, 2014

Marvel's Event : House of M [2005]

House of M adalah sebuah even komik Marvel yang  terkenal. Salah satu yang terbaik di tahun 2000an. Even ini berfokus kepada Wanda Maximoff aka Scarlet Witch. Seorang mutan dan juga seorang Avengers. Dia adalah anak dari karakter terkenal Magneto dan pada tahun depan (Mei 2015) akan memulai debutnya di layar lebar dalam film Avengers : Age of Ultron. Akan diperankan oleh Elizabeth Olsen (yang juga main di film Godzilla). Kita kesampingkan film yang akan tayang tahun depan tersebut. Karena House of M tidak akan ada hubungannya dengan itu.

Gambar 1. Cover House of M volume 1



Artikel ini daripada sebuah review lebih pantas disebut sebagai penceritaan kembali secara garis besar apa saja yang terjadi di even ini. Jadi jelas artikel ini akan mengandung spoiler yang cukup berat. Jika kalian tipe orang yang tidak suka spoiler, aku sarankan kalian berhenti membaca artikel dimulai dari paragraf ini. Haha. Mayoritas penggemar komik Indonesia kesulitan mengikuti komik Amerika yang tanpa terjemahan bahasa indonesia, jadi untuk membantu mereka kuputuskan mengisahkan House of M secara garis besar. Agar bisa diikuti. Banyak yang ingin tahu, dan kebetulan aku sendiri tipe orang yang suka berbagi cerita.

Gambar 2. Elizabeth Olsen memerankan Scarlet Witch di film Avengers : Age of Ultron


WARNING SPOILER

Cerita House of M bermula pada diri seorang mutan bernama Wanda Maximoff. Wanita ini memiliki kekuatan utama Chaos Magic-Sihir Kekacauan yang salah satu keistimewannya adalah mampu memanipulasi realita sekehendak hati. Pada suatu ketika kekuatannya itu berubah menjadi tak terkendali. Kekuatan yang begitu besar goyah dalam kepemilikan seorang wanita yang rapuh. Dalam prosesnya 3 anggota Avengers terbunuh. Hawkeye, Ant Man dan Vision, nama terakhir tak lain dan tak bukan adalah suami Wanda sendiri. 

Untuk menyelamatkan anaknya, Magneto membawa Wanda ke Genosha, sebuah  pulau di pesisir timur Afrika yang dulu pernah menjadi negara para mutan. Bersama Charles Xavier, Magneto berusaha keras menenangkan kekuatan dari Sihir Kekacauan Wanda yang tak terkendali. Hingga suatu ketika Xavier melihat batas kemampuannya. Dia tidak bisa menahan Wanda lebih lama lagi. Memutuskan untuk mengumpulkan Avengers dan X Men, bersama mencari solusi tentang apa yang harus dilakukan kepada Wanda.



Gambar 3. Avengers dan X Men bertemu membahas Scarlet Witch

Mengetahui Avengers dan X Men mengadakan pertemuan dadakan membahas saudari kembarnya, emosi Pietro Maximoff  aka Quicksilver (kenal karakter ini dong? Sudah muncul di film X Men : Days of Future Past) bergejolak. Dia memohon kepada ayahnya sendiri Magneto untuk melakukan sesuatu, karena sepertinya cukup jelas konklusi apa yang akan dicapai dalam pertemuan itu. Avengers dan X Men akan setuju untuk mengakhiri riwayat Wanda demi menyelamatkan dunia. Keputusan kejam yang harus dilakukan. 

Ketika akhirnya Avengers dan X Men tiba di Genosha, tak mereka dapati Wanda, Magneto maupun Pietro di sana. Di saat mereka sudah merasa mendapatkan jejak Wanda di suatu tempat, saat itulah seolah-olah dunia meledak. Tak ada apa-apa. Putih. Seluruh sejarah tertulis ulang. Realita baru. Chaos Magic menunjukkan kekuatannya yang maha besar.


Gambar 4. Sihir Kekacauan mulai menulis ulang realita

Para hero terbangun. Tak satupun ingat apa yang terjadi. Peter Parker (Spider Man) terbangun di sebuah tempat tidur. Bukan Mary Jane yang ada di sampingnya, tapi Gwen Stacy. Kekasih yang harusnya telah lama tewas. Ya. Di realita ini dia menikah dengan Gwen Stacy, memiliki seorang anak bernama Richie. Kenapa bisa?

Steven Rogers (Captain America) keluar dari apartemennya. Di realita ini dia menjadi orang tua. Tak pernah ada Captain America. Tak pernah ada Super Soldier Serum. Dia hanya manusia biasa. Bukan SuperHero. 
Scott Summer (Cyclops) menikah dengan Emma Frost (White Queen), hidup dengan tenang dan nyaman. Kitty Pride (Shadowcat) jadi seorang pengajar. Dr Strange menjadi seorang konsultan psikologi. Tak terhitung berapa banyak Superhero lainnya yang menjalani kehidupan sangat biasa, tak ada yang ingat tentang kejadian di Genosha. Tak ada yang ingat realita mereka yang sebenarnya. Kecuali satu orang, Wolverine.


Gambar 5. Dunia yang berbeda. Dunia House of M

Terbangun di samping Raven Darkholme (Mystique), Wolverine terkejut. Dia sadar, ini bukan realita yang dia kenal. Ketika melihat keluar, dia dapati dunia yang benar-benar berbeda. Dunia dimana Mutan yang berkuasa, sedangkan manusia (sapiens) dalam ambang kepunahan. Kenyataan yang berbalik. Dunia yang begitu diinginkan oleh para mutan benar-benar terjadi, walau dengan cara yang sangat picik.

Yang begitu berkuasa di dunia yang berbeda ini adalah House of M. Rumah Magnus. Sebuah keluarga besar yang dipimpin langsung oleh Magneto, dan kedua anaknya Scarlet Witch dan Quicksilver. Keluarga besar yang berdiri di atas semua hal lainnya.


Syukurlah, selain Wolverine yang akhirnya diburu anggota SHIELD karena bertingkah aneh, ada satu lagi mutan yang mengetahui kebenaran. Layla Miller, gadis kecil mutan yang mengetahui kebeneran. Dan kekuatan mutannya tak lain tak bukan adalah mampu menyadarkan orang lain dari kenyataan semu ini! Dengan bantuan Layla Miller, tim Wolverine dan yang lain mulai terbentuk. Satu per satu Superhero menyadari kenyataan yang sebenarnya. Marah luar biasa terhadap Scarlet Witch dan Magneto yang telah memanipulasi kenyataan. Bersiap melawan balik menuju House of M.



Gambar 6. Wolverine dan yang lain menyerbu House of M

Ketika tiba di kediaman House of M, akhirnya terkuak kalau pelaku sebenarnya yang mempengaruhi Wanda bukanlah Magneto. Tapi Pietro! Quicksilver adalah dalang dibalik semuanya. Karena takut adiknya dibunuh oleh Avengers dan X Men, Pietro meminta adiknya memanipulasi kenyataan dan membuat dunia House of M. Atas nama kasih sayang, dua kakak beradik ini menciptakan dunia mereka sendiri.

Merasa perbuatan Pietro melebihi batas, Magneto yang tak tahu menahu tentang semua ini marah. Dalam prosesnya Pietro terbunuh. Melihat kakak kembarnya terbunuh, sekali lagi Scarlet Witch murka besar. Chaos Magic lagi-lagi bergejolak. Hanya 3 kata terucap dari mulut Wanda yang kalap.



Gambar 7. Scarlet Witch murka melihat Pietro tewas
"NO MORE MUTANS"

"Tak ada lagi mutan"

Mereka semua kembali ke realita yang asli. Tapi mereka semua kembali dalam sebuah kenyataan pahit. Mutan yang dulunya jumlahnya puluhan ribu bahkan jutaan orang, hampir semuanya telah hilang. Individunya masih hidup, tapi kekuatan mutan mereka lenyap. Mereka semua menjadi manusia biasa. Mutan yang selamat dari Chaos Magic Scarlet Witch bisa dihitung jari, mungkin dalam hitungan puluhan saja. Saat itulah para mutan benar-benar merasa sudah tiba saatnya, ketika mereka dalam ambang kepunahan yang nyata.

Gambar 8. Cerebra tidak mendeteksi adanya mutan lagi.

Dan itulah akhir kisah House of M. Yang selanjutnya akan membawa kalian ke even berjudul Messiah CompleX. Ketika harapan para mutan nyaris pupus. Ketika kepunahan di depan mata. Ketika mereka kira tak ada lagi kelahiran mutan baru karena perbuatan Scarlet Witch. Seorang mutan lahir. Spesial. Yang dianggap sebagai pertanda kebangkitan bangsa mutan. Dan mereka memberi nama bayi kecil itu dengan nama HOPE. Harapan.



Untuk House of M. Aku sarankan kalian cukup membaca Core Issue (atau isu inti) saja, karena Issue Tie Ins komik ini tidak terlalu relevan dengan cerita utama. Bisa diabaikan, tapi kalau kalian mau mengikuti sih tidak ada salahnya juga. Karakter yang perannya sangat vital di Even ini adalah Wolverine, Layla Miller dan Spider Man. Jika dua karakter pertama berperan besar karena mampu menyadari kebenaran, maka Spider Man berperan karena dia karakter yang digambarkan dengan gejolak emosi begitu besar ketika sadar kalau utopia yang dia jalani hanyalah kebenaran semu belaka.

Torrent untuk even ini
KLIK

Cara mengunduh via Torrent
KLIK 

Salam Suppa.

15 comments:

  1. bung ton itukan ada 30issue apa itu semua core issuenya atau hanya beberapa?

    ReplyDelete
  2. Bukan 30 issue tpi 53. Core issue cuman 8 aja. Cari yang judulnya House of M aja. Bisa juga langsung baca issue inti tanpa perlu baca tie ins

    ReplyDelete
  3. wow senang rasanya ada yang mereview komik amerika, :D
    selain marvel dan DC mungkin bung tony bisa mereview komrik2 non superhero yang terkenal, seperti saga, y:the last man, dll
    karena seperti manga, komrik juga penuh dengan cerita2 yang amat bagus dan keren mnurut saya
    salam suppa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlahan dlu. :D Ini aja msh fokus ke Marvel, pdhal DC banyak jg yg pengen ku review.
      Image comic Darkhorse dan yg lain kyknya hrus menunggu lbh lama

      Delete
  4. Salah satu story arc X-Men yang paling gw suka setelah Phoenix (Dark Phoenix) Saga. Nice review btw..

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Ini secret wars yg lama atau baru? Krna tahun ini Marvel bkal bkin secret wars lgi :D

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. wah keren bung tony dulu baca review2 kaya gini di majalah wizard indonesia sekarang udah gak terbit lagi padahal dulu masih asik ngikutin komik marvel&dc terbitan pmk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih. xD Aku malah belum pernah baca majalah Wizard

      Delete
  8. Kok link torrent nya gak bisa dibuka ya?

    ReplyDelete
  9. Wah bang tony, skrang kok jarang muncul...

    ReplyDelete